Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Umbi-umbian yang Enak Dijadikan Gorengan

List Artikel
5 April 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang terkenal kaya akan hasil alamnya. Kita bisa mendapatkan sayur dan buah-buahan dengan mudah dan murah. Inilah yang menjadi alasan kenapa kuliner di Indonesia memiliki banyak ragamnya karena ada banyak sekali bahan makanan yang bisa diolah menjadi kuliner lezat. Salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan adalah umbi-umbian. Umbi-umbian bisa diolah menjadi aneka olahan lezat yang sangat menggoda seperti gorengan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ada sekitar lima umbi-umbian yang ternyata bisa kamu olah menjadi gorengan yang garing, yaitu:

 

Kentang


Sumber : Pergikuliner.com


Umbi-umbian pertama ada kentang yang sudah terkenal sering dijadikan sebagai gorengan. Kentang goreng lebih sering ditemukan di gerai-gerai makanan cepat saji yang dibentuk seukuran stick lalu dijual bersama dengan saus sambal dan saus tomat. Tapi belakangan ini kentang goreng banyak ditemukan dijual dengan aneka saus yang unik cita rasanya seperti saus green tea, saus BBQ, saus asam manis dan lain sebagainya.

 

Singkong


Sumber : Sajiansedap.com


Selanjutnya ada singkong yang menjadi gorengan favorit masyarakat Indonesia untuk menu sarapan karena singkong mengandung karbohidrat cukup tinggi. Singkong yang bisa dijadikan gorengan adalah singkong yang empuk dan tidak pahit. Sebelum digoreng, biasanya singkong harus direbus terlebih dahulu di dalam air yang sudah dibumbui bawang putih dan garam baru kemudian digoreng hingga merekah.

 

Ubi


Sumber : Pergikuliner.com


Selain singkong, ada ubi yang juga sangat laris di pedagang gorengan. Ada tiga jenis ubi yang ada di Indonesia, yakni ubi ungu, ubi kuning dan ubi merah. Ketiganya memiliki tingkat kemanisan yang berbeda, ubi ungu dan ubi kuning tidak semanis ubi merah. Jika biasanya ubi hanya digoreng dengan cara dicelupkan ke dalam adonan tepung, saat ini ubi lebih sering diolah dengan cara dikukus terlebih dahulu lalu dihaluskan dan dibentuk menjadi bentuk bola-bola kemudian digoreng hingga matang.

 

Talas


Sumber : Pergikuliner.com


Talas di daerah Jawa sering dijadikan santapan sehari-hari, sedangkan di daerah lainnya talas banyak dijadikan keripik untuk cemilan. Talas yang digoreng ini harus dihilangkan getahnya terlebih dahulu lalu direndam dalam air garam kemudian diberi bumbu yang terdiri dari bawang putih, lada dan garam. Kamu bisa mencelupkan talas terlebih dahulu di dalam adonan tepung atau langsung menggorengnya dalam minyak panas.

 

Suweg


Sumber : Cookpad.com


Terakhir ada suweg yang mungkin bagi beberapa orang terdengar cukup asing karena suweg banyak dijual di daerah-daerah yang ada di pulau Jawa. Suweg merupakan salah satu umbu-umbian yang saat ini memang sudah sangat langka keberadaannya. Untuk membuat suweg ini, kamu harus mengukus suweg terlebih dahulu kemudian menghaluskannya dan membentuk bulat-bulat kemudian menggorengnya hingga matang.

 

Di antara kelima gorengan di atas, kamu lebih suka menyantap yang mana? Nah, jika kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung menyantap aneka cemilan di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Bollo Bola Ubi Kopong

Foto Bollo Bola Ubi Kopong
Foto Bollo Bola Ubi Kopong

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Omah Sendok

Foto Omah Sendok

OMG Poteto

Foto OMG Poteto
Foto OMG Poteto
Foto OMG Poteto

Hi Fries

Foto Hi Fries

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?