Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Tips Menyimpan Makanan Secara Tepat Di Freezer

List Artikel
14 Juni 2020 | 0 Komentar

Freezer adalah salah satu bagian dalam lemari pendingin yang punya suhu lebih rendah dibanding bagian kulkas lainnya. Freezer berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan makanan yang akan dibekukan sehingga bisa tahan lama karena jika makanan tersebut beku, maka bakteri tidak akan mudah berkembang di dalamnya sehingga makanan tidak mudah basi. Freezer rata-rata digunakan untuk menyimpan daging serta makanan olahan. Tapi ada juga yang menyimpan sayuran serta makanan beku di dalam freezer. Tidak seperti bagian kulkas lainnya, untuk menyimpan makanan dalam freezer tak boleh sembarangan karena jika sembarangan maka makanan bisa hancur teksturnya, cita rasanya berubah, hingga malah mudah basi. Oleh karena itu, sebelum menyimpan makanan dalam freezer, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu:



Sumber: Pinimg.com 


1. Membekukan Sesuai Porsi Memasak

Tips yang pertama adalah bekukan makanan sesuai porsi memasaknya. Misalkan saja, kamu membeli 1 kg daging sapi, tapi nantinya akan dibagi untuk digunakan menjadi campuran sop, soto, dan tumisan. Maka sebelum dimasukkan dalam kulkas, langsung bagi menjadi tiga. Jangan membekukannya dalam keadaan 1 kg utuh begitu saja agar nantinya kamu bisa mengeluarkan daging dari freezer sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika daging sudah dikeluarkan dari dalam freezer dan dibiarkan dalam suhu ruangan, kemudian dimasukkan lagi, maka daging justru lebih mudah terkontaminasi bakteri.


2. Gunakan Wadah Kedap Udara

Tak sedikit orang yang menyimpan makanan beku dalam plastik kemasan. Padahal sebaiknya kamu menyimpannya dalam wadah kedap udara, bisa terbuat dari plastik atau bahan lainnya. Dengan begitu, makanan tidak mudah terkontaminasi bakteri. Jika benar-benar tidak ada wadah kedap udara, alternatif lainnya bisa menggunakan plastik zip proof yang kedap udara.


3. Tandai dengan Label Tanggal Pada Saat Membekukan

Meski freezer bisa membuat makanan awet lebih lama, tapi makanan yang dimasukkan dalam kulkas tentu saja punya waktu kadaluarsanya sendiri karena semakin lama makanan berada dalam freezer, maka kualitas, tekstur, dan cita rasanya bisa berubah. Oleh karena itu lebih baik kamu tandai dengan label tanggal pada saat membekukannya agar bisa tahu kapan sebaiknya menghabiskan bahan makanan yang dibekukan tersebut.


4. Hindari Simpan Makanan yang Masih Panas dalam Freezer

Siapa di antara kamu yang suka memasukkan makanan yang masih panas atau hangat ke dalam freezer. Hal ini jangan diulangi lagi ya Teman Pergi Kuliner! Makanan yang masih panas maupun hangat, jika dimasukkan langsung dalam freezer bisa mengubah suhu yang ada di dalam freezer itu sendiri dan akibatnya tekstur serta kualitas makanan bisa berkurang.


5. Jangan Simpan Makanan Berkadar Air Tinggi dalam Freezer

Tidak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam freezer. Hanya bahan-bahan tertentu saja seperti daging segar dan olahan, seafood, sayuran potong, kacang-kacangan, dan bumbu dapur. Beberapa makanan seperti susu, yoghurt, keju, serta makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti selada, jeruk, semangka, dan lain sebagainya tidak bisa masuk freezer karena teksturnya akan mudah rusak.


6. Simpan Bumbu Masakan di Wadah Es Batu

Tips yang terakhir adalah menyimpan bumbu segar di wadah es batu. Bumbu masakan biasanya memang dimasukkan dalam freezer supaya citarasanya tetap terjaga dan tidak mudah basi, tapi daripada menyimpannya sekaligus dan harus mencairkan sebagian pada saat ingin menggunakannya, lebih baik simpan dalam wadah es batu. Jadi ketika akan dipakai, kamu tinggal mengeluarkan 1-2 buah saja. Selain bumbu masakan, kamu juga bisa membekukan kaldu di dalam wadah es batu agar lebih memudahkan pada saat akan memakainya.

 

Sekarang kamu sudah tahu khan bagaimana caranya menyimpan makanan dalam freezer yang tepat. Jadi jangan sampai salah menyimpannya ya!

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Tucano's Churrascaria Brasileira

Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Pempek Selamat

Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?