Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Trik Agar Tetap Makan Nikmat di Restoran Meski Punya Perut Sensitif

List Artikel
24 Januari 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang perutnya sangat sensitif? Bagi pemilik perut yang sensitif, kita tentu tidak akan bisa bebas untuk menyantap aneka kuliner sesuka hati karena tidak semua jenis makanan bisa cocok dengan perutmu. Jika salah, maka perut bisa menjadi kembung, begah, atau bahkan sakit perut alias diare. Sebagai pecinta kuliner, permasalahan perut sensitif kerap kali membuat kita kerepotan ketika sedang kulineran, terutama saat sedang pergi kulineran ke restoran. Ketika sedang ada acara kulineran di restoran, pastinya kita ingin menyantap makanan dengan leluasa dan tenang. Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir jika memiliki perut sensitif karena ada beberapa trik yang bisa diterapkan saat supaya bisa tetap nikmat menikmati aneka santapan kuliner di restoran, yaitu:

 


Sumber : Pergikuliner.com


1. Jaga Pola Makan Sebelum Makan di Restoran

Trik yang pertama adalah dengan menjaga pola makan sebelum makan di restoran. Ibaratnya ini adalah cara pencegahan lebih awal. Jika kondisi perut sedang dalam keadaan prima, maka ketika kamu makan di restoran tidaklah menjadi masalah. Misalkan saja, jika kamu akan pergi kulineran dengan teman-teman pada hari Sabtu, maka pada hari jumatnya usahakan untuk menjaga pola makan dengan makan yang teratur dan tidak makan makanan pedas atau asam yang bisa memicu sakit perut. Dengan begitu, perut tidak akan mengalami masalah saat makan di restoran.

 

2. Perhatikan Makanan dan Minuman dalam Buku Menu

Trik yang berikutnya adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang ada dalam buku menu restoran. Saat melihat buku menu, biasanya pihak restoran akan memberikan penjelasan mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk kuliner tersebut. Nah, kamu bisa mengeceknya secara perlahan. Jangan terburu-buru dan lihatlah kira-kira menu kuliner mana yang aman untuk perutmu.

 

3. Pilih Menu yang Familiar

Jika bingung dalam memilih menu kuliner, kamu bisa memilih menu yang familiar. Meski pada dasarnya beda restoran, beda juga bahan dan cita rasanya. Tapi setidaknya dengan begitu, kamu tahu beberapa bahan yang digunakan serta cita rasanya. Ibaratnya, dengan memilih menu yang familiar, maka kamu bisa main aman saat makan di restoran.

 

4. Minuman yang Dipilih Haruslah Sederhana Bahan Pembuatnya

Untuk minumannya, cobalah untuk memilih minuman yang bahan-bahan pembuatannya sederhana. Hal ini dilakukan supaya tidak memicu rasa kembung atau begah pada perut. Ditambah lagi, jika kamu makan makanan yang berat atau bumbunya ‘medok’, dengan memilih minuman yang sederhana, maka kerja sistem pencernaan bisa lebih ringan. Minuman yang bisa dipilih adalah air putih dingin atau hangat. Hindari minuman soda dan kopi!

 

5. Santap Buah atau Kacang-kacangan Sebelum Makan Besar

Sebelum makan besar di restoran, alangkah baiknya kalau kamu menyantap buah atau kacang-kacangan terlebih dahulu untuk mencegah perut terasa lapar. Jika tidak sempat, ketika memesan menu di restoran, cobalah untuk memesan menu makanan pembuka alias appetizer agar perut tidak kaget sebelum makan besar.

 

6. Mengunyah Makanan Perlahan Hingga Halus

Trik yang terakhir adalah selalu kunyah makanan secara perlahan hingga makanan halus, barulah bisa kamu telan. Ini dimaksudkan untuk membantu sistem pencernaan mencerna makanan yang masuk. Ditambah lagi, nutrisi dan kandungan gizi yang ada di dalamnya juga bisa diserap lebih maksimal. Jika makan dengan terburu-buru dan tidak dikunyah halus, maka perut bisa dengan mudah merasa kembung atau begah.

 

Itulah beberapa trik agar tetap makan nikmat saat di restoran. Jangan lupa coba dipraktekkan ya di salah satu tempat makan di bawah ini!

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?