Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Topping Ramen Terfavorit yang Bisa Bikin Sajian Ramen Lebih Nikmat

List Artikel
28 Juli 2018 | 0 Komentar

Ramen merupakan kuliner khas Jepang yang keberadaannya di dunia sudah tidak asing lagi. Rasanya hampir di seluruh negara besar di dunia punya restoran ramen. Ramen biasa disebut sebagai mie Jepang yang memiliki beragam jenis. Jenis dari ramen sebenarnya hanya dibedakan dari kuah ramen dan juga topping-topping yang digunakan. Kelezatan ramen memang ditentukan dari kuahnya, tapi ternyata penggunaan topping ini bisa merubah cita rasa ramen jadi lebih lezat lagi. Dari sekian banyak topping ramen yang selama ini telah digunakan, ada lima yang menjadi favorit dan seringkali kamu jumpai, yaitu:


1. Char Siu


Sumber : Raddcooking.com


Topping yang paling banyak digunakan adalah char siu. Char siu adalah daging babi bagian perut yang dipanggang lalu direbus di dalam rendaman bumbu ramen selama beberapa jam sebelum disajikan menjadi topping. Char siu memiliki cita rasa yang manis asin sehingga membuat kuah ramen jadi lebih oishi. Berhubung di Indonesia mayoritas penduduknya muslim, maka restoran ramen banyak yang mengganti char siu dengan daging ayam atau sapi dengan cara pembuatan yang sama.


2. Ajitsuke Tamago


Sumber : Kirbiecravings.com


Ramen tak akan lengkap tanpa adanya telur. Inilah yang membuat ajitsuke tamago tak pernah absen sebagai topping khas ramen. Ajitsuke tamago merupakan telur rebus setengah matang yang direndam dalam bumbu khusus. Bumbu khusus ini biasanya terdiri dari campuran kecap asin sehingga cita rasa ajitsuke tamago menjadi lebih gurih dibanding telur rebus setengah matang lainnya. Ketika menyantapnya, kamu bisa mencampur dan mengaduk ajitsuke tamago menjadi satu dengan kuah ramen.

 

3. Negi


Sumber : Baocantho.com.vn


Ramen selalu menambahkan aneka sayuran sebagai topping-nya untuk melengkapi kebutuhan serat bagi orang yang menyantapnya. Tak heran jika negi atau daun bawang tak luput dari topping khas ramen. Daun bawang yang digunakan adalah daun bawang mentah yang sudah diiris tipis-tipis. Penggunaan daun bawang ini tak hanya melengkap nilai gizi ramen, tapi juga bisa membuat rasa ramen menjadi lebih oishi karena daun bawang memiliki aroma yang sangat kuat.


4. Nori


Sumber : Superhumancoach.com


Selain daun bawang, ada nori yang tak kalah sehatnya. Nori atau rumput laut kering ini mengandung protein, serat, vitamin, dan kalsium yang sangat tinggi. Nori pada ramen bisa disajikan dalam bentuk lembaran utuh yang berbentuk kotak kecil atau sudah diiris tipis-tipis. Cara menyantap nori dengan ramen ini juga berbeda-beda. Ada orang yang menggulung atau membungkus nori ke mie, ada juga yang mencampurnya dalam kuah. Ada juga yang menyantapnya terpisah untuk tetap menjaga kerenyahannya. Kalau kamu lebih suka yang mana?

 

5. Menma


Sumber : Wokandskillet.com


Terakhir ada menma yang terdengar sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Menma atau yang juga disebut dengan sebutan shinachiku merupakan topping ramen yang terbuat dari rebung yang sudah difermentasikan lalu dipotong korek api. Teksturnya sangat renyah menjadikan sensasi makan ramen jadi lebih berbeda. Ditambah lagi menma memiliki cita rasa agak manis saat masuk ke dalam lidah kamu sehingga membuat jadi ketagihan saat sudah menyantapnya.

 

Selain kelima topping ramen di atas, masih ada topping lainnya seperti jagung manis pipil, potongan jamur, parutan bawang putih, dan lain sebagainya. Sekarang jadi kepengen makan ramen dan mencoba langsung topping-topping yang bisa bikin sajian ramen jadi lebih lezat? Mampir saja ke salah satu restoran ramen di bawah ini!

Bankara Ramen

Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Ramen SeiRock-Ya

Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?