Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Kopi Dingin dari Seluruh Dunia yang Bisa Segarkan Siangmu

List Artikel
11 Desember 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh seperti bisa menenangkan pikiran, menghilangkan stress, meningkatkan daya konsentrasi, dan masih banyak lagi. Minuman ini bisa kamu jumpai hampir di seluruh negara yang ada di dunia, tapi tentunya cita rasa kopi yang dimiliki masing-masing negara memiliki perbedaan. Kopi bisa diminum dalam keadaan panas maupun dingin. Kopi panas biasanya diseruput dalam cangkir di pagi hari atau malam hari sebagai penghilang rasa kantuk. Sedangkan kopi dingin diseruput saat siang hari atau saat udara sedang terik. Bagi kamu penyuka minuman berwarna hitam ini, yuk lihat lima varian kopi dingin yang ada di seluruh dunia ini!

 

1. Frappe



Sumber: Pergikuliner.com


Frappe merupakan es kopi yang berasal dari Yunani. Meski tergolong dalam minuman cepat saji atau minuman instan, tapi frappe dibuat secara tradisional dari campuran kopi instan, air, dan susu yang dikocok hingga menimbulkan buih dan disajikan bersama dengan es dan gula cair sesuai selera. Frappe pertama kali diciptakan pada tahun 1957 oleh Dimitrios Vakondios. 

 

2. Oliang



Sumber: Etsy.com


Oliang adalah es kopi yang berasal dari Thailand. Es kopi ini merupakan es kopi tradisional yang diseduh dengan kacang kedelai, wijen, kapulaga, dan jagung sehingga rasanya jadi lebih beragam dan berbeda dari es kopi kebanyakan. Warnanya agak hitam pekat sehingga mirip dengan es kopi hitam tapi dengan aneka rasa di dalamnya. Biasanya orang akan menambahkan susu ke dalam oliang untuk menambah cita rasa manisnya.


3. Ca Phe Da



Sumber: Curiouscuisiniere.com


Ca Phe Da adalah es kopi asal Vietnam yang menggunakan teknik vietnam drip. Kopi disaring terlebih dahulu menggunakan alat khusus di atas gelas atau cangkir. Air kopi yang menetes ditampung setetes demi setetes hingga terkumpul. Setelah itu, air kopi dipindahkan ke dalam gelas yang berisi es batu, lalu diberi susu kental manis agar cita rasanya jadi lebih creamy.


4. Mocha Cola



Sumber: Allrecipes.com


Mocha cola adalah es kopi yang berasal dari Brazil. Es kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda karena di dalamnya terdapat campuran cokelat. Perbandingan cokelat dengan kopi adalah 1:1 sehingga warnanya jadi lebih kecoklatan. Selain disajikan dengan es batu, mocha cola juga terkadang ditambahkan whipped cream sesuai selera.


5. Yuanyang



Sumber: Fritesandfries.com


Yuanyang merupakan es kopi yang berasal dari Hongkong. Es kopi ini terbuat dari esktra kafein sehingga warnanya jadi lebih pekat. Yuanyang memiliki citarasa yang berbeda dan unik karena kopi dipadukan dengan campuran teh susu. Coba saja bayangkan tiga minuman favorit di dunia, yakni teh, kopi, dan susu dijadikan dalam satu gelas. Pasti cita rasanya akan lebih kaya.


Nah, itu dia lima varian kopi dingin dari seluruh dunia. Kalau di Indonesia, khususnya Jakarta, kopi dingin yang lagi hits banget adalah es kopi susu. Kamu sudah coba es susu hits di Jakarta ? Atau kamu ingin coba minum aneka varian kopi dingin lainnya? Jangan khawatir karena PergiKuliner sudah punya rekomendasi tempat minum kopi di bawah ini!

Belaian Kopi

Foto Belaian Kopi
Foto Belaian Kopi
Foto Belaian Kopi

Kopi Jendela

Foto Kopi Jendela
Foto Kopi Jendela
Foto Kopi Jendela

Kong Djie Coffee Belitung

Foto Kong Djie Coffee Belitung
Foto Kong Djie Coffee Belitung
Foto Kong Djie Coffee Belitung

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Kopi Brumbun

Foto Kopi Brumbun
Foto Kopi Brumbun
Foto Kopi Brumbun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?