Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Telur Enak Siap Makan yang Bisa Langsung Kamu Lahap

List Artikel
13 Maret 2017 | 0 Komentar

Siapa yang tak suka telur? Telur menjadi salah satu makanan terfavorit karena mudah diolah menjadi apa saja, mulai dari appetizer, maincourse, hingga dessert. Mau diolah menjadi apapun, telur tetap memiliki citarasa yang enak dan autentik. Telur memiliki kandungan nutrisi serta nilai gizi yang cukup tinggi sehingga sangat bagus bagi kesehatan kamu. Di Indonesia ada berbagai macam jenis telur unggas seperti telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh. Buat kamu para penggemar telur, Pergi Kuliner punya lima telur siap makan dari seluruh dunia yang pastinya bikin kamu ketagihan. Yuk lihat!

 

1. Telur Pitan Hitam



Sumber: pergikuliner.com


Telur pitan hitam alias telur bitan ini memang memiliki tampilan warna gelap kehitaman yang kurang mengundang selera makan karena kebanyakan orang mengira kalau telur pitan hitam ini adalah telur busuk. Tapi jangan salah dulu, karena telur pitan hitam yang satu ini memiliki citarasa maknyus yang tak kalah enaknya dari telur lainnya. Telur pitan hitam bisa dengan mudah kamu jumpai dalam kuliner China alias Chinese food seperti bubur karena aslinya memang berasal dari China. Telur pitan hitam dibuat dari telur bebek yang difermentasikan dalam waktu yang cukup lama sehingga menghasilkan warna yang kehitaman.  

 

2. Telur Asin



Sumber: likethisya.com


Kalau telur yang satu ini memang paling terkenal di Indonesia. Telur asin dibuat dengan telur bebek atau telur itik yang difermentasikan dengan tambahan garam selama beberapa hari. Telur asin memiliki tekstur yang cukup padat dengan warna putih telur yang agak kusam dan kuning telur yang berwarna orange cerah. Sesuai dengan namanya, telur ini memiliki citarasa yang asin. Buat kamu yang ingin makan telur asin, telur ini bisa dengan mudah ditemui di berbagai warung kopi atau warteg pinggir jalan.

 

3. Telur Pindang



Sumber: umekdidapur.blogspot.com


Telur pindang, begitulah Indonesia menyebutnya. Telur yang memiliki nama lain tea egg atau marble egg di luar negeri ini aslinya berasal dari Tionghoa. Telur pindang dibuat dari telur ayam atau telur bebek yang direbus dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, teh, gula, kecap, garam, dan lain-lain. Telur direbus bersama dengan bumbu hingga airnya habis dan berubah warna. Di Indonesia, telur pindang bisa kamu temui dalam kuliner khas Yogyakarta yakni gudeg atau nasi tumpeng.

 

4. Telur Merah



Sumber: omerryview.blogspot.com


Sesuai dengan namanya, telur merah memiliki warna merah yang menyala. Telur ini berasal dari Tiongkok dan dibuat untuk merayakan hari ulang tahun atau perayaan satu bulan kelahiran bayi. Telur merah dibuat dengan cara merebusnya menggunakan pewarna alami seperti angkak, daun salam, dan lain sebagainya. Citarasanya tak jauh berbeda dengan telur rebus kebanyakan, hanya saja teksturnya lebih padat dan kenyal.

 

5. Smoked Egg



Sumber: simplecomfortfood.com


Tak hanya Asia yang memiliki telur enak siap makan, tapi Perancis juga punya, yakni smoked egg. Smoked egg merupakan telur yang dimatangkan dengan proses pengasapan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebelum diasapkan, telur direbus terlebih dahulu hingga matang lalu dikupas kulitnya, baru kemudian diasapkan dengan menggunakan alat khusus hingga telur berubah warna menjadi golden brown. Smoked egg memiliki tekstur yang sangat padat cenderung keras dengan aroma wangi yang membuat kamu tergoda untuk menyantapnya.

 

Jadi pengen makan telur? Kalau begitu, kamu mampir ke sini aja!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Donburi Ichiya

Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya
Foto Donburi Ichiya

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?