Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan yang Bisa Melawan Efek Rokok

List Artikel
12 Juni 2017 | 0 Komentar

Fakta bahwa rokok dapat merugikan kesehatan memang tak bisa dibantahkan lagi. Tapi bagi seorang perokok berat rasanya sangat mustahil untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini. Kandungan berbagai zat negatif yang ada pada rokok bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung paru-paru, dan lain sebagainya. Baik perokok aktif maupun perokok pasif haruslah bisa melawan efek buruk dari rokok ini. PergiKuliner punya enam kuliner yang bisa melawan efek rokok. Mari kita lihat ada kuliner enak apa saja ya?

 

1. Wortel



Sumber: leanlivinggirl.com


Baik itu perokok aktif maupun perokok pasif pasti akan terkena dampak nikotin yang terhisap dari udara. Nikotin tersebut akan bersembunyi dalam tubuh selama kurang lebih tiga hari sehingga menyebabkan kulit menjadi terlihat kuyu, terutama para perokok aktif. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi wortel yang mengandung vitamin A, C, K, dan B. Nutrisi-nutrisi ini akan membuat kulit kamu menjadi lebih cerah.

 

2. Brokoli



Sumber: pergikuliner.com


Si hijau yang satu ini memang kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bagus untuk menangkal efek buruk rokok. Kandungan sulforaphan pada brokoli mampu menetralkan bahkan menghilangkan karsinogenik atau zat yang menyebabkan kanker paru-paru. Brokoli akan lebih bernutrisi jika disantap dalam keadaan setengah matang karena nutrisinya masih terjaga.

 

3. Bayam



Sumber: pergikuliner.com


Bayam yang berwarna hijau ini memiliki kandungan asam folat yang kaya sehingga mampu membersihkan kadar nikotin dalam tubuh. Bayam juga mengandung vitamin A, C, E, D, dan B yang bisa menjaga kekebalan tubuh sehingga jika ada racun yang masuk seperti nikotin, tubuh kamu bisa melawannya. Bayam juga bisa memerangi sel kanker. Kamu bisa menyantap bayam yang ditumis bersama dengan bawang putih.

 

4. Kiwi



Sumber: pergikuliner.com


Tak suka sayur-sayuran, kamu bisa menyantap buah kiwi yang kaya akan kandungan vitamin E yang sangat berguna sebagai antioksidan. Kiwi juga bisa menjaga agar jantung kamu tetap sehat. Seperti yang kamu tahu kalau kandungan nikotin bisa melemahkan fungsi jantung. Jadi, perbanyaklah konsumsi kiwi! Kamu bisa memadukan kiwi dengan yoghurt atau dijadikan campuran smoothies bowl.

 

5. Jeruk



Sumber: pergikuliner.com


Jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur, jeruk bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa melawan kandungan nikotin yang ada dalam tubuh. Kamu bisa menyantap jeruk dalam keadaan utuh sebagai camilan atau dijadikan jus sebagai teman makan camilan.

 

6. Berries



Sumber: pergikuliner.com


Semua jenis buah berries mengandung antioksidan yang sangat tinggi seperti strawberry, blueberry, rasberry, dan lain sebagainya. Kandungan zat anthocyanosides pada buah berries mampu mengembalikan kondisi tubuh lebih sehat setelah dirusak nikotin. Jika kebanyakan buah akan kehilangan khasiatnya jika dijadikan aneka olahan, khasiat buah berries tak akan berubah, jadi kamu bisa menyantapnya dalam bentuk olahan apa saja.


Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk melawan efek rokok. Kamu bisa menemukan olahan makanan seperti di atas dengan mengunjungi beberapa tempat makan di bawah ini!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Gentle Ben

Foto Gentle Ben

Cozyfield Cafe

Foto Cozyfield Cafe

CHOCO CRO by St. Marc Cafe

Foto CHOCO CRO by St. Marc Cafe

Bale Bengong Seafood

Foto Bale Bengong Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?