Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Teh Khas Korea yang Terbuat Dari Biji-bijian, Unik Banget!

List Artikel
8 Juli 2020 | 0 Komentar

Masyarakat Asia memang dikenal akan budaya minum tehnya, tak terkecuali Korea Selatan. Teh memiliki banyak sekali khasiatnya untuk tubuh seperti menurunkan resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi otak, menurunkan resiko diabetes, mencegah penyakit kardiovaskular, meningkatkan pembakaran, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan dalam teh mengandung banyak sekali nutrisi seperti kaya akan antioksidan, L-theanine, theophylline, dan theobromine. Teh biasanya dibuat dari daun teh yang dikeringkan atau dipanggang lalu diseduh dengan menggunakan air panas. Tapi ternyata di Korea ada teh yang dibuat dari bahan utama biji-bijian, bukan daun teh. Meski dibuat dari biji-bijian, tapi cita rasanya tak kalah lezat dengan teh yang dibuat dari daun. Justru cita rasa dari teh biji-bijian ini cenderung punya manis alami. Yuk, lihat teh dari bahan biji-bijian ini!


1. Yulmu



Sumber: Kindmeal.my


Pertama ada teh yulmu yang dibuat dari bahan utama biji-nijian yang dikenal dengan nama job’s tears yang bentuknya seperti kacang kedelai dengan warna krem yang mirip dengan kacang almond. Yulmu punya kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat cocok jika dikonsumsi di pagi hari untuk mengawali harimu. Selain dijadikan teh, job’s tears ini juga kerap kali dikonsumsi sebagai sereal.


2. Barley Cha



Sumber: Tokopedia.net


Mendengar namanya saja kamu pasti sudah tahu teh ini terbuat dari bahan dasar apa. Sesuai namanya, barley cha dibuat dari bahan dasar barley. Barley adalah biji gandum yang merupakan sejenis padi. Untuk membuat barley cha ini, barley harus dipanggang lalu ditumbuk dan diseduh dengan air panas. Barley cha bisa disajikan dalam keadaan panas dan dingin dengan batu es. Tak hanya di Korea saja, barley cha ini juga bisa dijumpai di Jepang dan China.   


3. Memil Cha



Sumber: Nitrocdn.com


Memil cha adalah teh yang dibuat dari bahan dasar gandum yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan soba. Cara membuat memil cha ini adalah dengan memanggang biji tersebut hingga matang merata lalu direbus bersama dengan air. Nantinya ketika akan diminum, kamu harus membiarkan biji-bijiannya ini mengendap terlebih dahulu di bagian bawah. Tapi saat ini sudah ada memil cha yang berbentuk serbuk langsung tuang sehingga bisa langsung minum.


4. Gyeolmyeongja Cha



Sumber: Herbstcm.wordpress.com


Gyeolmyeongja cha atau yang juga dikenal engan nama sicklepods tea adalah teh yang dibuat dari biji cassia. Biji cassia ini adalah sejenis biji-bijian yang sekilas mirip dengan beras cokelat. Hanya saja bentuknya lebih gendut tapi kecil. Biji cassia ini sangat bermanfaat bagi pencernaan karena bisa digunakan untuk mempercepat proses makanan sampai di usus dan mengobati sembelit. Untuk membuat gyeolmyeongja cha, kamu perlu memanggang biji cassia lalu menghancurkannya dan menyeduhnya agar menjadi teh.  


5. Oksusu Cha



Sumber: Korea.net


Terakhir ada oksusu cha atau teh jagung yang dibuat dari bahan dasar biji jagung. Oksusu cha ini dibuat dengan cara memanggang biji jagung yang sudah kering dijemur lalu diseduh dengan air panas dan dijadikan teh. Jenis jagung yang digunakan adalah jagung sutera. Oksusu cha lebih banyak dijumpai dalam kemasan sudah jadi di dalam botol sehingga siap minum alias tak perlu repot menyeduhnya lagi.


Itulah beberapa teh khas Korea yang dibuat dari bahan dasar biji-bijian. Dari kelimanya ini, manakah yang kira-kira cocok dengan seleramu? 

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

In Tea Cafe

Foto In Tea Cafe
Foto In Tea Cafe
Foto In Tea Cafe

Tea Station

Foto Tea Station
Foto Tea Station
Foto Tea Station

Tea Amo

Foto Tea Amo
Foto Tea Amo
Foto Tea Amo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?