Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Kue Muffin Sayur yang Populer untuk Menu Sarapan

List Artikel
5 Februari 2021 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi salah satu menu sarapan pokok. Selain nasi, biasanya masyarakat Indonesia akan menyantap roti. Tapi bagaimana dengan kue muffin? Kue muffin merupakan menu sarapan yang populer di negara-negara Eropa. Di Indonesia, kue muffin justru lebih identik dengan makanan cemilan yang disantap saat sedang lapar karena kue muffin bisa mengenyangkan. Muffin adalah kue klasik khas Inggris yang sebenarnya sudah ada sejak zaman Victoria. Bentuknya seringkali salah dikenali sebagai pancake karena sama-sama dicetak dalam cup kertas. 


Kue muffin yang digunakan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Eropa ini agak sedikit berbeda dengan kue muffin yang dikonsumsi sebagai cemilan oleh masyarakat Indonesia. Jika kue muffin di Indonesia lebih banyak dijual dengan cita rasa yang manis, di negara-negara Eropa, kue muffin justru banyak yang memiliki cita rasa gurih karena ada campuran sayuran, keju, serta daging di dalamnya. Hal ini dikarenakan kue muffin tersebut akan dikonsumsi sebagai menu sarapan sehingga kandungan nutrisinya harus lengkap. Ada setidaknya lima varian kue muffin sayur yang populer untuk menu sarapan, yaitu:

 

1. Kue Muffin 



Sumber: Greatlifepublishing.com


Pertama ada spinach cheese muffin alias muffin bayam dan keju. Varian muffin sayur ini paling disukai sebagai menu sarapan karena perpaduan bayam dan keju akan terasa sangat lezat. Bahan yang digunakan tak jauh berbeda dengan bahan untuk muffin biasa yakni ada tepung, mentega, garam, telur, susu, gula, baking powder dan baking soda. Perbedaannya adalah kamu harus menggunakan tambahan bayam yang sudah dicincang kasar dan juga keju. Jenis keju yang digunakan bisa keju cheddar tua atau parmesan. 


2. Zucchini Slice Muffin



Sumber: Taste.com.au


Zucchini slice muffin adalah varian kue muffin sayur yang populer untuk menu sarapan. Jika dibandingkan jenis muffin sayur lainnya, kue muffin ini cenderung memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu gurih karena cita rasa asli zucchini cenderung agak hambar. Untuk menambah cita rasanya, kamu bisa menambahkan irisan daging ham atau smoked beef ke dalam adonannya. Selain itu, kamu juga bisa menaburkan keju parut di atasnya untuk memperkaya rasa gurih dan memperharum aromanya.


3. Carrot Almond Muffin


Sumber: Taste.com.au


Selanjutnya ada carrot almond muffin yang juga menjadi muffin sayur populer untuk menu sarapan. Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sehingga bagus dikonsumsi sebagai menu sarapan. Sedangkan almond tak hanya bisa menjadikan aroma muffin jadi wangi tapi juga bisa menambah kandungan nutrisi di dalamnya. Wortel yang digunakan biasanya adalah wortel jus yang ukurannya besar dan cita rasanya manis. Sebelum dimasukkan dalam adonan, wortel harus diparut kasar atau halus terlebih dahulu.


4. Mushroom Parmesan Muffin



Sumber: Foodlustpeoplelove.com


Mushroom parmesan muffin menjadi varian muffin sayur selanjutnya yang populer untuk menu sarapan. Mushroom parmesan muffin ini bisa memberikanmu sarapan pagi yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga menyehatkan. Muffin ini dibuat dengan campuran bahan utama jamur dan keju parmesan. Untuk jamur yang digunakan bisa jamur kancing atau shitake. Sebelum dimasukkan dalam adonan muffin, jamur harus dimasak terlebih dahulu dengan cara ditumis dengan menggunakan mentega hingga layu. Setelah dimasak, jamur bisa dimasukkan dalam adonan muffin bersama dengan keju parmesan yang telah diparut atau parmesan bubuk.

 

5. Brokoli Ham Muffin



Sumber: Lifemadesweeter.com


Terakhir ada brokoli ham muffin yang menjadi varian muffin sayur populer untuk menu sarapan. Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya akan zat besi dan antioksidan. Brokoli yang digunakan bisa kamu rebus sebentar terlebih dahulu beru kemudian dicincang kasar. Setelah itu barulah dicampurkan dalam adonan muffin bersama dengan ham. Selain ham, kamu juga bisa menggantinya dengan smoked beef atau irisan sosis. Jika ingin citarasanya lebih gurih, maka tambahkan sedikit saja keju parmesan di dalam adonan.

 

Itulah dia beberapa varian kue muffin sayur yang populer untuk menu sarapan. Buat teman kuliner yang ingin coba sarapan dengan kue muffin sayur, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau teman kuliner juga bisa menemukan toko kue yang menjual aneka jenis kue muffin yang enak-enak. Seperti lima toko kue rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Super Furry Tea & Bakery

Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?