Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Gerai Makanan Ini Ternyata Berasal dari Indonesia

List Artikel
23 Oktober 2018 | 0 Komentar

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau ada banyak gerai makanan maupun minuman dari luar negeri yang berjamur di Indonesia. Pasalnya masyarakat Indonesia termasuk golongan masyarakat yang tingkat konsumtifnya sangat tinggi. Tentu saja hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik gerai makanan asal Indonesia yang sengaja memiliki nama asing sebagai nama gerai makanan mereka. Beberapa di antara kamu mungkin tidak mengetahui kalau ternyata gerai-gerai makanan yang identik berasal dari luar negeri ini, ternyata berasal dari Indonesia lho.  

 

1. J.Co



Sumber : Pergikuliner.com


J.Co dikenal sebagai gerai donat yang memiliki banyak varian rasa serta topping. Tak hanya donat saja, J.Co juga menyajikan menu kopi, yoghurt, hingga aneka pastry. J.Co muncul pada tahun 2006 dan langsung terkenal karena memiliki konsep kafe yang enak buat nongkrong. Memang banyak orang yang mengira kalau J.Co berasal dari luar negeri. Padahal aslinya, J.Co asli berasal dari Indonesia. Pemiliknya bernama Johnny Andrean yang merupakan penata rambut terkenal asal Indonesia. J.Co tak hanya berjaya di dalam negeri saja, tapi juga negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Tiongkok.


2. Excelso



Sumber : Pergikuliner.com


Beralih ke kedai kopi alias coffee shop yang ketenarannya tak bisa kamu pungkiri lagi karena gerainya pasti ada di mall atau pusat perbelanjaan ternama. Excelso kerap kali dianggap sebagai coffee shop dari luar negeri. Tak hanya karena namanya saja, tapi juga karena desain logonya yang ala luar negeri. Padahal aslinya Excelso ini adalah coffee shop asli Indonesia dan merupakan bagian dari Kapal Api Group. Nggak nyangka kan? Excelso didirikan pada tahun 1991 di Plaza Indonesia dan saat ini gerainya sudah mencapai ratusan di seluruh Indonesia. Tak hanya menyajikan minuman kopi saja, Excelso juga menjual biji kopi pilihan dari Indonesia.


3. Sour Sally



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada gerai yoghurt yang memiliki mascot gadis kecil berponi yang menggunakan rok dengan kaos kaki belang-belang. Sekilas mascot ini memang mirip dengan boneka-boneka yang ada di Eropa sehingga tak heran jika kita mengiranya berasal dari luar negeri. Padahal Sour Sally adalah hasil karya dari Donny Pramono yang berhasil mendirikan Sour Sally pada tahun 2008. Sour Sally menghadirkan yoghurt beku alias froyo dengan beragam jenis dan topping yang bervariasi.  


4. Hoka-hoka Bento



Sumber : Pergikuliner.com


Dari namanya kita akan mengira kalau gerai makanan Jepang ini memang asli dari Jepang. Padahal Hoka-hoka Bento atau yang lebih dikenal dengan nama Hokben ini adalah gerai asal Indonesia yang didirikan oleh PT. Eka Bogainti. Menyajikan menu bento ala Jepang dengan beragam isian seperti teriyaki, yakiniku, ebi furai, tempura, katsu, dan lain sebagainya, gerai ini ternyata sudah lama lho ada. Gerai Hokben pertama kali didirikan pada tahun 1985 di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.


5. Nanny’s Pavillon



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada Nanny’s Pavillon yang tak disangka-sangka juga berasal dari negeri sendiri. Nanny’s Pavillon selalu dikira berasal dari luar negeri karena menyajikan suasana dan juga makanan ala Barat seperti pancake, wafel, sandwich, pasta, dan lain sebagainya. Nyatanya, Nanny’s Pavillon ini pertama kali didirikan di Bandung pada tahun 2009 oleh Melisa Sugianto yang merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan.


6. Richeese Factory



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada Richeese Factory yang terkenal akan sensasi ayam goreng pedasnya. Memiliki nama dari bahasa asing membuat Richeese Factory dikenal dari luar negeri. Apalagi gerai ini menyediakan berbagai macam variasi saus keju yang sangat menggoda untuk disantap bersama dengan ayam goreng pedas. Aslinya, Richeese Factory didirkan oleh PT. Richeese Kuliner Indonesia pada tahun 2011.


Itu dia enam gerai makanan yang ternyata berasal dan asli dari Indonesia. Pasti nggak menyangka kan? Nah, kira-kira kamu punya info gerai makanan asli Indonesia lainnya nggak nih, teman PergiKuliner? Kalau iya, langsung aja yuk tinggalin komen di bawah ini!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?