Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Macam Cuka dan Kegunaannya Dalam Masakan

List Artikel
12 Oktober 2018 | 0 Komentar
Cuka adalah salah satu pelengkap masakan yang wajib ada di dapur. Rasa asam yang diperoleh dari cuka ini sangat penting demi menjaga keseimbangan rasa dalam beberapa makanan tertentu. Terdapat begitu banyak jenis cuka berdasarkan bahan utama yang dipakai, dan seringkali ini membuat kita bingung mana cuka yang tepat untuk digunakan dalam memasak. Cuka yang sering kita temui di jajaran botol pun punya beraneka macam aroma, dari cuka yang beraroma rempah, buah-buahan, hingga biji-bijian. Nah, daripada bingung memilih jenis cuka yang baik, ada perlunya kita memperhatikan jenis - jenis cuka berikut beserta kegunaannya biar nggak lagi salah beli. Simak daftar berikut ini ya!

1. Cuka Apel


Sumber : Womantalk.com

Cuka apel atau yang biasa disebut Apple Cider Vinegar memiliki cita rasa yang halus. Jenis cuka ini dibuat dari sari apel, atau bisa juga dari ampas jus apel. Warnanya kekuningan hingga kecoklatan, memiliki rasa yang manis, kecut, dan segar. Cuka ini cocok digunakan sebagai dressing salad, bumbu marinasi, dan membuat chutney.

2. Cuka Anggur


Sumber : Manfaat.co.id

Biasanya terbagi menjadi dua yakitu cuka anggur merah dan cuka anggur putih. Keduanya ini biasanya digunakan untuk hidangan masakan Eropa. Cuka anggur merah umumnya digunakan saat memasak daging sapi dan babi, sedangkan cuka anggur putih lebih sering digunakan untuk memasak daging ayam dan ikan.

3. Cuka Putih


Sumber : Kumalart006.blogspot.com

Ini merupakan jenis cuka yang paling umum digunakan di masakan - masakan Indonesia. Cuka ini tidak dibuat dari buah anggur, melainkan disuling dari alkohol. Memiliki tingkat keasaman sekitar 5%, sehingga jika digunakan secara berlebihan akan terasa tajam di lidah. Warnanya bening, dan biasa digunakan sebagai campuran masakan. Namun banyak ahli kuliner yang menilai jenis cuka ini kurang tepat digunakan untuk memasak.

4. Cuka Beras


Sumber : Amazon.com

Ini adalah salah satu bahan masakan utama yang digunakan oleh masyarakat Asia, seperti di Cina, Jepang, Korea, hingga Vietnam. Cuka ini menyehatkan, dan menggunakan asam asetat yang rendah sehingga memberikan rasa asam yang sempurna pada salad, dan beberapa masakan lainnya.

5. Cuka Balsamik


Sumber : Detik.com

Rasa cuka ini merupakan kombinasi antara manis dan asam. Oleh karena itu jenis cuka ini cocok ditambahkan pada makanan savory atau asin seperti hidangan dengan keju kambing dan parmesan hingga hidangan manis yang mengandung buah-buahan. Selain itu juga cocok untuk menu salad dan tumisan.

6. Cuka Kelapa


Sumber : Channelkesehatan.com

Cuka kelapa mirip dengan hasil fermentasi lainnya seperti sari apel dan balsamic vinegars (cuka balsamic) dan digunakan di beberapa daerah seperti di India. Cuka ini umumnya memiliki karakteristik rasa yang tajam, kuat, dengan sedikit ragi. Cuka jenis ini biasanya digunakan sebagai tambahan bumbu dan saus untuk masakan Thailand.

Nah,itu dia beberapa jenis cuka yang ada di pasaran, pastikan kamu nggak salah pilih  dalam memasukkan cuka ke dalam masakanmu ya. Berikut ini ada rekomendasi restoran yang beberapa menu-nya menggunakan cuka tersebut, ada masakan Thailand, Chinese, Western, dan khas Indonesia lho. Kamu harus coba ya!

Santhai

Foto Santhai
Foto Santhai
Foto Santhai

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?