Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Berkuah Terpopuler di Indonesia yang Bikin Lupa Diri

List Artikel
22 Desember 2017 | 0 Komentar

Indonesia memiliki berbagai macam makanan nusantara yang begitu menggiurkan. Hal ini tentu tak terlepas dari penggunaan bumbu dan teknik memasak yang dilakukan. Kalau soal bumbu pasti sudah pada tahu dong, rahasianya terletak pada bumbu rempah-rempahnya. Sementara, teknik memasaknya sendiri ada yang dengan cara digoreng, ditumis, ataupun direbus. Biasanya yang direbus inilah yang identik dengan makanan berkuah. Aneka makanan berkuah dari berbagai daerah ternyata banyak yang membuat ngiler lho. Seperti diantara makanan berkuah berikut ini, yang tidak hanya lezat namun juga sangat populer di Indonesia. Yuk Simak!


1. Bakso




sumber : pergikuliner.com


Merupakan makanan berkuah yang di dalamnya terdapat bola-bola daging yang dicampur tetelan, sawi, mie kuning atau bihun, dan sambal. Duh siapa sih yang bisa menolaknya? Seporsi bakso biasanya hanya dihargai sekitar Rp. 10.000,-  hingga Rp. 20.000,- an saja. Menjumpai makanan ini juga sangat mudah. Mulai dari penjual bakso gerobakan sampai bakso sekelas restoran tentunya mudah ditemui di sekitarmu. Pantas saja jika namanya begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia.


2. Soto




sumber : pergikuliner.com


Dengan kuah berwarna kuningnya itu, soto menjadi makanan favorit di berbagai tempat. Soto sendiri sudah dikenal sebagai makanan tradisional dari berbagai daerah, karena hampir di setiap daerah memiliki makanan soto khas masing-masing. Untuk mengetahui ciri khas soto dari setiap daerah biasanya menggunakan nama kota atau daerah pada nama sotonya, seperti soto lamongan, soto madura, soto kudus, soto betawi, soto mie bogor, dan lain-lain.


3. Rawon



Sumber : pergikuliner.com


Berkuah hitam, rawon begitu nikmat disantap dengan nasi hangat. Rawon merupakan makanan berkuah khas Jawa Timur berupa sup dengan kuah hitam yang dicampur potongan daging sapi berbentuk dadu segi empat. Salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk membuat rawon adalah kepayang atau kluwek. Biasanya rawon disajikan bersama kecambah pendek dan sambal goreng yang pedas manis. Beberapa jenis lauk seperti telur asin, paru, atau perkedel yang ditambahkan sebagai pendamping untuk menyantapnya.


4. Gulai


sumber : pergikuliner.com


Memang susah menolak kenikmatan masakan bersantan, seperti gulai. Masakan berkuah kemerahan dan kental ini sebenarnya berasal dari Minangkabau, namun pada akhirnya populer juga di Pulau Jawa. Berbagai bahan daging seperti ayam, ikan, sapi ataupun kambing bisa diolah menjadi gulai. Kalau ditelusuri dari sejarahnya, Gulai ini merupakan makanan yang sedikit banyak dipengaruhi oleh Kari India. Maka tak heran, kalau jenis bumbu yang digunakan dan rasa yang dihasilkan pun juga hampir sama.


5. Lontong Sayur


sumber : pergikuliner.com


Ketupat atau lontong sayur adalah makanan berkuah santan yang sering dijumpai, baik di pedagang kaki lima maupun di restoran. Jika kamu rutin sarapan pagi, kamu pasti pernah menyantap sarapan dengan menu ini. Rasanya yang nikmat dan pas disajikan di pagi hari karena lontong sayur termasuk juga makanan yang berat. Banyaknya lontong dapat disesuaikan dengan seleramu. Namun, lontong sayur juga enak dinikmati di siang atau malam hari.


6. Sop Buntut



sumber : pergikuliner.com


Siapa yang sudah pernah mencoba sop buntut? Makanan ini berbahan dasar buntut sapi yang disajikan bersama kuah bening yang rasanya segar dan enak. Keunikan dari sop buntut ini terdapat pada kuahnya yang bening namun kaya akan rempah-rempah. Tidak hanya enak, sop buntut juga termasuk makanan yang sehat. Hal ini dikarenakan sapi memang punya banyak nutrisi, serta penambahan sayur-sayuran yang ada di dalam kuah sopnya juga menambah nilai gizi dari sop buntut ini.


Nah! Dari keenam makanan berkuah terpopuer di Indonesia tadi, mana nih yang paling kamu sukai teman PergiKuliner? Dan kalau kamu berencana mencari makanan berkuah untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin ada baiknya kamu kunjungi tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Bakso Boedjangan

Foto Bakso Boedjangan
Foto Bakso Boedjangan
Foto Bakso Boedjangan

Soto Betawi H. Husein

Foto Soto Betawi H. Husein
Foto Soto Betawi H. Husein
Foto Soto Betawi H. Husein

Le Gule

Foto Le Gule
Foto Le Gule
Foto Le Gule

Ketupat Sayur CNI

Foto Ketupat Sayur CNI
Foto Ketupat Sayur CNI
Foto Ketupat Sayur CNI

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?