Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Tips Foto Makanan Ala Food Blogger dengan Ponsel Kamu

List Artikel
16 November 2017 | 193 Komentar

Beberapa tahun yang lalu, food photography tidak setenar sekarang. Semakin majunya dunia kuliner serta banyaknya inovasi kuliner menjadi salah satu faktor food photography menjadi fenomena di kalangan masyarakat terutama anak muda. Rasanya tidak lengkap kalau belum mengabadikan makanan yang baru dihidangkan lewat jepretan kamera. Bahkan tak jarang ada orang yang lebih tertarik untuk memotret hidangan tersebut daripada memakannya.



Sumber : jatimtimes.com


Sebenarnya kegiatan potret memotret makanan ini dipopulerkan oleh para food blogger. Food blogger sendiri merupakan blogger yang khusus membahas mengenai kuliner di tulisan blog mereka. Tak hanya mahir menulis, para food blogger ini juga sangat mahir dalam memotret makanan sehingga hasil foto makanan mereka terlihat artistik. Kamu pasti berpikir kalau untuk mendapatkan foto yang artistik seperti food blogger tersebut harus punya skill fotografi dan kamera profesional yang harganya jutaan rupiah bukan? Eits, jangan berkecil hati dulu, kamu juga bisa kok menghasilkan foto makanan yang nggak kalah bagusnya hanya dengan kamera ponsel. Ah, mana bisa? Tenang! PergiKuliner punya 6 tips buat kamu yang mau hasil foto makanan kamu ciamik!

 

1. Komposisi Rule of Thirds


sumber: www.asweetpeachef.com

 

Komposisi rule of thirds adalah di mana objek utama foto diposisikan dengan 1/3 bagian dalam foto. Dalam fotografi, penempatan objek serta komposisi merupakan hal yang penting, oleh karena itu kamu perlu menentukan komposisi objek yang pas agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih artistik dan tidak monoton.


2. Pengambilan Angle yang Beda


 

Sumber : pergikuliner.com


Tak hanya latar yang bagus saja, tapi memotret makanan juga butuh angle yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dan unik. Jangan hanya terpaku memotret makanan dari angle atas atau pas di depannya karena tidak semua makanan akan terlihat indah jika diambil dari angle ini. Eksplor lebih banyak, ambil dari berbagai sudut di mana makanan terlihat lebih cantik.


3. Jangan Gunakan Flash


 

Sumber : pergikuliner.com


Nah, ini dia kesalahan fatal yang banyak dilakukan saat memotret makanan jika cahaya restoran atau cafe tidak memadai. Meskipun mampu membuat objek menjadi lebih terang, tapi penggunaan lampu flash bisa membuat warna makanan menjadi tidak natural, menciptakan bayangan yang tidak diinginkan, serta bisa mengacaukan color balance. Jadi, kalau kamu makan di restoran atau cafe yang pencahayaannya tidak bagus  remang-remang, kamu dapat memindahkan makanan tersebut ke sudut yang memiliki banyak cahaya.


4. Percantik dengan Garnish dan Properti Tambahan



Sumber : pergikuliner.com


Agar terlihat lebih professional, coba hiaslah makanan kamu dengan aneka garnish dan properti pendukung. Garnish dan properti ini akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan hasil foto yang lebih menarik dan juga sempurna. Kamu juga dapat menggunakan alas foto seperti serbet kain sebagai background dari objek makanan yang ingin dipotret, terutama jika kamu ingin mengambil foto dari angle atas.


5. Cermati Keseluruhan Objek Foto



Sumber : pergikuliner.com


Kamu jangan hanya berfokus pada makanannya saja, tapi juga objek-objek pendukung makanan tersebut seperti piring, sendok-garpu, dan sebagainya. Hal ini penting karena objek-objek pendukung tersebut juga berperan dalam menentukan bagus atau tidaknya sebuah foto makanan.


6. Gunakan Aplikasi Edit Foto



Sumber : thepineapplecake.com


Tips yang satu ini pasti sudah sering kamu lakukan. Memang, untung pemotret awam dan pemula, kehadiran aplikasi edit foto sangat membantu sekali untuk menjadikan tampilan foto makanan kamu lebih artistik. Beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengedit foto makanan adalah Photoshop, VSCO Cam, dan Snapseed.


Nah! Itu dia tips buat kamu yang kepingin foto makanan jadi bagus ala-ala food blogger hanya dengan kamera ponsel. Mudah kan? Kalau begitu sekarang waktunya tinggal kamu pilih tempat makan yang cocok untuk kamu praktekan tips-tips dari PergiKuliner tadi. Tenang! PergiKuliner sudah punya rekomendasinya juga buat kamu kok. Yuk cek di bawah ini!

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

MOREAU Chocolatier's Cafe

Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe

Saine Daise

Foto Saine Daise
Foto Saine Daise
Foto Saine Daise

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Siap untuk mengabadikan makananmu? Jangan lupa sharing rasanya sama PergiKuliner yah! :p


Topik artikel ini:
193 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Immediate A1 ProAir is a so-called trading bot that trades cryptocurrencies on behalf of its respective customer https://bankverzeichnis.com/immediate-a1-proair/
shoaibkhatri930@gmail.com | 17 Apr 2024 pk. 03:02 AM
Foto user umum
Historically, real estate has had long-term, stable growth in value and served as a good hedge against inflation. https://the-continuum-official.sg/
shoaibkhatri930@gmail.com | 17 Apr 2024 pk. 06:22 PM
Foto user umum
UK is often connected with the division of property, as I described in the previous article Divorce in England. The Simple Law firm handles many cases regarding the division of property in England, both amicably (with the consent of the parties) and in court. https://rozwod.uk/
shoaibkhatri930@gmail.com | 18 Apr 2024 pk. 08:54 PM
Foto user umum
Whether you’re a beginner just starting or an experienced trader looking for a tool that gives you an edge in the highly volatile crypto market, you are welcome to explore the incredible features of the Immediate 900 NeuPro app https://immediate900neupro.com/
shoaibkhatri930@gmail.com | 18 Apr 2024 pk. 09:00 PM
Foto user umum
In an energy market that is transitioning to low carbon generation sources, good public relations is the essential ingredient that will position your company above the industry “chatter”, presenting your customers with a clear understanding of your companies environmental strategy and the products and services you offer. https://www.bcmpublicrelations.com/renewables-pr/
shoaibkhatri930@gmail.com | 19 Apr 2024 pk. 08:57 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?