Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Khas Solo yang Sayang untuk Dilewatkan Begitu Saja

List Artikel
14 Desember 2016 | 0 Komentar
Siapa tak kenal kota Solo? Kota yang dilalui oleh Sungai Bengawan Solo ini memang terkenal dari beberapa segi, mulai dari kuliner hingga budayanya. Jika kamu sedang berkunjung ke Solo, kamu wajib mencicip aneka makanan khasnya. Tak sedikit wisatawan yang telah mencicip makanan khas Solo yang menjadi ketagihan. Cita rasa dari masakan Solo didominasi oleh rasa gurih dan cenderung bersantan. Jika dalam waktu dekat berencana ke Solo, ada baiknya kamu menyimak ulasan berikut ini:


1. Nasi Liwet


Sumber: pergikuliner.com

Setelah menyebutkan makanan khas Solo, yang pertama kali terlintas adalah nasi liwet. Nasi yang unik ini jelas mencerminkan kota asalnya. Nasi yang dimasak dengan kaldu ayam membuatnya terasa gurih dan enak. Nasi liwet tidak lengkap jika tidak disajikan dengan sayur labu siam yang dimasak dengan santan, tak ketinggalan juga telur pindang rebus, daging ayam suwir, dan juga areh atau santan yang dikentalkan membuat makanan ini istimewa dan layak untuk kamu coba ketika berkunjung ke Solo.


2. Timlo


Sumber: kuliner83.com

Dengan menyebut kata timlo, pasti yang terlintas adalah salah satu nama band yang menghiasi layar kacamu. Siapa kira, bahwa timlo merupakan makanan khas dari Solo. Sepintas makanan ini memang mirip dengan soto yang memiliki kuah bening. Sebagai pelengkapnya, timlo ditemani oleh sosis ayam, ayam pindang, dan juga jeroan ayam yang membuatnya makin lezat. Penyajiannya pun ada dua macam, dengan dicampur nasi ataupu dipisah layaknya soto kebanyakan.


3. Sate Kere


Sumber: surakarta.go.id

Zaman dulu, sate merupakan salah satu makanan yang berharga tinggi dan hanya bisa dikonsumsi oleh masyarakat dengan ekonomi kelas atas. Dinamakan kere karena sate ini terbuat dari tempe gembus dan jeroan sapi yang berharga lebih murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan termasuk masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Sate kere di Solo sangat dan merupakan makanan yang wajib dicoba ketika kamu berkunjung ke Solo.


4. Cabuk Rambak


Sumber: kerupuk.id

Untuk kamu penggemar kerupuk, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kerupuk rambak. Cabuk rambak, makanan khas Solo ini memang menggunakan bahan utama kerupuk rambak dan ketupat yang disiram dengan saus kacang. Gurihnya cabuk rambak menjadikan makanan ini salah satu camilan favorit warga Solo. Ciri khas dari cabuk rambak yaitu penggunaan daun pisang sebagai alas makannya. Penjual cabuk rambak biasanya dapat dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan atau sekitar Stadion Manahan Solo.


5. Selat Solo


Sumber: pergikuliner.com

Sekilas, makanan khas Solo yang satu ini mirip dengan steak. Selat Solo memang merupakan makanan yang diadaptasi dari steak. Sepiring selat Solo tampak cantik karena warna-warni sayuran seperti wortel, buncis, kentang, dan daun salada. Selain enak, selat Solo kaya akan serat karena mengandung cukup banyak sayur. Rasanya yang cenderung manis, cocok untuk kamu yang tidak menyukai pedas.


6. Serabi


Sumber: ncc-indonesia.com

Siapa yang tidak tahu serabi khas Solo? Serabi merupakan salah satu camilan yang sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Solo. Serabi Solo dikenal dengan rasanya yang gurih karena menggunakan santan sebagai salah satu bahan pembuatnya. Selain disantap langsung, beberapa pilihan rasa serabi bisa kamu pilih seperti serabi keju, nangka, cokelat, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Makin penasaran bukan dengan kota Solo serta makanan khasnya? Kelak, jika ada kesempatan untuk mengunjungi kota ini, kamu wajib untuk mencicipi makanan-makanan khas kota Solo seperti di atas. Sambil menikmati makanannya, kamu juga bisa lho, belajar mengenai kebudayaan Solo yang menarik.

Waroeng Setiabudhi

Foto Waroeng Setiabudhi
Foto Waroeng Setiabudhi

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Karai Canteen

Foto Karai Canteen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?