Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Aturan Makan Seafood Agar Kolestrol Tidak Naik

List Artikel
19 April 2020 | 0 Komentar
Kamu penggemar berat seafood? Berbagai hidangan seafood seperti udang saus tiram, ikan bakar, kepiting suas padang memang punya rasa yang sangat lezat dan bisa bikin siapapun yang menyantapnya jadi kalap. Disamping itu, seafood juga mengandung omega 3 tinggj yang sangat bagus untuk kesehatan. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat menyantap seafood. Apalagi jika kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi, pastinya menyantap seafood jadi ekstra khawatir. Karena seafood dikenal mengandung banyak kolesterol sehingga tidak bagus untuk pengidap kolesterol. Oleh karena itu, kamu wajib tahu bagaimana aturan makan seafood yang tepat agar kolesterol tidak naik drastis. Simak ya!


Sumber : Pergikuliner.com

1. Pilih Restoran Seafood Yang Tepat
Banyak orang yang menggoreng seafood karena mudah untuk dilakukan dan bisa membuat rasanya lebih lezat. Sayangnya, hal ini hanya akan membuat kadar lemak jenuh dalam seafood menjadi lebih tinggi. Jika kamu mengonsumsi seafood yang digoreng, maka kadar lemak jenuh yang masuk dalam tubuh akan berlebihan sehingga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, jangan asal pilih restoran seafood bila tak ingin hal demikian terjadi. Restoran seafood yang bagus pasti tahu cara mengolah seafood dengan tepat. 

2. Batasi Porsi
Meski rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi seafood dengan kalap ya. Tetap batasi porsi asupan seafood tidak lebih dari 8 ons dalam seminggu, karena kadar kolesterolnya sudah cukup tinggi. Selain membatasi porsi makan seafood, frekuensi mengkonsumsinya juga harus dibatasi. Menurut pakar kesehatan, asupan kolesterol seseorang sebaiknya tidak melebihi 300 mg perhari. Bila total asupan kolesterol yang kamu konsumsi lebih dari jumlah tersebut, maka kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah, dan sangat berpotensi memicu penyakit jantung atau stroke.

3. Tambahkan Perasan Lemon
Kamu pasti sudah sering melihat potongan lemon di berbagai hidangan seafood bukan? Potongan lemon tersebut tentunya bukan sekedar garnish atau penghias hidangan. Selain mampu mengurangi aroma amis pada seafood, perasan jeruk lemon juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada seafood. Jadi, kalau menemukan potongan lemon dalam hidangan seafood yang dipesan jangan dijadikan garnish saja ya.

4. Nikmati Dengan Makanan Berserat
Selanjutnya jangan lupa pesan makanan berserat saat kamu menyantap hidangan seafood di restoran. Selain bisa dijadikan makanan pendamping yang mengenyangkan, makanan berserat seperti kacang-kacangan dan sayuran dapat menyeimbangkan asupan kolesterol dari seafood yang kamu santap. Jagung juga bagus untuk disantap bersamaan dengan seafood karena mengandung vitamin C yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan sebelum atau sesudah menyantap seafood.

5. Pesan Minuman Hangat
Menyantap makanan berkolesterol tinggi seperti seafood dengan minuman dingin atau es sangat tidak dianjurkan. Sebab air dingin bisa membuat proses pembuangan kolesterol dari dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal. Sebaliknya, meminum air hangat atau air biasa dapat membantu proses pencernaan makanan dan mempercepat proses pengeluaran kolesterol dari seafood yang kamu konsumsi. Maka dari itu, sebaiknya pesan minuman hangat atau air biasa saja sembari menyantap seafood.

6. Jangan Langsung Berbaring
Seusai menyantap seafood, kamu tidak disarankan untuk langsung berbaring. Karena berbaring atau bahkan tertidur seusai menyantap seafood hanya akan membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, proses pencernaan juga dapat terganggu. Kenaikan berat badan yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Tunggulah setidaknya 3 jam jika ingin berbaring seusai menyantap seafood, atau kamu bisa coba melakukan olahraga kecil seperti jalan santai akan lebih bagus.

Nah, itu dia 6 tips makan seafood agar kolestrolmu tidak naik drastis. Mulai sekarang jangan takut menyantapnya lagi ya! Kamu bisa menikmatinya di salah satu restoran seafood di bawah ini nih!

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Pesisir Seafood

Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?