Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Cara Tepat Redakan Panik dan Gelisah Lewat Makanan dan Minuman

List Artikel
8 April 2020 | 0 Komentar

Rasa panik dan gelisah kerap kali timbul pada diri seseorang. Apalagi saat ini sedang ada pandemic Covid-19 yang sedang menyerang seluruh dunia. Covid-19 memang bisa membuat orang mudah merasa panik dan gelisah karena takut terkena virus yang menyerang saluran pernafasan ini. Rasa panik dan gelisah sebenarnya wajar saja terjadi, tapi jika dibiarkan maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan.Untuk mengatasi rasa panik dan gelisah, kamu bisa meredakannya dengan makanan dan minuman lho. Lantas apa saja yang bisa dilakukan? Cek beberapa caranya yuk!

 


Sumber : Pergikuliner.com


1. Mengurangi Asupan Gula

Cara yang pertama adalah dengan mengurangi asupan gula. Lho kok asupan gula malah dikurangi? Bukannya yang manis-manis bisa bikin hati lebih senang? Perlu kamu ketahui kalau konsumsi gula yang berlebihan ternyata bisa membuat perasaan melonjak lebih cepat dan berakibat penurunan yang lebih cepat juga. Kelebihan gula juga bisa memaksa tubuh cepat menggunakan energi. Jika seperti ini, maka tubuh akan lebih mudah lelah. Rasa lelah inilah yang bisa membuat orang cepat gelisah dan panik.

 

2. Menakar Konsumsi Kafein

Kafein memang bisa meredakan stress, tapi jika tidak ditakar dengan baik jumlah konsumsinya maka bisa berakibat pada timbulnya rasa panik dan gelisah. Kenapa ini bisa terjadi? Ketika tubuh sudah terbiasa minum kopi atau bahkan sudah mulai kecanduan, seringkali kita lupa berapa batasan kafein yang boleh masuk dalam tubuh. Jika berlebihan, maka bisa membuatmu susah tidur sehingga jam tidur pasti bisa berantakan. Kalau tidurmu tidak cukup, maka perasaanmu akan lebih sensitif dan bisa cepat panik serta gelisah.

 

3. Memperbanyak Antioksidan

Jika tubuh kurang antioksidan, maka peradangan dan stres oksidatif bisa meningkat dan dapat mengurangi fungsi otak secara maksimal. Akibatnya, dirimu akan lebih mudah sensitif dan merasa panik hanya karena hal-hal kecil. Sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung antioksidan tinggi sehingga otak dapat berfungsi baik. Beberapa makanan sumber antioksidan alami adalah buah berry, sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

 

4. Memperbanyak Asupan Vitamin B

Vitamin B memiliki kemampuan untuk mengatur metabolisme dan mengendalikan sistem saraf.

ternyata bisa meredakan rasa panik dan gelisah. Jika sistem saraf bisa dikendalikan dengan baik, maka rasa panik dan gelisah bisa diredam dengan baik. Kekurangan vitamin B6 bisa membuatmu cepat marah, depresi dan juga rasa gelisah. Sedangkan jika kekurangan vitamin B5 bisa menyebabkan darah tinggi yang memicu rasa cepat panik.

 

5. Memperbanyak Makanan Probiotik

Makanan probiotik juga dapat meredakan rasa panik dan gelisah. Pasalnya mikroorganisme alias bakteri dalam usus punya peran penting dalam membentuk rasa depresi, marah, dan gelisah. Ini dikarenakan bakteri dalam usus dapat mengirimkan sinyal pada otak atau saraf otak. Bakteri jahat bisa berakibat buruk sedangkan bakteri baik bisa membuat efek positif pada otak.

 

6. Diet Mediterania Bisa Jadi Solusi Tepat

Cara yang terakhir adalah dengan diet mediterania. Diet mediterania adalah jenis diet yang memperbanyak konsumsi protein, buah, serta sayur. Jenis protein yang disarankan adalah protein dari ikan yang kaya akan omega 3. Omega 3 ini dipercaya bisa membuat molekul dalam otak untuk mengatur suasana hati.

 

Sekarang sudah tahu kan apa saja cara yang tepat untuk meredakan panik dan gelisah dengan makanan dan minuman? Jadi, mulai sekarang, jika kamu panik atau gelisah, langsung lakukan salah satu cara di atas ya! Jika ingin langsung menyantapnya, kamu bisa mampir saja ke salah satu tempat di bawah ini!

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?