Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Acar dari Berbagai Dunia yang Menyehatkan

List Artikel
11 Januari 2023 | 0 Komentar

Acar menjadi salah satu kuliner yang dibuat dengan cara difermentasikan. Fermentasi ini awalnya hanya dilakukan untuk mengawetkan bahan makanan. Berhubung rasanya sangat enak, maka tak heran kalau orang pun kemudian memfermentasikan bahan makanan yang ada di rumahnya. Rata-rata bahan pembuatan acar adalah bahan yang mudah basi dan busuk seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, hingga telur. Acar sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan garam dan gula sebagai bahan dasarnya. Tapi ada beberapa acar yang menggunakan bahan tambahan lainnya untuk memperlezat rasanya. Menjadi kuliner yang populer, acar ini bisa dimiliki di hampir semua negara. Jadi masing-masing negara bisa memiliki acar khasnya sendiri yang berbeda dari negara lain. Di bawah ini ada tujuh acar dari berbagai dunia yang bisa menyehatkan tubuh dan pastinya punya rasa enak, yaitu:

 

1. Kimchi



Sumber: Pergikuliner.com


Acar dari berbagai dunia yang pertama adalah kimchi. Kuliner fermentasi asal Korea ini sangat populer dan keberadaannya kini sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Kimchi dibuat dengan menggunakan bahan dasar sayur-sayuran. Jenis sayur yang paling banyak digunakan sebagai kimchi adalah sawi putih. Tapi selain itu juga bisa menggunakan daun bawang, daun perilla, dan lain sebagainya. Kimchi akan dibumbui dengan bawang putih, bubuk cabai, garam, dan gula lalu didiamkan selama berbulan-bulan.

 

2. Takuan



Sumber: Tasteatlas.com


Takuan adalah acar asal Jepang yang juga populer di dunia. Acar dari berbagai dunia ini dibuat dari bahan dasar lobak daikon yang dikeringkan trelebih dahulu baru dibumbui dengan gula, garam, dan anggur beras. Setelah melalui proses fermentasi, maka tampilan takuan akan menjadi lebih kuning. Teksturnya garing tapi empuk. Takuan dijual dalam dua bentuk, yakni irisan bulat tipis dan kotak panjang.

 

3. Giardiniera



Sumber: Chicagotribune.com


Negara Italia menjadi salah satu negara yang punya aneka kuliner lezat, salah satunya adalah acar. Acar khas Italia bernama giardiniera yang dibuat daru bahan dasar paprika hijau dan merah, batang seledri, dan bunga kol yang kemudian dicampur dengan cuka merah, cabai, garam, dan sedikit gula. Rasanya manis, asam, dan pedas sehingga cocok disantap untuk menghilangkan rasa eneg setelah menyantap makanan yang berlemak dan berminyak.

 

4. Sauerkraut



Sumber: Thespruceeats.com


Kita beralih ke negara Jerman. Ada sauerkraut yang merupakan acar dari Jerman yang sangat simpel dan mudah untuk membuatnya. Bahan utama pembuatan sauerkraut adalah kubis mentah yang dipotong halus lalu difermentasikan dengan menggunakan balteri asam laktat. Rasanya sudah pasti asam dengan ada campuran sedikit rasa manis di dalamnya. Acar dari berbagai negara ini kebanyakan dijadikan makanan pendamping saat makan daging atau ayam.

 

5. Kyuri Zuke



Sumber: Saveur.com


Kyuri zuke adalah salah satu olahan acar dari berbagai dunia yang dibuat dari bahan dasar mentimun. Berhubung kyuri zuke adalah acar khas Jepang, maka pastinya jenis mentimun yang digunakan adalah mentimun Jepang. Sebelum dijadikan acar, mentimun akan dibuang isi dan bijinya terlebih dalu baru diiris-iris dan dicampur dnegan rumput laut serta wortel. Baru kemudian dicampur dengan kecap asin dan cuka lalu didiamkan selama beberapa hari.

 

6. Tursu



Sumber: Tasteatlas.com


Selanjutnya ada tursu yang asalnya dari Turki. Acar dari berbagai dunia ini punya rasa yang segar dan asam. Untuk bahan utama pembuatannya adalah terong, bawang bombai, wortel, zucchini, bit, dan bawang putih yang dimasukkan ke dalam satu wadah tertutup lalu diberi sedikit air. Biasanya tursu disantap dengan olahan yang berminyak dan olahan daging atau ayam.

 

7. Atchara



Sumber: Tasteatlas.com


Acar daru berbagai dunia yang terakhir adalah atchara. Atchara ini adalah acar yang asalnya dari Filipina. Bahan pembuatannya menggunakan lobak, paprika, wortel, pepaya mentah, dan ada nanasnya juga. Semua bahan harus diserut atau dipotong tipis-tipis. Inilah yang menjadikan rasa dari atchara menjadi lebih asam, tapi ada perpaduan rasa manis dan sedikit rasa pedasnya.

 

Itulah beberapa acar dari berbagai dunia yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kalian ya!

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Asinan Sedap Gedung Dalam

Foto Asinan Sedap Gedung Dalam
Foto Asinan Sedap Gedung Dalam
Foto Asinan Sedap Gedung Dalam

Restaurant & Asinan Ny. Yenny

Foto Restaurant & Asinan Ny. Yenny
Foto Restaurant & Asinan Ny. Yenny
Foto Restaurant & Asinan Ny. Yenny

Asinan Asli Bogor

Foto Asinan Asli Bogor
Foto Asinan Asli Bogor
Foto Asinan Asli Bogor

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?