Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Sehat Untuk Penambah Daya Ingat

List Artikel
19 Juli 2017 | 0 Komentar

Daya ingat otak setiap manusia tergantung pada apa yang mereka konsumsi sehari-harinya. Karena otak merupakan mesin pengingat alami yang membutuhkan nutrisi sama seperti bagian tubuh lain. Agar kesehatan dan kecerdasan otak tetap terjaga maka dibutuhkan sejumlah nutrisi yang cukup pula. Ada beberapa makanan kaya nutrisi yang disebut juga dengan brain food. Makanan-makanan ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Supaya pemahaman kamu lebih jelas tentang makanan penambah daya ingat ini. Sebaiknya baca yang berikut ini saja yuk!


1. Salmon


sumber : pergikuliner.com


Ikan yang biasa dijadikan sebagai sashimi ini diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Beberapa penelitian akhir-akhir ini menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi ikan salmon memperoleh daya ingatan yang cukup tajam dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.


2. Roti Gandum



sumber: manfaatbanget.com


Otak membutuhkan persediaan glukosa yang cukup dan konstan dari tubuh. Salah satu makanan yang dapat mendukung kebutuhan nutrisi tersebut ialah roti gandum. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Roti gandum diketahui juga mengandung vitamin B yang berguna untuk memelihara kesehatan sistem saraf.


3. Oatmeal


sumber : pergikuliner.com


Oatmeal merupakan sejenis sereal yang kaya akan sumber nutrisi penting bagi otak. Diketahui serat yang terdapat pada makanan ini memiliki peran penting dalam menjaga otak kita agar terpenuhi kebutuhannya sepanjang hari. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi setiap orang terutama anak-anak untuk mengkonsumsi oatmeal saat sarapan. Hal ini bertujuan untuk memberikan energi pada otak yang sangat diperlukan sebelum mengawali aktivitas di pagi hari.


4. Buah Berry



sumber: archivo.unionjalisco.mx


Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan buah berry seperti stroberry, blackberry, raspberry, dan blueberry. Buah-buahan tersebut banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang terkandung dalam biji dari buah berry. Sama halnya dengan salmon, asam lemak omega 3 ini dapat berfungsi untuk membantu perbaikan daya ingat seseorang.


5. Daging Sapi Tanpa Lemak



sumber: alodokter.com


Hampir setiap orang pasti suka mengkonsumsi daging sapi. Tetapi siapa yang menyangka jika daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik dari kandungan zat besi dan seng. Zat besi dipercaya bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi, sementara seng sendiri bermanfaat untuk menjaga daya ingat seseorang terutama anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.


6. Susu dan Yoghurt



sumber: id.theasianparent.com


Di dalam makanan-makanan dari produk susu terkandung sejumlah nutrisi yakni vitamin B dan protein yang tinggi. Tentu saja jika dikonsumsi secara rutin dan bijak, kedua makanan ini bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk membantu pertumbuhan jaringan otak dan enzim. Selain mengenyangkan, protein dalam susu dan yoghurt juga bisa menjadi sumber energi yang bagus untuk otak.


Itu dia keenam makanan yang bisa menambah daya ingat buat kamu yang pelupa. Tertarik untuk mulai mengkonsumsi makanan seperti di atas? Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Bing Go

Foto Bing Go
Foto Bing Go

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?