Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Onigiri dengan Rasa Unik yang Jadi Favorit

List Artikel
19 September 2023 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang penyuka masakan Jepang? Jika iya, kamu pasti tahu kuliner khas Jepang yang bernama onigiri. Onigiri adalah kuliner khas Jepang yang sudah ada sejak abad ke-11. Kuliner ini sangat populer tidak hanya di negara asalnya, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan dasar dari pembuatan onigiri adalah nasi yang dibentuk menjadi segitiga, dan bagian dalamnya diberi isian lauk-pauk sesuai selera. Jadi, tak heran kalau masyarakat Indonesia merasa familiar dengan rasanya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata onigiri ini punya puluhan jenis varian. Dari sekian banyaknya varian onigiri, kita akan membahas lima varian onigiri paling favorit yang paling sering dijumpai di supermarket hingga minimarket Jepang.

 

1. Tuna Mayo Onigiri



Sumber: shopify.com


Varian onigiri yang pertama adalah tuna mayo onigiri. Varian ini paling sering kita jumpai karena merupakan menu favorit di negara asalnya. Tuna mayo onigiri dibuat dengan isian ikan tuna yang dikukus atau tuna kalengan yang dagingnya disuwir-suwir tipis lalu dicampur dengan bumbu lada, garam, mayones, saus cabai, dan irisan daun bawang. Tekstur dari tuna mayo onigiri ini cenderung creamy dengan perpaduan rasa gurih, manis, dan sedikit asin karena jenis onigiri ini dibalut dengan rumput laut.

 

2. Yaki Onigiri



Sumber: drivemehungry.com


Yaki onigiri adalah varian onigiri yang cocok untuk kamu yang suka perpaduan rasa gurih dan manis. Yaki onigiri adalah varian onigiri yang dibuat dengan campuran olesan saus khusus. Saus ini dibuat dari kecap asin, gula, pasta miso, dan sebagainya. Setelah saus dioleskan ke nasi yang sudah dibentuk segitiga, onigiri akan dipanggang hingga bagian luarnya terasa garing. Setelah matang, yaki onigiri akan ditaburi dengan biji wijen dan daun bawang.

 

3. Okaka Onigiri



Sumber: sudachirecipes.com


Selanjutnya, ada okaka onigiri yang juga jadi favorit para pecinta kuliner Jepang. Okaka onigiri merupakan varian onigiri yang dibuat dengan campuran bonito kering serut. Bonito sendiri adalah ikan laut yang sering diolah dan dikeringkan menjadi serpihan, atau lebih banyak dikenal dengan nama katsuoboshi.  Rasa dari okaka onigiri memiliki rasa yang cenderung asin dan gurih. Tidak hanya dicampurkan bonito kering, okaka onigiri juga sering ditambahkan dengan campuran prem kering untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.

 

4. Umeboshi Onigiri



Sumber: asianinspiration.com.au


Umeboshi onigiri adalah varian onigiri yang dibuat dengan campuran umeboshi. Umeboshi adalah asinan kering yang dibuat dari buah ume yang sering digunakan di Jepang. Buah ini juga dikenal sebagai buah plum Jepang yang punya ciri khas berwarna merah muda hingga merah tua ketika matang. Buah ume punya rasa yang unik dengan kombinasi manis, asam, dan sedikit gurih sehingga populer digunakan dalam berbagai hidangan Jepang. Maka dari itu, umeboshi onigiri memiliki perpaduan rasa asin dan asam sehingga bisa memberikan sensasi rasa yang berbeda jika dipadukan dengan nasi. Umeboshi onigiri dikenal sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan.

 

5. Onigirazu



Sumber: justonecookbook.com


Varian onigiri yang terakhir adalah onigirazu. Berbeda dengan varian onigiri lainnya yang memiliki bentuk segitiga, bentuk dari onigiri ini cenderung kotak sehingga dijuluki sebagai sandwich-nya Jepang. Onigirazu memang memiliki bentuk seperti sandwich karena dibuat dengan cara memipihkan nasi dan diberi isian lalu dibungkus dengan nori. Isian onigiri biasanya katsu, daging panggang, hingga daun selada. Ukuran dari onigirazu terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran onigiri pada umumnya sehingga sangat mengenyangkan saat disantap.  

 

Itulah lima varian onigiri yang paling favorit di Jepang. Ternyata, ada banyak juga ya varian onigiri yang memiliki rasa unik. Kamu sendiri sudah pernah menyantap varian onigiri yang mana? Jika bosan menyantap onigiri dan ingin menyantap jenis hidangan Jepang lainnya, kamu bisa kunjungi beberapa rekomendasi tempat di bawah ini!

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Onigiri Toiro

Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro

Kandara Japanese Cuisine

Foto Kandara Japanese Cuisine
Foto Kandara Japanese Cuisine
Foto Kandara Japanese Cuisine

Okinawa Sushi

Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?