Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Ayam Taliwang di Jakarta dan Tangerang yang Menggugah Selera Makan

List Artikel
29 Januari 2017 | 0 Komentar

Ayam Taliwang merupakan kuliner khas dari daerah Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kuliner ini terbuat dari bahan baku ayam yang dibumbui dengan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, gula merah, garam, tomat, dan pastinya terasi goreng. Ayam Taliwang dimasak dengan dua cara yang berbeda, yakni dibakar dengan arang dan digoreng dengan minyak kelapa asli. Ayam Taliwang yang dibakar lebih disukai karena aromanya yang lebih berasa. Ada beberapa ciri khas dari ayam Taliwang yang harus kamu ketahui. Pertama, ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda dengan daging yang terasa manis. Kedua, terasi yang digunakan dalam bumbu ayam Taliwang ini haruslah terasi Lombok yang sangat khas. Tak hanya terasi, cabai yang digunakan juga harus cabai Lombok. Ayam Taliwang disajikan bersama dengan plecing kangkung yang terbuat dari kangkung rebus yang dicampur dengan sambal tomat dan terasi.

 

Meski aslinya berasal dari daerah Sumbawa Barat, tapi ayam Taliwang lebih dikenal sebagai kuliner khas Lombok dan Bali karena banyak ditemukan di kedua daerah tersebut. Buat kamu yang ingin menyantap ayam Taliwang, kamu tak perlu jauh-jauh menyambangi daerah asalnya, karena kamu bisa menemukan enam ayam Taliwang enak di Jakarta yang pastinya menggugah selera makan kamu. Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk santap bersama ya!

 

Foto Ayam Bakar Taliwang Khas Pulau Lombok

Ayam Bakar Taliwang Khas Pulau Lombok

Kafe Tenda Pasar 8
Jl. Alam Utama, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Picture 1445346497

Bumbunya enyakkk

Ngga disangka ayam talliwang disini enak juga. Bumbunya cukup banyak dan gurih gurih pedes. Waktu itu gw makan sama temen gw yang ngga gitu bisa makan pedes, jadi mintanya yang sedang aja. Cukup ok pedesnya, pengen balik lagi minta yang pedes bangettt.

Foto Putera Lombok

Putera Lombok

Ruko Kebayoran Arcade 1
Jl. Boulevard Bintaro Raya (Bintaro Sektor 7), Bintaro, Tangerang Selatan

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Picture 1427971532

All time favorite!

Untuk makanannya, saya sangat merekomendasikan "Ayam Bakar Taliwang 1 Ekor Biasa (tidak pedas)" dan "Gurame Bakar Biasa (tidak pedas)". Ayam bakar taliwangnya empuk, bumbunya terasa dan meresap sampe ke dagingnya.

Foto RM Taliwang Bersaudara

RM Taliwang Bersaudara

Jl. Citarum No. 29, Citarum, Bandung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

Picture 1457000989

All time Fave Indo Spicy Food

Buat kalian yang suka juga sama pedes, wah mantep banget nih kalo kesini!
Ayamnya di marinated bumbu gitu terus dibakar dan rasanya enak banget banget, tapi buat kalian yang kurang suka pedes, mendingan dikurangin pedesnya. Over all, makanannya sih no comment.

Foto Bale Lombok

Bale Lombok

Kuningan City, Lantai 3
Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Picture 1455931316

Ayam bakar taliwang

Saya pesan paket ayam bakar taliwang yang isinya terdiri dari nasi putih, kangkung plecing, dan setengah ekor ayam. Untuk kangkung plecing sambal tomatnya sangat segar sekali. Untuk ukuran ayamnya cukup kecil.

Foto Bali Jimbaran

Bali Jimbaran

Jl. Muara Karang Raya No. 121, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara

Rp. 100.000 - Rp. 200.000 /orang

Picture 1453988948

Kepiting Soka FTW

Kirain ayam sama bumbunya dicampur gitu ya kaya biasa ayam taliwang, kalo ini engga, jadi bumbunya dipisah ga di gabung sama ayamnya.. tetep enak. Tempatnya disini juga cukup nyaman, pas banget buat kumpul sama keluarga, full ac & wifii.

Foto Taliwang Bali

Taliwang Bali

Emporium Pluit Mall, Lantai 4
Jl. Pluit Selatan Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Picture 1424744472

Pedes - manis enak!

Saya pesen nasi ayam bakar taliwang (komplit ada kangkung plecingnya) pertama karena di menunya itu ga ada logo cabe artinya makanannya ga pedes. Ayamnya empuk banget dan di bakarnya merata ga ada gosong-gosong kayak ayam bakar lainnya. Bumbunya juga enak banget, manis.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?