Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Topping yang Paling Sering Digunakan pada Minuman Kopi

List Artikel
29 Juli 2023 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman yang paling sering dikonsumsi setiap harinya. Kebanyakan orang meminum kopi untuk mengawali hari-harinya di pagi hari. Tapi ada juga yang mengonsumsi kopi sebagai minuman penghilang kantuk di siang hari atau sore hari. Minuman kopi memiiki rasa asli agak pahit dengan aroma yang sangat khas. Meski banyak orang yang suka dengan rasa asli kopi ini, ada juga yang lebih suka menambahkan sesuatu sebagai topping di atasnya sehingga rasanya menjadi lebih kaya ketika diseruput. Menambahkan topping pada minuman kopi tidak hanya mengubah rasa, tetapi juga aromanya. Selain itu, dengan menambahkan aneka topping, minuman kopi juga menjadi lebih unik sehingga membuat kita tidak bosan meminumnya. Dari sekian banyak topping, lima topping berikut ini merupakan yang paling sering digunakan pada minuman kopi.

 

1. Whipped Cream



Sumber: thechunckychef.com


Topping pertama adalah whipped cream. Topping ini menjadi favorit banyak orang karena paling sering digunakan pada kebanyakan minuman kopi yang dingin. Dengan menambahkan whipped cream, rasa kopi menjadi lebih creamy. Whipped cream tidak hanya disukai oleh anak remaja tetapi juga orang tua karena rasanya yang cukup manis. Sebelum meminum kopi yang diberi topping whipped cream, kamu wajib mengaduknya terlebih dahulu supaya nantinya whipped cream bisa tercampur rata dengan kopi sehingga menghasilkan rasa manis yang bercampur pahitnya kopi.

 

2. Es Krim



Sumber: coffeeaffection.com


Topping kedua yang paling sering digunakan adalah es krim. Tak jauh berbeda dengan topping whipped cream, kopi yang menggunakan topping es krim juga bisa mengubah tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy. Berbeda dengan whipped cream yang sering digunakan pada minuman kopi dengan campuran susu, varian kopi yang sering ditambahkan es krim adalah espresso. Selain espresso, ada americano yang juga sering ditambahkan es krim di atasnya. Semua variasi es krim sebenarnya bisa digunakan sebagai topping pada minuman kopi, tapi yang paling sering digunakan adalah es krim rasa vanila dan cokelat.

 

3. Bubuk atau Serutan Cokelat



Sumber: roastycoffee.com


Selanjutnya ada bubuk atau serutan cokelat yang digunakan sebagai topping pada minuman kopi. Penambahan bubuk atau serutan cokelat ini bisa memperkaya rasa dari minuman kopi. Cokelat memiliki aroma wangi yang sangat khas dan rasa yang manis sedikit pahit. Berbeda dari minuman-minuman kopi sebelumnya, bubuk atau serutan cokelat ini tak hanya cocok digunakan sebagai topping pada minuman kopi dingin saja, tetapi juga kopi hangat.

 

4. Karamel



Sumber: olivemagazine.com


Siapa yang tak suka karamel? Karamel dibuat dengan cara melelehkan gula pasir hingga mencair dan mengental serta hingga warnanya berubah menjadi agak emas kecoklatan. Karamel sangat sering digunakan sebagai topping pada minuman kopi. Beberapa varian minuman kopi yang diberikan topping karamel adalah caramel machiatto, caramel latte, dan sebagainya. Karamel memiliki rasa yang legit dengan aroma yang sangat wangi sehingga bisa membuat rasa dan aroma kopi menjadi lebih kaya.

 

5. Cream Cheese



Sumber: thechunckychef.com


Topping terakhir yang paling sering digunakan pada minuman kopi adalah cream cheese. Varian topping ini baru mulai muncul dan digunakan sejak tahun 2010-an. Awalnya, cream cheese digunakan sebagai topping pada minuman teh. Lalu lambat laun cream cheese mulai digunakan sebagai topping pada minuman lainnya seperti kopi. Dengan menambahkan cream cheese, minuman kopi akan memiliki perpaduan rasa yang unik dan berbeda. Kamu akan menjumpai rasa asin dan gurih dari cream cheese yang berpadu dengan rasa pahit dan manis dari minuman kopi.

 

Itulah beberapa topping yang paling sering digunakan pada minuman kopi. Dari kelimanya, manakah yang paling sering kamu gunakan? Buat kamu yang suka minum kopi, di bawah ini ada beberapa rekomendasi coffee shop atau kedai kopi yang bisa kamu datangi!

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Kopitagram

Foto Kopitagram
Foto Kopitagram
Foto Kopitagram

Coffee Talevu

Foto Coffee Talevu
Foto Coffee Talevu
Foto Coffee Talevu

Kozi Coffee

Foto Kozi Coffee
Foto Kozi Coffee
Foto Kozi Coffee

Rumah Kopi Ranin

Foto Rumah Kopi Ranin
Foto Rumah Kopi Ranin
Foto Rumah Kopi Ranin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?