Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Teknik Manual Brewing Kopi yang Paling Populer Saat Ini

List Artikel
12 November 2020 | 0 Komentar

Saat ini, meminum kopi telah menjadi gaya hidup yang banyak dianut oleh masyarakat di kota-kota besar, salah satunya yaitu di Jakarta. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya jumlah coffee shop yang tersebar di berbagai daerah di Jakarta. Tak hanya coffee shop yang berasal dari luar negeri saja yang banyak dikunjungi, kini coffee shop lokal yang menawarkan biji-biji kopi berkualitas milik tanah air juga banyak digemari. Uniknya lagi, coffee shop lokal ini lebih banyak menawarkan minuman kopi dengan teknik seduh manual atau sering disebut sebagai manual brewing. Ternyata antusiasme masyarakat terhadap teknik seduh kopi ini cukup tinggi, terlihat dari beberapa coffee shop yang kini mulai membuka kelas manual brewing bagi pemula ataupun mengadakan atraksi seduh kopi langsung oleh para barista handal di depan para pengunjung. Ingin tahu teknik manual brewing kopi apa saja yang paling banyak dicari dan disukai? Berikut ulasannya:


1. Tubruk



Sumber: Fineartamerica.com


Menyeduh kopi dengan teknik tubruk adalah teknik paling dasar dan dapat dibilang lebih mudah dibandingkan manual brewing lainnya. Teknik tubruk ini merupakan teknik seduh kopi khas Indonesia. Jika kamu ingin menyeduh kopi dengan teknik ini, kamu hanya memerlukan biji kopi segar yang sudah digiling dan air panas dengan temperatur yang tepat. Walaupun terlihat mudah, teknik tubruk tetap membutuhkan skill lho, jadi sering-seringlah berlatih. Mengapa teknik tubruk banyak disukai? Karena melalui teknik ini kamu dapat merasakan langsung karakter asli dari kopi tersebut. 


2. French Press



Sumber: Epicurious.com


Teknik manual brewing ini membutuhkan alat bantu yang berbentuk tabung lengkap dengan alat penekan dan saringan di dalamnya. Tidak begitu berbeda jauh dari teknik tubruk, kamu cukup menyiram biji kopi yang sudah digiling dengan air panas, lalu menekannya hingga terpisah antara ampas dan minuman kopinya. Kopi pun siap disajikan. Melalui teknik ini, kamu juga dapat mengetahui karakter asli dari kopi tersebut, sehingga teknik tubruk dan french press sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin memperdalam ilmu tentang cita rasa kopi.


3. V60 ( Pour Over )



Sumber: Surlatable.com


Teknik V60 ini merupakan teknik yang banyak digemari dan dicari di coffee shop lokal. Untuk menyeduh kopi, kamu membutuhkan sebuah kertas filter khusus yang berbentuk kerucut sebagai wadah bagi biji kopi yang sudah digiling, kemudian siram bubuk kopi dengan air panas. Fungsi filter tersebut adalah untuk mengurangi tingkat keasaman dari kopi, teknik ini juga cocok bagi kamu yang tidak begitu menyukai cita rasa kopi yang terlalu strong seperti yang dihasilkan melalui dua teknik sebelumnya.


4. Vietnam Drip



Sumber: Hungryhuy.com


Banyak yang mengira bahwa Vietnam Drip berarti adalah minuman yang berbahan dasar biji kopi Vietnam, padahal Vietnam Drip adalah teknik menyeduh kopi yang berasal dari Vietnam. Untuk biji kopinya sendiri, kamu bebas menggunakan biji kopi apapun lho. Teknik Vietnam Drip ini terdiri dari dua alat saringan (atas dan bawah), cangkir, dan penutup. Saringan ini biasa disebut sebagai tamper yang berfungsi untuk menekan kopi ketika disiram air panas, sehingga menghasilkan cairan kopi ke dalam cangkir.

5. Syphon



Sumber: Travelandleisure.com


Teknik manual brewing yang satu ini memang cukup rumit dibandingkan beberapa teknik sebelumnya. Syphon merupakan nama alat utama yang digunakan untuk teknik ini, bentuknya menyerupai tabung kimia yang terdiri dari beberapa susunan dan juga terdapat filter yang terbuat dari kain flanel. Shypon diberi pemanas, sehingga menghasilkan uap air yang kemudian naik melewati filter dan membasahi kopi, lalu menghasilkan air kopi dengan rasa yang khas. Walaupun terdengar cukup rumit, tapi ternyata teknik ini seru untuk dipraktekkan secara langsung lho.

Nah, sekarang teman kuliner sudah tahukan lima teknik manual brewing kopi yang paling populer saat ini? Setelah menambah pengetahuan kamu tentang kopi, baiknya teman kuliner langsung datang ke coffee shop rekomendasi Pergikuliner untuk mencoba aneka kopi yang enak di sini dan kenali teknik mereka yuk!

Lemari Kopi

Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi

Routine Coffee & Eatery

Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?