Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Olahan Telur untuk Sarapan yang Jadi Favorit di Berbagai Negara

List Artikel
16 Desember 2016 | 0 Komentar

Apa menu sarapan favoritmu? Mayoritas, orang menyantap telur sebagai menu sarapan mereka. Selain karena harganya yang murah, telur memiliki banyak kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, mineral, serta zat besi di dalamnya. Selain nutrisinya yang lengkap, telur juga sangat mudah diolah dan dijadikan aneka varian menu sarapan. Waktu memasak telur yang sangat singkat juga menjadikannya menu sarapan favorit bagi orang yang sibuk dan kesiangan. Di bawah ini ada enam olahan telur untuk sarapan yang jadi favorit di berbagai negara:



1. Omelet



Sumber: mrbreakfast.com


Omelet alias telur dadar ini menjadi menu sarapan favorit yang sangat mudah dibuat dan bergizi tinggi. Pasalnya, kamu bisa memadukan aneka bahan makanan yang kamu punya di kulkas untuk dijadikan campuran omelet seperti bayam, jagung, keju, daging, susu, dan lain sebagainya. Jika ingin memasukkan aneka sayuran atau daging dalam omelet sebaiknya kamu tumis terlebih dahulu agar cepat matang. Buat omelet menggunakan mentega atau minyak zaitun agar aromanya lebih wangi.



2. Poached Egg



Sumber: pergikuliner.com


Poached egg ini adalah telur rebus setengah matang karena bagian putihnya harus bertekstur lembut dan kuning telurnya masih meleleh cair saat kamu potong. Membuat poached egg memang tidak mudah, tapi jika kamu sudah menguasai triknya, kamu pasti akan dengan mudah membuatnya untuk menu sarapan. Poached egg sering kamu jumpai dalam sajian egg benedict yang menyajikan poached egg dengan roti, aneka daging seperti ham atau bacon, sayuran, serta saus hollandaise.



3. Scrambled Egg



Sumber: magicbulletblog.com


Srambled egg alias telur orak arik biasa disantap saat sarapan dengan roti panggang atau dimakan begitu saja dengan taburan keju parut. Scrambled egg memiliki tekstur yang sangat lembut dan juicy alias tidak kering. Ada trik khusus untuk membuat teksturnya sempurna seperti dengan menambahkan mentega dan memasaknya dengan api kecil serta memasaknya dalam waktu singkat yakni saat sudah berwarna kekuningan bisa langsung kamu angkat.



4. Telur Mata Sapi



Sumber: pyroenergen.com


Sunny side up alias telur mata sapi atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan telur ceplok sangat mudah sekali membuatnya karena kamu hanya perlu mempanfry saja. Panaskan 2-3 sendok makan minyak zaitun di atas wajan anti lengket dengan api yang sedang lalu pecahkan telur di atas wajan dan taburi dengan garam dan lada. Biarkan selama beberapa menit hingga bagian pinggirnya mengering, baru kemudian kamu angkat dan sajikan dengan tambahan menu pelengkap lainnya seperti nasi atau roti. 



5. Boiled Egg



Sumber: top10homeremedies.com


Boiled egg atau telur rebus di Indonesia lebih banyak kamu temukan dalam olahan balado, semur, hingga opor. Menyantap telur rebus untuk sarapan bisa membuat kamu lebih bertenaga untuk mengawali hari. Untuk merebus telur, kamu harus merendamnya dalam air hingga seluruh permukaannya tenggelam. Jika kamu merebus telur dengan air yang tidak penuh, maka pinggiran kuning telur akan berwarna keabu-abuan. Telur rebus biasa disantap dengan salad sayur.



6. Baked Egg



Sumber: forkknifeswoon.com


Menu olahan telur yang satu ini paling terkenal sebagai menu sarapan di Eropa terutama Italia. Kamu bisa mencampurkan aneka sayuran kesukaanmu dalam pinggan tahan panas seperti bayam dan tomat dengan sedikit susu cair dan dua hingga tiga butir telur, kemudian taburi dengan keju parut, garam, dan lada. Panggang dalam oven atau microwave selama 10-12 menit hingga matang.


Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Common Grounds

Foto Common Grounds
Foto Common Grounds

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?