Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Risol Ini Sangat Populer di Indonesia

List Artikel
28 November 2023 | 0 Komentar

Risoles merupakan salah satu camilan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Risoles sebenarnya sudah ada sejak abad ke-13 dan termasuk kuliner asal Perancis. Meski asalnya dari Perancis, tapi risol dikenalkan oleh kolonial Belanda yang pada masa itu menjajah Indonesia. Dari sinilah risol mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jadi kuliner ini termasuk dalam jajanan adaptasi dari kuliner barat yang rasanya sudah disesuaikan dengan selera dan lidah masyarakat lokal. Risol memiliki ciri khas bentuk yang lonjong dengan tekstur garing pada bagian luar dan lembut pada bagian dalamnya. Biasanya jajanan ini akan dijumpai pada snack box. Risoles biasanya disantap dengan saus sambal cocolan atau hanya dengan cabai rawit saja. Tapi tahukah Teman Kuliner kalau ternyata ada banyak varian risol yang ada di Indonesia, di bawah ini ada lima yang paling populer, apa saja? Yuk, kita bahas bersama-sama!

 

1. Risoles Sayur



Sumber: Detik.net.id


Untuk varian risol yang pertama adalah risoles sayur. Varian yang pertama ini paling sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan, mulai dari pasar tradisional hingga toko kue modern. Risoles sayur dibuat dengan menggunakan isian sayur-sayuran yang sebelumnya sudah ditumis dengan beragam bumbu sehingga rasanya menjadi lebih enak dan gurih. Biasanya sayuran yang digunakan adalah wortel, buncis, kentang, dan sebagainya. Risoles sayur ini harganya terbilang cukup murah dan terjangkau. Setelah dibungkus dengan kulit risol, adonan akan dibalur dengan telur dan tepung panir.

 

2. Risoles Ragout



Sumber: Pinimg.com


Variasi kedua adalah risoles ragout yang juga tak kalah difavoritkan. Risoles ragout ini sebenarnya mirip dengan risol sayur karena isiannya ada wortel dan kenyang yang juga ada pada isian sayur. Hanya saja pada risoles ragout terkadang diberi tambahan suwiran ayam, daging cincang, hingga sosis. Ciri khas dari isian ragout adalah setelah bumbu dan semua bahan ditumis hingga matang, ada campuran ragout yang dibuat dari campuran tepung dan air sehingga menghasilkan tekstur yang agak kental. Dengan memberikan ragout, maka tekstur dari isian risol akan menjadi lebih creamy.


3. Risoles Bihun



Sumber: Istockphoto.com


Selanjutnya ada risoles bihun yang juga sering disantap oleh masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Risoles bihun ini berbeda dari beberapa varian risoles lainnya karena tidak dibalur dengan tepung panir atau panko. Jadi setelah bihun yang sudah dibumbui dibungkus dengan kulit risol, maka risol akan langsung digoreng hingga garing. Risoles bihun ini tidak hanya bisa disantap begitu saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagai topping pada beragam makanan khas Indonesia seperti soto mie.


4. American Risoles



Sumber: pergikuliner.com


American risoles merupakan varian risol yang muncul di tahun 2000-an dan sangat populer hingga sekarang. Berbeda dengan risol-risol klasik lainnya, american risoles ini memiliki isian yang kebarat-baratan karena dibuat dari bahan dasar telur rebus, sosis, smoked beef, mayonaise, keju, saus tomat, dan saus sambal. Setelah semua isian dimasukkan dan dibungkus dengan kulit risol, maka risol akan dibalur dengan telur dan tepung panir panko sehingga tekstur luarnya menjadi lebih garing dan renya jika dibandingkan dengan risol tradisional yang menggunakan tepung panir biasa. American risoles ini harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan risoles lainnya.

 

5. Risoles Kare



Sumber: Grid.id


Varian risol yang terakhir adalah risoles kare. Risoles ini memiliki rasa yang terbilang cukup gurih dan berempah. Risoles kare biasanya berisi kentang, wortel, daging ayam giling atau daging sapi giling yang dimasak dengan bumbu kare. Dibandingkan dengan varian risol yang lainnya, untuk risol kare ini lebih sulit untuk dijumpai di pasar tradisional. Jadi Teman Kuliner bisa menjumpainya di toko kue. Tak jauh berbeda dengan american risol, untuk risoles kare bagian luarnya  dibalur dengan tepung roti panko sehingga teksturnya lebih garing.

 

Itulah beberapa varian risol yang bisa Teman Kuliner jumpai di Indonesia. Dari kelimanya, manakah risol yang paling Teman Kuliner suka? Buat Teman Kuliner yang suka menyantap aneka jajanan khas Indonesia, di bawah ini ada beberapa rekomendasi toko kue yang bisa didatangi, yuk lihat!

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

FaniFoods Snack & Cake Shop

Foto FaniFoods Snack & Cake Shop
Foto FaniFoods Snack & Cake Shop
Foto FaniFoods Snack & Cake Shop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?