Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Fakta Tentang Mie Instan yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
7 Januari 2016 | 0 Komentar

Mie instan adalah makanan penyelamat di saat kelaparan atau dompet lagi tipis. Selain mudah dibuat oleh siapa saja serta harganya yang murah, mie instan di Indonesia sendiri memiliki banyak rasa yang enak. Sehingga makanan ini sering dianggap sebagai makanan yang relatif pokok. Tapi tahukah kamu, ternyata ada lho fakta-fakta di balik kelezatan mie instan. Apa saja ya? Yuk simak 6 fakta tentang mie instan berikut ini:


1. Mie instan sebagai penemuan terbaik

Jepang adalah negara yang menciptakan mie instan pertama kali. Fuji Research Institute pada tahun 2000 mencatat bahwa warga Jepang sangat bangga telah memperkenalkan mie instan ke seluruh dunia hingga menjadi salah satu makanan global yang mudah diterima di masyarakat.


2. Tiongkok, negara dengan permintaan mie instan terbanyak

Menurut  World Instant Noodles Association di tahun 2013, warga Tiongkok mengonsumsi 46.220 juta paket mie instan lho! Jumlah tersebut menjadikan Tiongkok sebagai negara dengan permintaan mie instan terbanyak di dunia. Sampai-sampai negara ini membentuk WINA, yaitu Asosiasi Mie Instan Dunia.


3. Air rebusan mie instan sebaiknya dibuang atau jangan?

Banyak orang yang membuang air rebusan mie instan karena menganggap di dalam air tersebut terdapat zat pengawet yang luntur saat dimasak. Sehingga, akan lebih sehat bila dikonsumsi tanpa air rebusannya. Ternyata, tindakan ini ngga bener. Menurut Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor, Prof.Dr.Hardinsyah, sebaiknya air rebusan mie instan jangan dibuang. Alasannya, terdapat beberapa vitamin di dalam terigu yang larut ke dalam air ketika sedang dimasak. Sedangkan untuk mie instan goreng air rebusannya memang harus dibuang. Vitamin yang hilang dalam air rebusan tersebut akan digantikan di dalam bumbunya.


4. Pewarna pada mie

Banyak yang beranggapan kalau warna kuning air rebusan mie instan merupakan kandungan lilin berbahaya yang luntur saat dimasak. Faktanya, lilin yang memang terkandung pada mie instan merupakan senyawa Inert yang memang berfungsi melindungi makanan agar ngga cepat basah atau membusuk. Sedangkan warna kuning sendiri berasal dari zat pewarna Tatrazine (CH940) yang merupakan senyawa pigmen food grade yang aman oleh dunia internasional.


Tahukah kamu, ternyata proses pengeringan mie instan dilakukan dengan dua cara, yaitu penggorengan dengan minyak (Deep Frying) dan udara panas (Air Drying) menggunakan suhu 140°-160°C di mana tak ada mikroba yang bisa hidup sehingga kadar air mampu turun sampai 3% dan menghambat pembusukan sehingga aman untuk dikonsumsi.


5. Museum mie instan

Cup Noodles Museum merupakan satu-satunya museum mie instan dalam cup yang ada di dunia. Museum tersebut terletak di Yokohama, Jepang. Tujuan dibuatnya museum tersebut adalah untuk mengenang pemikiran dan karya Momofuku Ando. Di sana, kamu dapat melihat sejarah dan perkembangan mie instan di Jepang. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat mie instan sejak tahap awal pembuatannya, lho!


6. Mie Instan untuk di Luar Angkasa

Momofuku Ando ingin produknya, mie instan dapat dibawa kemana saja. Oleh karena itu, pada tahun 2005 ia membuat 'Space Ramen', yaitu ramen yang dikemas dengan bentuk mie yang lebih kecil daripada umumnya. Mie spesial ini dibuat untuk seorang astronot asal Jepang bernama Soichi Noguchi.


Ranah Kopi Kafe & Resto

Foto Ranah Kopi Kafe & Resto

Waroeng Mee

Foto Waroeng Mee

Ropang Plus Plus

Foto Ropang Plus Plus

Kedai Back To Normal

Foto Kedai Back To Normal

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?