Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Variasi Camilan Lezat Ini Dibalut dengan Kulit Lumpia

List Artikel
6 Maret 2018 | 0 Komentar

Masyarakat Indonesia memang sangat suka sekali menyantap gorengan, apalagi di saat-saat musim hujan seperti saat ini. Gorengan seolah menjadi camilan favorit yang tak pernah absen saat kamu sedang mengobrol dan berkumpul bersama dengan teman. Harganya yang murah dan mudah didapat membuat banyak orang ketagihan makan gorengan. Di Indonesia ada banyak gorengan yang terbuat dari kulit lumpia. Ketika digoreng, tekstur kulit lumpia akan garing dan renyah sehingga banyak dikreasikan atau diolah. Kali ini PergiKuliner akan memberikan lima variasi camilan lezat yang dibalut dengan kulit lumpia, yaitu:

 

1. Piscok


Sumber: kaskus.id


Camilan yang dibalut kulit lumpia ini memang paling banyak disantap sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis. Piscok merupakan singkatan dari pisang cokelat. Jadi di dalam kulit lumpia diletakkan pisang dan cokelat meises atau cokelat blok lalu digoreng hingga matang. Jenis pisang yang digunakan biasanya adalah pisang kepok dan pisang raja. Piscok sangat enak disantap saat masih hangat karena cokelat di dalamnya masih meleleh dan menghadirkan sensasi tekstur dan cita rasa yang unik dan lezat.

 

2. Tape Kulit Lumpia


Sumber: streetwise-project.com


Selain pisang, ada juga camilan dari kulit lumpia yang di dalamnya diisi dengan tape singkong. Sebelum dibungkus dengan kulit lumpia, tape singkong dihaluskan terlebih dahulu lalu diberi gula dan vanilla. Ada juga yang menambahkan cokelat meises ke dalam adonan tape singkong sebagai pengganti gula. Sama seperti piscok, tape kulit lumpia ini juga lebih enak disantap saat masih hangat karena tekstur tape yang masih lembut.

 

3. Lumpia Semarang


Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kamu tahu, Semarang memang terkenal dengan lumpia khasnya. Lumpia Semarang sering dijadikan buah tangan karena banyak dijual di toko oleh-oleh. Lumpia Semarang terdiri dari dua jenis, yakni lumpia basah dan lumpia kering atau goreng. Dua-duanya sama-sama berisi rebung muda, dada ayam cincang, udang, telur, daun bawang, dan bawang bombay yang dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia.

 

4. Lumpia Bihun

Sumber: flickr.com


Variasi camilan yang dibalut kulit lumpia lainnya adalah lumpia bihun. Sesuai dengan namanya, lumpia bihun ini di dalamnya berisi bihun yang sudah dibumbui dengan daun bawang, bawang putih, kunyit, lada, dan garam. Lumpia bihun memiliki tekstur yang sangat garing dan renyah ketika sudah matang. Lumpia bihun biasa disantap dengan cocolan saus sambal manis atau disajikan sebagai bahan tambahan dalam soto mie.

 

5. Martabak Mini


Sumber: global.com


Terakhir ada martabak mini yang merupakan versi kecilnya martabak telur. Martabak mini merupakan variasi camilan dari kulit lumpia yang di bagian dalamnya terdapat isian telur, daun bawang, dan daging cincang layaknya martabak telur kebanyakan. Martabak mini ada juga yang diberi tambahan tahu putih yang telah dihancurkan. Camilan ini lebih sering dijumpai di pedagang jajanan tradisional saat pagi hari.

 

Enak-enak bukan variasi camilan yang dibalut dengan kulit lumpia di atas? Buat kamu yang juga kepengen nyemil, mampir dulu yuk ke tempat-tempat di bawah ini untuk beli camilan khas Indonesia!

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Pismanis

Foto Pismanis
Foto Pismanis

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Baso Goreng PIK

Foto Baso Goreng PIK
Foto Baso Goreng PIK

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?