Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tips Memilih Sereal yang Sehat untuk Sarapan

List Artikel
14 Desember 2019 | 0 Komentar

Sereal merupakan salah satu makanan yang paling banyak disantap untuk sarapan. Pasalnya sereal sangat mudah disiapkan dan kamu tidak perlu memasaknya. Cukup menuangkan sereal dalam mangkuk dan mencampurnya dengan susu cair, lalu sarapan serealmu sudah siap disantap. Ada banyak jenis sereal yang bisa kamu pilih untuk sarapan, mulai dari havermut, corn flakes, sereal organik dan lain sebagainya. Meskipun praktis, tapi kamu tak bisa sembarangan memilihnya karena ada sebagian sereal yang mengandung kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi. Supaya tidak salah pilih, coba cek dulu beberapa tips memilih sereal yang sehat untuk sarapan, yaitu:



Sumber : Hospitalitynet.org

 

1. Selalu Baca Nilai Gizi Pada Kemasan

Tips yang pertama adalah selalu baca kemasan nilai gizi pada kemasan sereal yang akan kamu beli. Kita kerap kali malas membaca nilai gizi dan main asal pilih saja. Padahal, nilai gizi bisa memberitahukanmu berapa jumlah kalori yang akan kamu makan saat sarapan. Sereal yang sehat biasanya hanya mengandung sekitar 200 kalori saja per sajiannya. Jika lebih dari itu, maka sereal tidak bagus dikonsumsi karena bisa membuatmu kelebihan kalori.

 

2. Pilih Sereal yang Terbuat dari Gandum Utuh

Saat ini sudah banyak sereal yang terbuat dari gandum. Tapi tidak semuanya dibuat dari gandum utuh karena kebanyakan sudah dicampur dengan tepung beras atau tepung terigu. Jadi ingatlah untuk selalu memilih sereal dari gandum utuh atau 100% biji-bijian utuh. Gandum utuh sangat bagus dikonsumsi karena kaya akan serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang bisa mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi resiko diabetes tipe 2.

 

3. Sereal Rendah Gula Juga Bisa Kamu Pertimbangkan

Salah satu masalah ketika kamu sering sarapan dengan sereal adalah rentan terkena diabetes karena ternyata kadar gula pada sereal terbilang cukup tinggi. Jadi pilihlah yang pada label kemasannya tertulis rendah gula. Pilih sereal yang kandungan gulanya di bawah 10 gram. Kebanyakan mengonsumsi makanan yang mengandung gula saat sarapan bisa menyebabkanmu mudah merasa lapar dan lemas.

 

4. Perhatikan Bagaimana Kandungan Lemak Jenuhnya

Ketika memilih sereal untuk sarapan, perhatikan juga bagaimana kadar kandungan lemak jenuhnya juga. Lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan penyakit jantung. Pilih sereal rendah lemak atau lemak trans yang tidak lebih dari 2 gram saja. Jadi, coba perhatikan kadar lemak jenuh dalam tabel kemasannya ya!

 

5. Cari Sereal yang Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Tips yang terakhir adalah selalu cari sereal yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak semua sereal punya kandungan vitamin dan mineral. Jadi coba perhatikan baik-baik nilai gizi pada kemasannya. Jika ada tanda fortifikasi, itu tandanya sereal sudah ditambahkan vitamin dan mineral tertentu.

 

Itulah beberapa tips memilih sereal sehat untuk sarapan. Buat kamu yang ingin menyantap sarapan selain sereal, mampir saja ke salah satu tempat makan di bawah ini!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?