Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tradisi Hidangan Natal Terunik yang Ada di Dunia

List Artikel
22 Desember 2018 | 0 Komentar

Masing-masing negara pasti punya tradisi yang berbeda-beda ketika akan merayakan Natal. Tradisi ini pastinya sudah diturunkan secara turun temurun sehingga masih berlaku hingga sekarang. Salah satu tradisi yang ada ketika perayaan Natal adalah tradisi hidangan Natal. Biasanya sebelum atau sesudah melakukan Misa Natal, ada tradisi makan bersama keluarga dengan hidangan tradisional. Hal ini dilakukan untuk mempererat hubungan kekeluargaan. Tapi tahukah kamu kalau di beberapa negara ini ternyata ada hidangan unik yang selalu disajikan saat perayaan Natal, yaitu:


1. Perancis



Sumber : Pergikuliner.com


Perancis dikenal sebagai negara yang memiliki olahan dessert cantik nan menawan. Ketika perayaan Natal tiba, hidangan yang harus tersaji justru bukan dessert melainkan makanan laut alias seafood yang biasanya terdiri dari ikan salmon, udang, lobster, tiram, hingga kepiting. Mereka biasanya memasaknya dengan cara dipanggang atau dikukus. Selain menghidangkan seafood, masyarakat Perancis juga menghidangkan daging unggas yang dimasak bersama dengan chesnut. Baru setelah selesai menyantap semua hidangan ini, akan ada 13 jenis dessert lezat yang menjadi penutup jamuan Natal.


2. Brazil



Sumber : Yummymummykitchen.com  


Keunikan tradisi hidangan Natal selanjutnya datang dari negara Brazil. Setelah melaksanakan Misa Natal, semua keluarga akan berkumpul bersama untuk menyantap sajian ayam berukuran besar dan bacalhau atau daging ikan yang diasinkan. Uniknya, jika biasanya Natal identik dengan minuman hangat karena cuaca sedang musim salju, berhubung di Brazil iklim cuacanya panas, maka harus ada sajian berupa buah-buahan tropis yang segar seperti nanas dan semangka. Sedangkan untuk makanan penutupnya akan ada sajian roti manis yang didalamnya berisi campuran buah kering.


3. Greenland



Sumber : Travelsinorbit.com 


Negara lainnya yang punya tradisi hidangan Natal unik adalah Greenland. Negara ini menyajikan hidangan ikan paus yang dinamakan Mattak, Hidangan ini biasanya disajikan oleh laki-laki kepada perempuan. Hidangan ini disajikan dalam keadaan mentah dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi karena di dalamnya mengandung vitamin C dan D. Tekstur dari mattak mirip dengan ikan salmon dan ada rasa manis di dalamnya.


4. Norwegia



Sumber : Pinimg.com


Tradisi hidangan Natal unik berikutnya ada di negara Norwegia. Ketika sedang bertukar kado pada saat perayaan Natal, masyarakat Norwegia menyantap hidangan bubur lezat yang dipadukan dengan iga babi panggang dan surkal atau kubis yang dicampur dengan cuka dan caraway seed. Hidangan ini disantap agar para anggota keluarga yang merayakan Natal bisa mendapatkan asupan makanan bergizi yang lengkap.


5. Polandia



Sumber : Slavorum.org


Terakhir ada negara Polandia yang memiliki tradisi hidangan Natal unik karena menyajikan 12 jenis hidangan tanpa bahan dasar daging babi, sapi atau ayam. Hidangan yang disajikan kebanyakan sayuran dan olahan ikan saja seperti sup bit, sup ikan, asinan kubis, dan lain sebagainya. Setelah menyantap hidangan utama, masyarakat Polandia akan menyantap hidangan penutup yang terdiri dari buah kering, biji-bijian, dan roti jahe.


Selain kelima tradisi hidangan natal unik di atas, masih ada lagi tidak negara lainnya yang juga punya tradisi hidangan natal unik?

Socall Ribs & Cafe

Foto Socall Ribs & Cafe
Foto Socall Ribs & Cafe
Foto Socall Ribs & Cafe

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Bluegrass

Foto Bluegrass
Foto Bluegrass
Foto Bluegrass

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?