Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Fakta Unik Seputar Bakwan Goreng, Banyak yang Belum Tahu Nih!

List Artikel
4 Juni 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner pasti sudah tidak asing dengan bakwan goreng. Bakwan goreng merupakan salah satu camilan yang paling diminati di Indonesia. Selain enak dicocol dengan saus, bakwan goreng juga bisa dinikmati sebagai lauk, atau dijadikan camilan dan dimakan bersama dengan cabai rawit. 


Bakwan goreng dibuat dengan campuran tepung terigu dan sayur-sayuran, lalu dibumbui dengan rempah khas Indonesia seperti bawang putih, ketumbar, merica, garam dan gula pasir. Meskipun proses pembuatan bakwan tidak jauh berebeda, namun bakwan di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri loh, seperti bakwan jagung, bakwan Pontianak dan bala-bala khas Sunda. 



Sumber: Pergikuliner.com


Di balik kepopulerannya, ada beberapa fakta unik seputar bakwan yang jarang diketuahui banyak orang nih. Penasaran? Yuk kita bahas sama-sama di bawah ini!


1. Nama Bakwan Diambil dari Bahasa Tionghoa

Fakta unik seputar bakwan yang pertama adalah namanya yang berasal dari bahasa Tionghoa. Banyak yang mengira kalau bakwan merupakan makanan asli Indonesia, padahal bakwan merupakan salah satu kuliner yang awalnya berasal dari bangsa Tionghoa. Bakwan berasal dari kata "Bak" yang berarti daging, dan "Wan" yang berearti bola. Jika digabungkan bakwan merupakan berupa bola daging.


Kenapa bakwan yang kita kenal sekarang berupa sayur-sayuran bukannya daging?, karena pada saat itu penggunaan daging dalam kuliner untuk orang indonesia masih sangatlah jarang. Maka dari itu, orang Indonesia menginovasikan bakwan dengan bahan utama sayur-sayuran.


2. Bakwan Dipercaya Sudah Ada Sejak Abad ke-17

Fakta unik seputar bakwan goreng ini juga terdapat pada asal mulanya. Bakwan dipercaya sudah ada sejak abad ke-17, lebih tepatnya pada masa Dinasti Ming. Hal ini bisa diperkuat  dari cerita rakyat Tionghoa yang mengisahkan tentang seorang pria bernama Meng Bo yang ingin memberikan daging pada ibunya yang berusia renta. Ibunya yang sudah tua tersebut kesulitan untuk mengunyah daging sehingga akhirnya ia mengolah daging tersebut dengan cara menumbuk lalu memberinya bumbu.

 


Sumber: Pergikuliner.com


3. Sangat Mudah Dijumpai di Pulau Jawa

Meski bakwan goreng adalah gorengan yang bisa kita jumpai hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia, tapi pada kenyataannya bakwan goreng lebih banyak dan lebih mudah dijumpai di Pulau Jawa. Hampir di seluruh rumah makan yang ada di Jawa selalu menyediakan bakwan goreng dalam menu lauk pauk mereka. Di antara dua jenis bakwan, bakwan sayurlah yang paling sering dijumpai. Sama seperti tahu dan tempe, bakwan goreng ini sangat cocok dipadukan dengan beragam kuliner khas Jawa.

 

4. Bisa Dijadikan Camilan Juga Lauk Pauk

Menurut Teman Kuliner, bakwan goreng termasuk camilan atau lauk pauk? Dari kedua pilihan tersebut jawabannya adalah  sama saja. Bakwan goreng sama-sama bisa dijadikan sebagai camilan yang disantap dengan saus sambal atau cabai rawit dan bisa juga dijadikan sebagai lauk pauk makanan pendamping nasi putih. Rasanya yang gurih asin manis sangat cocok berpadu dengan aneka lauk pauk lainnya seperti sayur berkuah, tumisan, hingga sambal ulek. Tak heran kalau banyak orang yang suka makan nasi dengan bakwan goreng.

 


Sumber: Pergikuliner.com


5. Termasuk dalam Jenis Kue

Fakta unik seputar bakwan goreng yang satu ini pasti tidak akan kita duga. Meskipun dikatakan sebagai gorengan, tapi bakwan goreng ternyata juga masuk dalam kategori jenis kue. Kenapa bisa demikian? Jika dilihat dari bahan-bahan utama yang digunakan yakni ada campuran tepungnya, maka bakwan goreng masuk kategori kue. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bakwan goreng sering dijuluki dengan nama pancake-nya Indonesia.

 

6. Punya Nama yang Berbeda di Setiap Daerah

Fakta unik seputar bakwan goreng yang terakhir adalah dari segi julukan namanya. Nama bakwan ini sebenarnya adalah nama umum yang dikenal di Indonesia, tapi sebenarnya masing-masing daerah di Indonesia nama bakwan ini disebut dengan panggilan yang berbeda-beda. Di Lampung, bakwan disebut dengan nama weci, di Jawa Tengah disebut dengan nama pia-pia, di Jawa Barat disebut bala-bala, di Sulawesi Selatan disebut dengan nama kandoang, dan masih banyak lagi nama julukan dari bakwan goreng.


Itulah dia beberapa fakta unik seputar bakwan yang masih belum banyak diketahui orang Indonesia. Menurut Teman Kuliner, bagaimana nih?. Jadi tertarik untuk memakan bakwan? Langsung aja yuk mampir ke tempat-tempat yang menyediakan dan menjual aneka bakwan enak di bawah ini!

Bakwan Pontianak

Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restaurant Baku Sayang

Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang

Mama(m)

Foto Mama(m)
Foto Mama(m)
Foto Mama(m)

Aromanis

Foto Aromanis
Foto Aromanis
Foto Aromanis

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?