Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Ini Bisa Mempercepat Proses Penyembuhan Luka lho!

List Artikel
28 Oktober 2018 | 0 Komentar
Seseorang sangatlah mungkin mendapatkan luka dalam kesehariannya, baik itu karena benturan benda keras, ataupun benda tajam yang menyebabkan terjadinya luka di bagian tertentu. Namun, tahukah kamu bahwa luka di kulit bisa disembuhkan nggak hanya dengan obat, tetapi bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Berikut ini adalah makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka, simak yuk!

1. Daging Merah

Sumber : PergiKuliner.com

Tubuh kita tidak bisa memproduksi protein dan kolagen tanpa bantuan zinc alias seng. Selain seng, zat besi juga mineral yang berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah. Salah satu penyebab luka infeksi paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Makanan kaya protein adalah sumber seng dan besi yang baik. Kedua mineral tersebut bisa ditemukan dalam biji-bijian.

2. Putih Telur


Sumber : Kumparan.com

Asam amino jadi senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membentuk jaringan yang rusak. Salah satu sumber asam amino yang baik untuk dikonsumsi adalah putih telur. Kandungan gizi dalam putih telur bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Nggak hanya bagus untuk merangsang pertumbuhan otak untuk anak-anak saja, tapi kandungan protein yang terdapat pada telur juga berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Protein pada telur juga akan melawan kuman dan bakteri yang mungkin datang selama proses penyembuhan luka. Sehingga luka tetap terjaga dari serangan berbagai macam bakteri.

3. Semangka


Sumber : Hellosehat.com

Kinerja DNA yang baik akan mempercepat proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh manusia, termasuk sel-sel kulit yang rusak akibat cedera yang terjadi. Dengan bantuan senyawa inositol, kerja DNA pun akan semakin bagus lagi. Senyawa inositol bisa Anda dapatkan di buah semangka yang sangat lezat dan segar. Semakin banyak potongan semangka yang dikonsumsi, semakin banyak senyawa inositol yang didapat, sehingga semakin cepat pula proses penyembuhan luka.

4. Seafood


Sumber : PergiKuliner.com

Seafood memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh terutama dalam memproduksi kolagen. Zinc berperan memaksimalkan fungsi imun dan enzim untuk memilah sumber protein dan mengubahnya menjadi asam amino yang bagus untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otot.

5. Dark Chocolate


Sumber : PergiKuliner.com

Sesuai dengan hasil beberapa peneliti, dark chocolate dikatakan dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini berdampak pada kemampuan tubuh mendistribusikan oksigen, vitamin, dan nutrisi lainnya ke jaringan-jaringan, terutama bagian yang terluka. Kandungan antioksidan dalam dark chocholate juga bermanfaat bagi kesehatan kulit serta mencegah infeksi pada luka.

6. Buah Lemon


Sumber : Woolworths.com.au

Buah lemon memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sehingga buah ini banyak digunakan untuk merawat kulit supaya lebih bersih. Selain itu, vitamin C mengandung jaringan ikat dan mendukung produksi kolagen sehingga bagus untuk mempercepat proses penggantian lapisan kulit baru akibat luka sayatan atau luka robek.

Itu dia tujuh makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka kamu. Sekarang kamu sudah tahu kan? Jangan lupa cek beberapa referensi tempat makan di bawah ini juga ya!

The Holy Crab

Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

House Of Omurice

Foto House Of Omurice
Foto House Of Omurice
Foto House Of Omurice

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?