Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Minuman Enak Ini Hanya Menggunakan Campuran Kopi dan Air Saja

List Artikel
26 Juli 2018 | 0 Komentar

Kopi di Indonesia sudah menjadi minuman terfavorit yang digandrungi semua kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Ini dikarenakan beragamnya jenis kopi yang disajikan dengan berbagai macam bahan tambahan seperti susu, krim, gula aren, dan lain sebagainya sehingga menjadikan cita rasa minuman kopi tersebut jadi berbeda. Tapi tahukah kamu kalau ternyata cukup dengan menggunakan campuran kopi dan air saja, kamu bisa mendapatkan beragam varian minuman kopi dengan cita rasa dan sensasi yang berbeda. Benarkah demikian? Kalau kamu tidak percaya, coba lihat dulu minuman-minuman yang ada di bawah ini!


1. Espresso



Sumber : Pergikuliner.com


Espresso merupakan varian kopi yang menggunakan campuran kopi dan air saja dengan proses ekstraksi tekanan tinggi dari mesin espresso maker sehingga menghasilkan cita rasa kopi berbeda. Kamu bisa membedakan espresso dengan varian kopi hitam lainnya dari krema (busa) berwarna cokelat muda yang ada di bagian atasnya. Ada dua jenis espresso, yakni one shot dan double shots yang rasanya lebih pahit dan pekat. Biasanya kedai kopi menyajikan espresso di gelas kecil karena rasa espresso sangat strong.


2. Americano



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada americano yang merupakan turunan dari espresso. Americano dibuat dengan perbandingan 1:3 antara espresso dan air panas sehingga teksturnya jadi lebih cair dan tidak sekental espresso. Tapi citarasanya masih cukup strong. Americano bisa disajikan dalam keadaan panas dan dingin. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan cuaca pada hari ini. Untuk ice americano, kamu cukup menambahkan es batu saja.  


3. Long Black



Sumber : Pergikuliner.com


Sesuai dengan namanya, kopi yang satu ini memang termasuk dalam golongan kopi hitam. Tak sedikit orang yang salah mengenali long black dengan americano. Keduanya memang terlihat hampir sama, tapi cita rasanya berbeda karena cara meraciknya berbeda. Jika americano diracik dengan cara meletakkan kopi terlebih dahulu lalu diberi air panas, kalau long black kebalikannya. Hal ini membuat krema dari kopi espresso masih terkadang masih utuh sehingga rasa long black jadi lebih pahit dibanding americano.


4. Cold Brew



Sumber : Pergikuliner.com


Cold brew merupakan salah satu olahan kopi dan air yang diracik dengan cara diendapkan semalaman atau minimal delapan jam. Jadi kopi yang sudah diseduh dengan air biasa atau air dengan suhu ruangan ini dimasukkan kedalam wadah atau botol dan didiamkan selama semalaman di dalam kulkas. Setelah semalaman, kamu baru bisa menikmatinya. Tak perlu menambahkan es batu lagi karena bisa merusak cita rasa cold brew.  


5. Cold Drip



Sumber : Pergikuliner.com


Ada cold brew, ada cold drip juga lho, teman PergiKuliner. Meski sama-sama tergolong dalam kategori kopi dingin, tapi cold drip dan cold brew ini berbeda. Perbedaannya adalah dari pembuatannya sehingga cita rasa dari keduanya tak sama. Cold drip dibuat dengan metode tetesan. Jika cold brew menggunakan alat seduh manual seperti french press, cold drip menggunakan alat dripping khusus yang bernama cold dripper. Alat ini akan meneteskan kopi pada waktu yang panjang dengan menggunakan air suhu ruangan. Untuk rasanya, cold drip lebih strong jika dibandingkan cold brew.


6. Japanese Ice Coffee


Sumber : Handground.com


Japanese ice coffee memang tidak seterkenal kelima minuman kopi dan air di atas, tapi kamu patut mencobanya karena cita rasa yang dihadirkan tak biasa. Japanesse ice coffe ini bisa dibuat dengan menggunakan alat pour over seperti v60. Perbedaan Japanese ice coffee dibanding kopi dingin lainnya adalah rasio air yang digunakan harus dikurangi setengahnya karena setengahnya lagi digantikan dengan batu es. Nah, batu es ini sudah diletakkan terlebih dahulu di gelas, baru kemudian kopi mulai disaring.

 

Meski hanya menggunakan kopi dan air saja, ternyata ada banyak juga minuman yang bisa dibuat dengan hasil dan cita rasa yang berbeda bukan? Nah, kalau kamu kepingin mencoba aneka olahan kopi di atas, langsung aja yuk langkahkan kaki kamu untuk menuju coffee shop di bawah ini!

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie

Bear & Co

Foto Bear & Co
Foto Bear & Co

Common Grounds

Foto Common Grounds

Pigeon Hole Coffee

Foto Pigeon Hole Coffee

Cerita Kopi

Foto Cerita Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?