Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Olahan Ikan Mas khas Indonesia yang Menggoda Lidah

List Artikel
18 November 2021 | 0 Komentar

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dan mudah diolah membuat ikan ini begitu digemari oleh berbagai kalangan. Selain itu, ikan mas juga memiliki tektur yang lembut sehingga cocok diolah menjadi berbagai macam masakan. Untuk mendapatkannya juga tak sulit, karena ikan mas banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Meski begitu, mengonsumsi ikan mas tetap harus berhati-hati karena durinya yang sangat halus dan banyak menyelimuti hingga ke dalam lapisan dagingnya. Ada banyak sekali masakan Indonesia dari ikan mas yang cocok dijadikan referensi menu hari ini. Tertarik membuat olahan ikan mas? Simak rekomendasinya berikut ini pilihan PergiKuliner!


1. Pecak Ikan Mas



Sumber: Resepkoki.id


Sedang cari ide masakan ikan mas ala Betawi? Pecak ikan mas ini wajib dicoba di rumah. Tak perlu pusing jika hendak membuat pecak ikan mas, karena bahan dan bumbunya mudah sekali didapat dan tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Pertama siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kencur dan jahe. Kemudian sangrai bumbu tersebut hingga aromanya harum. Setelah itu, tambahan garam dan gula. Selanjutnya masak bumbu hingga mendidih dan tambahkan perasan jeruk nipis. Kuah pecak pun siap digunakan. Tahap terakhir, goreng ikan yang sudah dibersihkan hingga berwarna cokelat keemasan. Siram kuah pecak tadi ke atas ikan mas goreng. Santaplah bersama nasi hangat dan kerupuk.


2. Arsik Ikan Mas



Sumber: Primarasa.co.id


Dari Betawi lanjut ke tanah Batak, bermodalkan ikan mas kamu bisa menghadirkan menu masakan khas Batak di rumahmu. Arsik ikan adalah sajian ikan yang dimasak bumbu kuning khas Batak. Makanan ini penuh dengan cita rasa, karena banyak rempah yang digunakan untuk membuat arsik ikan mas. Untuk membuatnya, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, jahe, lengkuas dan daun andaliman. Jangan lupa beri garam dan gula juga. Setelah itu, masak ikan beserta bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan. Masak dengan api kecil agar bumbu menyerap sempurna. Tambahkan perasan jeruk nipis, serai, asam dan kacang panjang. Lalu tunggu hingga ikan matang.


3. Ikan Mas Kuah Kuning



Sumber: Tribunnews.com


Semua pasti setuju kalau ikan mas kuah kuning itu adalah menu masakan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Menu ini memang selalu jadi andalan saat kehabisan ide untuk memasak. Bahan dan bumbunya pun mudah didapat. Bumbu yang perlu dihaluskan untuk membuat ikan mas kuah kuning adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe dan lengkuas. Setelah itu, tumis bumbu halus tadi ke dalam wajan. Jangan lupa tambahkan daun jeruk, serai, asam, garam, gula dan air secukupnya. Lalu diamkan hingga mendidih. Setelah itu, beri santan dan aduk supaya tidak pecah. Terakhir, masukan ikan dan beri tambahkan cabe rawit utuh dan kemangi. Ikan mas siap disantap!


4. Pepes Ikan Mas



Sumber: Indozone.id


Pepes ikan mas merupakan salah satu kuliner tradisional yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Makanan ini sangat cocok dijadikan lauk pendamping nasi hangat. Meski hanya dibumbui minimalis, tapi rasanya begitu nikmat dan sedap. Untuk membuatnya, haluskan bumbu terlebih dahulu yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, kunyit, kencur, jahe, lengkuas, garam dan gula. Setelah itu, lumuri bumbu halus ke seluruh bagian ikan hingga perutnya. Lalu bungkus dengan daun pisang dan masukan juga daun jeruk, serai, daun kemangi dan cabai rawit merah utuh. Kukus ikan selama satu jam kemudian angkat dan biarkan dalam suhu ruangan. Terakhir, bakar pepes sebentar di atas bara api hingga daun mengering. Pepes ikan mas siap untuk disajikan.


5. Ikan Mas Bakar



Sumber: Fimela.com


Punya ikan mas di rumah, tapi bingung mengolahnya? Mungkin ikan mas bakar ini bisa jadi ide menu masakan. Sebab cara yang mudah mengolah ikan mas adalah dengan menjadikannya ikan bakar. Bumbunya pun terbilang praktis dan tekstur dagingnya garing diluar namun lembut di dalam. Sangat cocok jadi menu santapan bareng sambal dan lalapan. Pertama, haluskan bumbu untuk membuat ikan mas bakar seperti cabai merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan jahe. Lalu lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Setelah itu, tumis bumbu halus tadi hingga harum. Tambahkan kecap, margarin dan air asam jawa. Kemudian bakar ikan hingga setengah matang. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah ditumis kemudian bakar lagi sembari diolesi dengan bumbu hingga matang. Jangan lupa disantap dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan!


6. Pesmol Ikan Mas



Sumber: Dapurumami.com


Agar tidak bosan mari membuat pesmol ikan mas khas Sunda. Pesmol ikan mas merupakan perpaduan antara ikan goreng dan berbagai bumbu rempah yang menggugah selera. Untuk membuatnya, siapkan bumbu yang dihaluskan mulai dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, ketumbar, cabai merah, lada dan garam. Jangan lupa lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam agar tidak amis. Kemudian tumis bumbu halus dengan serai daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sedikit minyak. Tambahkan air dan masukan ikan mas goreng ke dalamnya. Aduk rata hingga beraroma harum. Setelah itu, tambahkan garam, rawit utuh, daun kemangi dan potongan tomat. Cukup mudah, bukan?


Itu dia 6 olahan ikan mas khas Indonesia yang menggoda lidah. Kalau kamu lebih suka olahan ikan mas apa nih, Teman Kuliner? 

Buat yang kepingin cari tempat makan khas Indonesia yang menjual aneka olahan ikan dan masakan Indonesia lainnya, kamu bisa mengunjungi rekomendasi tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Lodho Warisan

Foto Lodho Warisan
Foto Lodho Warisan
Foto Lodho Warisan

Aroma Padi

Foto Aroma Padi
Foto Aroma Padi
Foto Aroma Padi

Delima Authentic Indonesian Food

Foto Delima Authentic Indonesian Food
Foto Delima Authentic Indonesian Food
Foto Delima Authentic Indonesian Food

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?