Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Kuliner Khas Jakarta Paling Populer

List Artikel
8 Maret 2016 | 0 Komentar

Layaknya semua daerah yang ada di Indonesia, semuanya pasti punya makanan khas yang tidak dimiliki daerah lain. Beda daerah, beda pula ragam makanannya. Oleh karena itu Indonesia mendapat julukan sebagai negeri yang kaya akan kulinernya. Tidak hanya Bandung, Makassar, Solo, atau Jogja yang memiliki makanan khas, Jakarta yang menyandang gelar sebagai ibukota Indonesia ini juga punya ragam makanan khas lho. Berikut ada delapan makanan khas Jakarta paling populer, yaitu:  



1. Kerak Telor



Sumber: pergikuliner.com


Kerak telor yang sudah semakin jarang kamu temui ini memang sangat populer. Makanan ini terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi atau udang kering, serta parutan kelapa yang sudah disangrai kering, bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, lada dan garam serta sedikit gula pasir sebagai pelengkapnya. Cita rasanya sangat gurih dan padat.



2. Asinan Betawi



Sumber: pergikuliner.com


Kalau makanan yang satu ini cita rasanya sudah pasti asam dan menyegarkan. Asinan terdiri dari dua jenis, yakni asinan sayuran dan buah. Asinan Betawi sangat populer di Jakarta terutama saat sedang bulan Ramadhan, kamu bisa dengan mudahnya menemukan penjaja asinan Betawi di pinggir jalan.



3. Gado-gado



Sumber: pergikuliner.com


Makanan berbumbu kacang ini sangat mudah ditemui di Jakarta. Gado-gado Jakarta terdiri dari potongan lontong, bayam, kacang panjang, kol, labu, tauge, tahu, tempe, telur ayam rebus, tak ketinggalan saus kacang serta pelengkap kerupuk dan emping melinjo.



4. Nasi Uduk



Sumber: pergikuliner.com


Jika Solo punya nasi liwet, Jakarta punya nasi uduk. Nasi uduk terbuat dari beras putih yang diaron bersama dengan santan dan juga bumbu lainnya seperti pala, kayu manis, jahe serta serai. Nasi uduk biasanya disantap sebagai menu sarapan bersama dengan menu pendamping seperti semur, ayam goreng, gorengan serta sambal kacang.



5. Soto Betawi



Sumber: pergikuliner.com


Soto Betawi yang terkenal akan rasanya yang gurih. Soto Betawi biasanya menggunakan santan encer atau susu dalam kuahnya sehingga menciptakan cita rasa gurih yang membuat kamu ketagihan.



6. Laksa



Sumber: pergikuliner.com


Laksa Betawi sangat pas disantap untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Makanan khas Jakarta ini terbuat dari ketupat, tauge, daun kemangi, kucai, telur, bihun, serta pelengkap lainnya. Laksa biasanya dijual oleh pedagang kaki lima.

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Ajag Ijig

Foto Ajag Ijig
Foto Ajag Ijig
Foto Ajag Ijig

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?