Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Roti Sehat untuk Pilihan Menu Sarapan Pagi

List Artikel
30 Agustus 2020 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu alternatif untuk sarapan jika tidak ingin makan nasi. Roti memiliki kandungan karbohidrat sehingga mengenyangkan dan bisa dipadukan dengan telur, keju, alpukat, pisang, hingga selai buah atau kacang. Rata-rata orang mengonsumsi roti tawar putih untuk pilihan menu sarapan roti mereka. Alasannya bisa beragam, mulai dari mudah didapat hingga harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Tapi sayangnya, roti tawar putih punya kandungan kalori dan kadar gula yang sangat tinggi sehingga kalau dikonsumsi setiap hari tidak bagus untuk kesehatan. Sebagai gantinya, ada beberapa jenis roti sehat yang dapat kamu jadikan sebagai menu sarapanmu, yaitu:


1. Roti Gandum



Sumber: Tirto.id


Pertama ada roti gandum yang paling umum dan paling sering digunakan. Roti gandum sebenarnya adalah merupakan jenis roti tawar yang menggunakan bahan dasar biji gandum utuh sehingga lebih sehat karena kandungan seratnya jauh lebih tinggi dan kadar gulanya terbilang lebih rendah. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa roti gandum memiliki rasa yang lebih tawar jika dibandingkan dengan roti tawar biasa yang berwarna putih.


2. Rye Bread


Sumber: Kingarthurbaking.com


Rye bread adalah roti yang memiliki tampilan unik karena memiliki warna cokelat tua cenderung kehitaman dengan campuran biji wijen putih. Warna kehitaman dari rye bread ini dikarenakan roti ini dibuat dari bahan dasar gandum hitam. Oleh karena itu warnanya agak kehitaman. Tekstur dari rye bread ini terbilang renyah dan agak garing pada bagian luarnya. Meski tampilannya tifak terlalu menggugah selera, tapi roti ini  punya kandungan kalsium dan zat besi yang sangat tinggi. Ditambah lagi kandungan serat yang ada di dalamnya sehingga cocok untuk disantap sebagai menu sarapan.


3. Sourdough



Sumber: Bbci.co.uk


Selanjutnya ada sourdough yang menjadi salah satu jenis roti yang bisa dikatakan sangat populer sebagai roti sehat untuk pilihan sarapan. Hal ini dikarenakan sourdough terbuat dari bahan utama tepung gandum dan asam yang mengandung lactobacillus. Perpaduan dua bahan tersebut membuat sourdough mudah dicerna oleh tubuh dan tidak menimbulkan rasa begah setelah menyantapnya. Dengan rutin mengonsumsi sourdough, kamu bisa menjaga kesehatan usus dan membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal.


4. Flaxseed Bread



Sumber: Thewoodandspoon.com


Flexseed bread mungkin sudah sering kamu jumpai di toko roti, hanya saja namanya memang tidak terlalu familiar. Flexseed bread merupakan roti gandum dan biji flex. Biji flex ini sekilas memang mirip dengan biji wijen, hanya saja ukurannya lebih kecil. Dengan tambahan biji flex inilah yang membuat roti ini lebih bernutrisi. Jika dikonsumsi rutin saat sarapan, flexseed bread bisa menyehatkan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.


5. Roti Oat




Sumber: Hungryhobby.net


Terakhir ada roti oat yang pastinya terbuat dari oat. Roti oat juga memiliki bahan campuran tepung gandum di dalamnya sehingga roti ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggu. Roti oat mengandung beta glutan yang dapat membantu menjaga gula darah dalam tubuh. Beta glutan juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah hipertensi, serta risiko penyakit jantung. Untuk rasanya sendiri, roti oat memiliki rasa yang tawar.

 

Itulah beberapa varian roti sehat yang sangat cocok sebagai menu pilihan sarapan sehat. Terlihat lezat bukan, kelima roti sehat di atas?

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?