Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

List Artikel
24 Maret 2021 | 0 Komentar

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang keberadaannya di Indonesia sangat populer. Kangkung memiliki tekstur yang renyah jika dimasak dengan cara yang tepat. Selain itu, kangkung juga bisa dikreasikan menjadi beragam kuliner lezat yang cocok disantap dengan nasi putih hangat. Beberapa olahan kangkung yang populer di Indonesia adalah tumis kangkung, kangkung balacan, plecing, kangkung, kangkung tumis oncom, hingga sayur kangkung bening. Selain itu, kangkung memiliki banyak sekali kandungan gizi di dalamnya. Mulai dari vitamin A, C, kalsium, zat besi, selenium, zinc, dan masih banyak lagi. Dengan beragamnya kandungan gizi di dalam kangkung, maka tak heran kalau sayuran hijau ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatanmu. 


Banyak penelitian yang membuktikan kalau kangkung ini sangat bagus dikonsumsi secara rutin karena mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute dan Journal of Pharmacy Research, ada beberapa manfaat menyantap kangkung yang perlu teman kuliner ketahui!

 


Sumber: Pergikuliner.com


1. Mencegah Anemia

Manfaat dari menyantap kangkung yang pertama adalah bisa mencegah terjadinya anemia pada tubuh. Kangkung mengandung zat besi dan kalsium yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan kondisi tubuh yang berkaitan dengan kekurangan sel darah merah. Anemia ini ditandai dengan gejala mudah lemas, lelah, pandnagan kabur, pusing, dan lain sebagainya. Dalam 100 gram kangkung terdapat sekitar 2,5 mg kandungan zat besi di dalamnya.


2. Memelihara Kesehatan Mata

Segudang manfaat menyantap kangkung juga bisa kamu rasakan bagi kesehatan mata karena kangkung ini ternyata bisa mencegah terjadinya penyakit katarak. Hal ini dikarenakan dalam kangkung terdapat kandungan karotenoid, luten, serta vitamin A yang sangat tinggi sehingga berguna bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada kangkung bahkan melebihi kandungan vitamin A pada bayam.  


3. Menjaga Fungsi Hati

Salah satu manfaat menyantap kangkung bagi kesehatan tubuh adalah dapat menjaga fungsi hati. Seperti yang kita ketahui, hati merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menetralkan serta melawan racun yang ada pada tubuh. Selain itu, kangkung juga mampu mengurangi enzim yang meningkatkan produksi thioacetamide. Thioacetamide ini merupakan salah satu enzim yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam kangkung juga dapat mengobati luka hati maupun kematian sel dalam tubuh akibat keracunan.



Sumber: Pergikuliner.com 


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya dari menyantap kangkung adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dalam kangkung terdapat kandungan vitamin A dan C, betakaroten, serta antioksidan. Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk mencegah penyumbatan arteri jantung karena adanya kolesterol yang teroksidasi akibat paparan radikal bebas. Selain kandungan tersebut, ada kandungan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit jantung.

 

5. Mencegah Insomnia

Tahukah kamu kalau ternyata kangkung ini bisa mencegah insomnia. Kita sudah sering mendengar kalau setelah mengonsumsi kangkung, ada beberapa orang yang jadi mudah mengantuk. Kandungan selenium dan zinc yang ada pada sayuran hijau ini ternyata bisa membuat kita merasa lebih rileks sehingga mudah sekali merasa mengantuk. Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsinya di siang hari, sebaiknya jangan kebanyakan mengonsumsinya karena bisa membuatmu mudah mengantuk.

 

6. Mencegah Sariawan dan Gusi Berdarah

Sering sariawan atau mengalami gusi berdarah? Dengan rutin mengonsumsi kangkung, kamu bisa terhindar dari yang namanya sariawan serta gusi berdarah. Kangkung memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga  bisa mencegah terjadinya sariawan dan gusi berdarah. Selain itu kangkung juga bisa mengurangi tingkat keasaman dalam mulut yang kerap kali menjadi salah satu penyebab utama sariawan. Tak hanya dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah saja, manfaat menyantap kangkung juga bisa mencegah terjadinya mimisan yang kerap kali terjadi pada anak-anak.


Sayuran hijau memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya kangkung. Dalam dunia kuliner kangkung sering dimasak menjadi berbagai macam masakan, dari tumis kangkung, plecing kangkung hingga mie kangkung. Nah, buat teman kuliner yang ingin merasakan manfaat kangkung sambil menikmati kuliner olahan kangkung yang enak, langsung aja yuk datang ke tempat-tempat di bawah ini!

Mie Kangkung Berkat

Foto Mie Kangkung Berkat
Foto Mie Kangkung Berkat
Foto Mie Kangkung Berkat

Mie Kangkung Jimmy

Foto Mie Kangkung Jimmy
Foto Mie Kangkung Jimmy
Foto Mie Kangkung Jimmy

Aroma Dermaga Seafood

Foto Aroma Dermaga Seafood
Foto Aroma Dermaga Seafood
Foto Aroma Dermaga Seafood

Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung

Foto Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung
Foto Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung
Foto Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung

Warung Sunda Ceu Kokom

Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?