Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Fakta Unik Takoyaki yang Nama Aslinya Imut Banget

List Artikel
6 April 2020 | 0 Komentar

Kuliner Jepang di Indonesia memang tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan kamu bisa menjumpai restoran serta gerai camilan khas Jepang di Indonesia. Beberapa kuliner Jepang yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ramen, sushi, udon, katsu, okonomiyaki, serta takoyaki. Berbicara tentang takoyaki, kamu pastinya pernah mencicipi kuliner yang masuk dalam jajanan street food khas Jepang ini bukan? Takoyaki merupakan jajanan ala Jepang yang dibuat dari bahan dasar tepung, telur, dan irisan daging gurita. Nantinya adonan dipanggang dalam cetakan khusus berbentuk setengah lingkaran lalu disajikan bersama dengan katsuoboshi, mayonaise, saus sambal, dan rumput laut. Cita rasanya sangat gurih dengan tekstur yang lembut. Selain terkenal akan cita rasanya yang nagih, takoyaki ini ternyata punya beberapa fakta unik yang perlu kamu tahu, yaitu:

 


Sumber : Pergikuliner.com


1. Nama Aslinya Bukan Takoyaki

Kebanyakan dari kamu pasti menganggap kalau takoyaki adalah nama asli dari takoyaki. Padahal nama asli takoyaki adalah choboyaki. Choboyaki merupakan jajanan yang dibuat dari adonan yang sama dengan takoyaki. Hanya saja di dalamnya bukan berisi daging gurita, melainkan dari konyaku (jelly). Dari konyaku kemudian berevolusi menjadi rajioyaki. Dari rajioyaki inilah yang kemudian berevolusi menjadi takoyaki. Takoyaki sendiri berasal dari dua kata, yakni tako dan yaki. Tako artinya gurita dan yaki artinya panggang. Jadi takoyaki memiliki arti gurita yang dipanggang.

 

2. Asal Mulanya dari Adaptasi Pancake

Fakta unik selanjutnya adalah takoyaki ternyata asal mulanya dari adaptasi pancake. Jadi pada abad ke-17, ada banyak kapal dari Eropa dan Amerika yang berlabuh di Jepang. Pada saat itulah pancake mulai dikenal oleh masyarakat Jepang. Pada masa tersebut, bahan-bahan pembuatan pancake sangat sulit didapat sehingga masyarakat setempat memodifikasinya dengan bahan lokal. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya buah-buahan serta madu yang menjadi topping klasik pancake dan digantikan dengan gurita, katsuoboshi, serta rumput laut.

 

3. Bentuk Awalnya Kotak

Takoyaki ini aslinya tidak berbentuk bulat seperti bola ping pong loh. Asal bentuknya adalah kotak pipih mirip dengan bentuk lembaran pancake. Di dalamnya juga tidak ada isian apapun, tapi untuk toppingnya masih sama dengan topping klasik seperti yang kita santap saat ini yakni ada katsuoboshi dan rumput laut serta saus manis.

 

4. Pernah Jadi Makanan Darurat Saat Gempa

Pada tahun 1923, Jepang mengalami gempa yang sangat dahsyat yakni 7,9 dan 8,4 magnitudo. Setelah gempa tersebut, terjadilah krisis pangan sehingga sangat susah mendapatkan bahan pangan segar. Berhubung yang ada hanyalah tepung, maka mereka pun membuat adonan dari tepung dan memanggangnya supaya orang tidak kelaparan. Tentu saja tidak ada isian serta topping yang diberikan.

 

5. Pada Bagian Dalamnya Sering Diselipkan Tusuk Gigi

Fakta unik selanjutnya bisa dilihat dari cara penyajian yang unik. Di negara asalnya, beberapa penjual takoyaki ada yang menyelipkan tusuk gigi pada bagian dalam takoyaki. Hal ini dikarenakan takoyaki punya tekstur yang sangat lembut dan lembek sehingga saat disantap bisa mudah terjatuh. Dengan adanya tusuk gigi pada setiap porsi, maka kamu tak perlu khawatir takoyakimu terjatuh.

 

6. Ikon Kota Osaka

Fakta terakhir dari takoyaki adalah jajanan ini merupakan ikon kota Osaka yang masuk dalam wilayah kansai. Ada beberapa alasan mengapa takoyaki jadi ikon kota Osaka, salah satunya adalah karena gerai pertama dan tertuanya bisa kamu jumpai di Osaka. Jadi kalau ingin mencoba takoyaki yang autentik, kamu bisa datang ke Osaka. Satu hal uniknya lagi adalah hampir semua rumah di Osaka punya alat pemanggang takoyaki sendiri di rumah.

 

Itulah beberapa fakta unik tentang takoyaki yang wajib kamu tahu. Unik-unik bukan faktanya? Kalau kamu jadi ngiler makan takoyaki, langsung aja serbu tempat makan di bawah ini ya!

Maru Maru Ichi Takoyaki

Foto Maru Maru Ichi Takoyaki
Foto Maru Maru Ichi Takoyaki
Foto Maru Maru Ichi Takoyaki

Momokino

Foto Momokino
Foto Momokino

Takoyaki Corner

Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner

Okirobox

Foto Okirobox
Foto Okirobox
Foto Okirobox

Gindaco

Foto Gindaco
Foto Gindaco
Foto Gindaco

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?