Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Kuat Berpuasa

List Artikel
16 Mei 2019 | 0 Komentar
Di bulan puasa ini agar kuat menjalani puasa, perkara asupan makanan jadi hal penting yang harus diperhatikan. Khususnya saat sahur dan berbuka, makanan yang disantap haruslah kaya akan gizi dan bernutrisi. Kira-kira bahan makanan apa aja nih yang sebaiknya kamu pilih? Saat bulan puasa, sebaiknya jangan semata-mata ingin makan enak saja ya. Kamu harus perhatikan juga bahan-bahan makanan yang kamu pilih. Pastikan bahwa makanan tersebut dapat membuat tubuh bugar dan lebih kuat menjalani puasa. Lalu apa saja sih yang sebaiknya kamu konsumsi? Yuk, simak dulu!

1. Daging Putih

Sumber : Pergikuliner.com

Saat sahur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis daging putih sebagai sumber protein tubuh. Hal ini dikarenakan daging putih akan lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada daging merah. Daging putih ini dapat berupa daging ikan maupun ayam yang diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti ditumis atau dikukus.

2. Roti Gandum


Sumber : Alodokter.com

Bahan bakar utama tubuh agar tetap bisa beraktivitas adalah karbohidrat. Namun bukan sembarang karbohidrat, bahan makanan dengan karbohidrat komplekslah yang menjaga tubuh agar tidak cepat lapar. Maka, salah satu yang sebaiknya kamu konsumsi saat sahur adalah gandum utuh yang biasanya diolah menjadi berbagai jenis roti.

3. Sayuran

Sumber : Aceh.tribunnews.com

Sayur-sayuran adalah bahan makanan yang wajib dikonsumsi saat bulan puasa. Khususnya saat sahur, sayuran yang kaya akan protein ini akan menjaga pencernaan tubuh agar tetap sehat. Wortel, buncis, kacang panjang dan terong jadi beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan.

4. Keju

Sumber : Doktersehat.com

Bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur adalah keju. Hal ini disebabkan karena keju memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, keju akan membuat tubuh lebih kuat saat menjalani puasa. Keju juga dapat diolah menjadi aneka masakan seperti kue, pasta, atau puding yang nikmat disantap saat sahur.

5. Susu


Sumber : Inspiradata.com

Selain keju, sumber nutrisi dengan kandungan kalsium tinggi yang baik dikonsumsi adalah susu. Bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi saat sahur karena membuat tubuh jadi lebih berenergi. Bagi kamu yang kurang suka minum susu dapat juga menggantinya dengan yogurt yang memiliki kandungan gizi yang sama.

6. Buah-Buahan


Sumber : Educenter.id

Menyantap buah-buahan jadi salah satu yang wajib dilakukan ketika berpuasa, terlebih saat sahur. Buah sangat baik jika disantap tepat 15 menit sebelum makan. Buah-buahan dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi akan menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Itu dia keenam makanan yang harus dikonsumsi agar kuat menjalani puasa ya. Meski berpuasa, tubuh kamu harus tetap dipenuhi kandungan gizi dan nutrisi ya. Nah, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat di bawah ini ya agar nutrisi kamu selama puasa tetap terjaga!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Honey Lane

Foto Honey Lane
Foto Honey Lane
Foto Honey Lane

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?