Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Teh Kombucha Untuk Kesehatan Tubuh

List Artikel
31 Mei 2023 | 0 Komentar

Minuman herbal belakangan ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal ini bisa jadi dikarenakan banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan, sehingga beralih ke hal-hal yang berbau herbal untuk menyehatkan tubuh seperti minuman herbal. Salah satu tren minuman herbal yang viral saat ini adalah teh kombucha. Teh ini merupakan minuman fermentasi yang kaya akan probiotik dan antioksidan.  Teh ini populer di banyak negara, dan mulai banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena manfaat teh kombucha yang beragam. Tentunya kamu semakin penasaran apa saja khasiat teh kombucha untuk kesehatan? Mari simak penjelasannya berikut ini!



Sumber: Lovefood.com


1. Memelihara Saluran Pencernaan

Teh kombucha diketahui sebagai salah satu minuman sumber probiotik yaitu Lactobacillus yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Karena kandungan probiotik yang dimilikinya bisa menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Apabila teh kobucha dikonsumsi secara rutin tentu akan membantu memelihara saluran pencernaan seperti mengurangi sembelit, mengatasi perut kembung, radang usus, hinggan sindrom iritasi usus. Dengan demikian, kesehatan saluran pencernaan dapat terjaga dengan baik hanya dengan mengonsumsi teh kombucha setiap hari.


2. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular dan Ginjal

Manfaat teh kombucha untuk kesehatan juga dipercaya bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan teh kombucha memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengubahnya menjadi kolesterol baik yang tidak berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam minuman herbal ini diketahui memiliki efek yang baik bagi berbagai penyakit lainnya. Dengan demikian, penyakit kardiovaskular dan ginjal dapat dicegah dengan mengonsumsi teh kombucha.


3. Mengurangi Peradangan

Teh kombucha sebenarnya bukanlah minuman yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Namun kandungan teh ini yang kaya akan antioksidan seperti polifenol dapat melawan peradangan. Peradangan kronis diketahui dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, radang sendi, diabetes, penyakit pernapasan dan sebagainya. Banyak orang biasanya mengonsumsi minuman herbal ini untuk mengurangi peradangan tersebut, sehingga penyakit lainnya dapat dicegah sekaligus.


4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Sistem imun yang baik menjadi tameng yang melindungi kita dari berbagai jenis virus dan bakteri penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki imunitas tubuh yang kuat sangat penting dalam mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Teh kombucha kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus COVID-19.


5. Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan semua orang, khususnya para wanita. Banyak cara dilakukan demi mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi teh kombucha yang diyakini bisa menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini dikarenakan teh kombucha memiliki kandungan kalori dan gula yang rendah, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Minuman herbal ini biasanya juga dikonsumsi sebagai minuman diet yang bisa melancarkan bab dan membersihkan lemak jahat dalam tubuh lalu membuangnya bersama feses.


6. Mencegah Depresi

Depresi dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pria dan wanita. Seseorang yang mengalami depresi biasanya akan merasakan beberapa gejala seperti insomnia hingga perubahan mood drastis. Teh kombucha diketahui memiliki manfaat yang bisa mencegah depresi. Minuman herbal ini memberikan rasa tenang dan membantu meningkatkan mood ketika seseorang mengalami depresi. Jika kamu memiliki kecemasan berlebih, konsumsi minuman ini juga sangat bagus untuk menenangkan pikiran.


Itu dia manfaat teh kombucha untuk kesehatan. Buat kamu yang penikmat teh atau minuman lainnya, simak rekomendasi tempat dimana kamu bisa menikmati kesegaran aneka teh di bawah ini!

Chicha San Chen

Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen

Sprouts Farms

Foto Sprouts Farms
Foto Sprouts Farms
Foto Sprouts Farms

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?