Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Kuliner yang Terbuat dari Lidah Sapi, Dijamin Pasti Nagih

List Artikel
11 April 2017 | 0 Komentar

Lidah sapi, menjadi salah satu bagian dari sapi yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal membuat lidah sapi menghadirkan cita rasa yang berbeda. Kuliner yang menggunakan bahan baku lidah sapi memang tak terlalu banyak karena tak banyak penjual daging yang menjual lidah sapi. Selain itu, tingkat kesulitan mengolah lidah sapi ini cukup tinggi. Kamu harus memasaknya dengan benar agar tidak berbau amis dan tetap bertekstur kenyal namun empuk. Sebelum diolah menjadi aneka kuliner, lidah sapi disarankan untuk direbus terlebih dahulu dengan perasan jeruk nipis dan daun salam agar aromanya jadi lebih wangi. Buat kamu yang penasaran ingin coba bagaimana cita rasa lidah sapi setelah diolah, PergiKuliner punya lima list kuliner yang terbuat dari bahan baku lidah sapi, yaitu:

 

1. Sate Padang



Sumber: pergikuliner.com


Berbicara kuliner yang terbuat dari lidah sapi, tentunya kuliner yang satu ini tak boleh ketinggalan dari daftar list. Sate padang terbuat dari lidah sapi yang sudah direbus hingga empuk terlebih dahulu, lalu dipotong kotak-kotak kecil dan ditusuk dengan tusukan sate sebelum dibakar di atas arang. Setelah matang, sate lidah sapi kemudian disiram dengan bumbu kuah kacang kental yang tentunya bikin kamu pengen nambah. Sate padang disajikan dengan potongan lontong atau ketupat dan keripik singkong balado.

 

2. Gyutan Don



Sumber: pergikuliner.com


Kamu penggemar kuliner Jepang? Pastinya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang bernama gyutan don. Gyutan don ini adalah sajian lidah sapi khas Jepang yang sering kamu jumpai pada jenis donburi alias nasi yang disajikan dalam mangkuk dengan aneka topping daging, ayam, atau ikan. Gyutan don ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan olahan varian lidah sapi lainnya, yakni irisannya yang super tipis sehingga memudahkan kamu untuk menyantapnya.

 

3. Lidah Sapi Bakar



Sumber: pergikuliner.com


Varian kuliner lidah sapi ketiga adalah lidah sapi bakar yang bisa dengan mudah kamu jumpai pada restoran-restoran BBQ. Lidah sapi yang digunakan haruslah lidah sapi yang fresh sehingga masih juicy saat kamu santap. Sebelum dibakar, lidah sapi biasanya tak diberi bumbu yang banyak yakni hanya dibumbui garam dan lada saja sehingga kamu harus menyantapnya dengan aneka cocolan saus atau sambal agar cita rasanya jadi lebih maknyus lagi.

 

4. Lidah Cabai Hijau


Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya daging sapi atau ayam saja yang enak diolah dengan bumbu cabai hijau, tapi lidah sapi juga enak loh dibumbui dengan cabai hijau. Lidah sapi yang telah direbus dengan perasan lemon dan salam ini diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga garing lalu diberi bumbu cabai hijau yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau, tomat hijau, lengkuas, kemiri, daun jeruk, sereh, garam, dan gula.

 

5. Steak Lidah Sapi



Sumber: pergikuliner.com


Jika biasanya kamu menyantap steak daging sapi atau daging ayam, bagaimana jika kali ini kamu mencoba steak lidah sapi yang cita rasanya tak kalah enak. Berbeda dengan steak kebanyakan, steak lidah sapi memiliki tekstur yang kenyal sehingga membuatnya terasa berbeda saat kamu santap. Selayaknya steak kebanyakan, steak lidah sapi disajikan dengan saus steak, kentang goreng atau mash potato dan aneka sayuran rebus.


Nah, perut jadi keroncongan kan setelah membaca artikel ini? Mau makan olahan daging sapi enak? Cus aja ke restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Negiya Donburi

Foto Negiya Donburi
Foto Negiya Donburi
Foto Negiya Donburi

Kila Kila by Akasya

Foto Kila Kila by Akasya

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?