Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Rendang selain Daging Sapi atau Kerbau yang Lezat Disantap

List Artikel
15 Januari 2023 | 0 Komentar

Rendang adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang asalnya dari Sumatera Barat. Kuliner ini masuk dalam daftar salah satu makanan terenak di dunia. Hal ini sudah pasti dikarenakan rasa makanan yang sangat enak. Rendang umumnya dibuat dari bahan-bahan dasar daging kerbau atau sapi yang kemudian dimasak bersama dengan aneka rempah-rempah dan santan kelapa. Terdapat puluhan rempah-rempah yang digunakan saat memasak rendang sehingga rasanya sangat enak. Keunikan lain dari kuliner ini adalah dari proses memasaknya yang memakan waktu hingga berjam-jam lamanya untuk mengempukkan dan membuat bumbu rempahnya merasuk hingga ke dalam daging kerbau atau sapi. Tapi ternyata rendang tidak hanya dibuat dari bahan dasar daging kerbau atau sapi, melainkan bisa dimasak dengan bahan utama lainnya. Di bawah ini ada beberapa varian rendang yang dibuat dari bahan dasar selain daging sapi atau kerbau, yaitu:

 

1. Rendang Ayam atau Itik



Sumber: Pinimg.com


Varian rendang yang pertama adalah rendang ayam atau itik. Rendang ayam atau itik menjadi rendang favorit bagi masyarakat Indonesia setelah rendang sapi atau kerbau. Bahan dasarnya sudah pasti menggunakan ayam atau itik. Kelebihan dari rendang ayam atau itik ini adalah Teman Kuliner tidak perlu memasak dalam jangka waktu yang lama karena daging ayam atau itik mudah empuk dan matang. Selain itu, daging ayam atau itik juga lebih murah harganya. Rendang ayam atau itik bisa dimasak dalam keadaan potongan dan ada juga yang dimasak dengan cara dihancurkan alias disuwir-suwir dagingnya.

 

2. Rendang Telur



Sumber: Resepkoki.id


Rendang telur menjadi salah satu varian rendang yang pastinya dibuat dari bahan dasar telur, bisa berupa telur ayam atau telur bebek. Jika menggunakan telur bebek, maka teksturnya akan lebih legit dan rasanya juga lebih gurih. Rendang telur juga bisa dibuat dengan dua versi, yakni telur yang sudah direbus terlebih dahulu atau telur yang digoreng. Rendang telur banyak dijumpai di kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Rendang telur ini cara memasaknya tak jauh berbeda dengan cara membuat rendang kebanyakan.

 

3. Rendang Jengkol



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada rendang jengkol yang juga memiliki banyak penggemar. Rendang jengkol merupakan varian rendang yang dibuat dari bahan dasar jengkol pastinya. Sebelum dijadikan rendang, biasanya jengkol sudah direbus atau dimasak terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dan dimasak kembali dengan bumbu rendang. Di daerah asalnya, rendang jengkol seringkali dijuluki dengan nama kalio jariang.

 

4. Rendang Lokan



Sumber: Toko.minangtourism.com


Tidak banyak orang yang tahu tentang varian rendang yang satu ini. Rendang lokan merupakan rendang yang dibuat dari bahan dasar lokan. Lokan adalah sejenis kerang yang biasanya hidup di pesisir pantai. Selain hidup di pesisir pantai, lokan juga bisa dijumpai di danau air tawar. Untuk memasak rendang lokan membutuhkan usaha yang cukup keras karena harus menghilangkan rasa anyir dan pahit dari lokan dengan cara merebusnya terlebih dahulu dengan jahe dan lengkuas, barulah setelah itu dimasak dengan bumbu rendang.

 

5. Rendang Pakis



Sumber: Infosumbar.net


Varian rendang yang terakhir adalah rendang yang dibuat dari bahan dasar tumbuhan yakni tanaman pakis. Pakis merupakan tanaman yang sering digunakan dalam masakan khas Sumatera. Teksturnya yang lembut setelah direbus akan memberikan sensasi unik dan berbeda. Biasanya rendang pakis disajikan pada saat acara adat yang diadakan oleh masyarakat setempat. Salah satu daerah yang selalu menyajikannya adalah di Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

 

Itulah beberapa varian rendang selain rendang sapi atau kerbau. Sebagai makanan khas Sumatera, rendang bisa dapat dengan mudah kamu temukan di rumah makan Padang. Nah, mau nyobain rasa rendang yang enak? PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi restoran Padang terenak yang wajib kamu cobain. Cek daftarnya di bawah ini!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

RM Indah Jaya Minang

Foto RM Indah Jaya Minang
Foto RM Indah Jaya Minang
Foto RM Indah Jaya Minang

RM Pangeran Khas Minang

Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?