Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tips Menyimpan Kopi 1 Liter Agar Tak Mudah Basi

List Artikel
14 Februari 2022 | 4 Komentar

Kopi 1 liter menjadi sebuah fenomena yang muncul di saat pandemi Covid-19. Menu minuman kopi 1 liter memang baru muncul pada saat pandemi ini dan menjadi sangat populer. Kopi 1 liter hadir di tengah masyarakat sebagai solusi untuk para pemilik kedai kopi dan juga para penikmat kopi. Pasalnya, supaya industri kopi bisa tetap bertahan di tengah pandemi, maka pemilik kedai kopi harus tetap berinovasi. Kopi 1 liter dimunculkan supaya orang-orang yang biasanya ngopi di kedai kopi, bisa menikmati kopi kesukaan mereka di rumah bersama dengan keluarga. Dengan porsi 1 liter, kamu bisa menyajikan kopi di rumah hingga 3-4 porsi. Tak hanya bisa diminum bersama dengan keluarga, beberapa orang yang membeli kopi 1 liter untuk diminum sendiri. Tapi sayangnya, kopi 1 liter yang kita beli kerap kali basi saat akan diminum keesokan harinya. Sebenarnya kopi 1 liter bisa bertahan hingga 2-3 hari, asalkan kamu menyimpannya dengan benar. Supaya kopi 1 liter tak mudah basi, kamu bisa cek tips-tipsnya di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com 


1. Simpan Dalam Kulkas

Agar kopi 1 litermu tidak mudah basi, simpanlah dalam kulkas. Kopi 1 liter yang disimpan dalam suhu ruangan akan mudah basi dalam jangka waktu 1 hari saja jika kemasannya sudah dibuka. Dengan menyimpan kopi 1 liter dalam kulkas, kopi bisa bertahan antara 2-3 hari dalam kulkas jika kemasannya sudah dibuka. Tapi kalau kemasannya belum dibuka, kopi 1 liter bisa awet hingga 1 mingguan.


2. Tutup Wadah dengan Rapat

Salah satu cara agar kopi 1 liter tidak mudah basi adalah selalu tutup wadah kemasannya dengan rapat. Kopi 1 liter seharusnya disimpan dalam wadah kedap udara agar tidak mudah terpapar bakteri yang menyebabkan kopi cepat basi. Tapi jika kamu tidak menutup wadah dengan rapat, maka potensi kopi terpapar bakteri akan lebih mudah sehingga kopi mudah basi. Oleh karena itu, setelah kamu mengonsumsi kopi 1 liter dan masih ada sisanya, tutup rapat lagi kemasan sebelum menyimpannya dalam kulkas.


3. Jangan Terlalu Lama Membiarkan Kopi di Suhu Ruangan

Hal yang kerap kali dilupakan ketika mengonsumsi kopi 1 liter adalah terlalu lama membiarkannya di suhu ruangan. Membiarkan kopi 1 liter di suhu ruangan akan mudah membuat kopi cepat basi. Apalagi jika suhu ruangan panas. Di suhu ruangan, kopi 1 liter akan mudah terpapar bakteri. Sebaiknya, tuang kopi 1 liter secukupnya dalam gelas atau cangkirmu, lalu segera tutup kemasannya dan masukkan dalam kulkas untuk menjaga kopi 1 liter tidak muda basi.


4. Simpan di Freezer Agar Lebih Awet

Ada tips lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar kopi 1 liter bisa bertahan lebih lama, yakni meletakkannya dalam freezer. Biasanya kita akan menyimpan kopi 1 liter dalam kulkas biasa, tapi jika kamu menyimpannya dalam freezer, maka kopi 1 liter tidak mudah basi karena bakteri tidak mudah berkembang biak dalam freezer. Sebaiknya simpan kopi 1 liter di bagian pintu freezer.


5. Jadikan Kopi Sebagai Es Batu

Ingin kopi 1 liter bertahan lebih lama lagi? Kamu bisa menjadikan kopi 1 liter sebagai es batu atau ice cubes. Cara ini sangat ampuh untuk menyimpan kopi 1 liter. Nantinya ketika akan mengonsumsi kopi 1 liter, kamu tinggal meletakkan es batu dalam gelas dan membiarkannya mencair sendiri dalam suhu ruangan. Cita rasa kopi 1 liter yang dijadikan ice cubes biasanya lebih terjaga.


Sekarang teman kuliner sudah tahu kan caranya menyimpan kopi 1 liter agar tidak mudah basi. Semoga tips di atas bisa berguna untukmu yang gemar minum kopi 1 liter. Nah, kalau teman kuliner ingin minum es kopi susu atau membeli es kopi susu 1 liter, bisa kunjungi kedai minuman di bawah ini ya!

Kopi Janji Jiwa

Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa

Weko Coffee

Foto Weko Coffee
Foto Weko Coffee
Foto Weko Coffee

Belaian Kopi

Foto Belaian Kopi
Foto Belaian Kopi
Foto Belaian Kopi

Kopi Brumbun

Foto Kopi Brumbun
Foto Kopi Brumbun
Foto Kopi Brumbun

Kopi Dari Pada

Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada
Foto Kopi Dari Pada

Topik artikel ini:
4 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Nice
rahmatpriharyanto2008@gmail.com | 27 Jul 2021 pk. 02:54 PM
Foto user umum
Bermanfaat untuk pemula seperti saya
rahmatpriharyanto2008@gmail.com | 27 Jul 2021 pk. 02:55 PM
Foto user umum
Lebih paham cara penyimpanan kopi.
neilamona@yahoo.com | 17 Feb 2023 pk. 08:18 PM
Foto user umum
Jadi lebih paham cara penyimpanan kopi.
neilamona@yahoo.com | 17 Feb 2023 pk. 08:19 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?