Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Alat Pembuat Kopi Yang Wajib Ada di Coffee Shop

List Artikel
25 April 2020 | 0 Komentar

Budaya minum kopi di Indonesia kini semakin berkembang, tak heran jika kemunculan coffee shop di berbagai daerah menunjukkan adanya minat masyarakat terhadap kopi semakin meningkat. Ketika ingin membuka coffee shop sebelumnya kamu pasti sudah punya rencana mengenai anggaran, interior, dan konsep dari coffee shop itu sendiri. Yang tidak kalah penting adalah mengetahui konsep coffee shop seperti apa yang ingin kamu buat, sehingga kamu dapat mengetahui alat kopi apa saja yang akan dibutuhkan nantinya. Nah, ketika kamu memutuskan ingin membuka coffee shop, setidaknya ada 7 alat kopi yang wajib kamu miliki, salah satunya adalah grinder kopi. Untuk lebih jelasnya, mari baca artikel di bawah ini ya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Grinder

Grinder merupakan alat penggiling kopi yang sangat penting dan wajib kamu punya ketika ingin membuka coffee shop. Sebab grinder sendiri dapat menghasilkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan yang seragam dan dapat mengatur kehalusan gilingan sesuai alat seduh yang dipakai. Maka dari itu, grinder sangat penting untuk kamu miliki jika ingin menghasilkan bubuk kopi dengan aroma yang nikmat. Aroma juga menjadi nilai tambah pada cita rasa kopi sangrai. Jadi, pastikan untuk selalu menggiling kopi ketika hendak menyeduh dengan jumlah seperlunya saja.


2. Espresso Maker

Jika kamu berencana membuat konsep manual brew di coffee shop milikmu, maka bersiaplah untuk membeli mesin espresso. Espresso maker tak membutuhkan bantuan listrik dalam pemakaiannya. Sebab semuanya dilakukan secara manual. Selain itu, untuk perawatan mesin ini juga mudah dan bisa dibawa kemana-mana. Meski begitu, jangan kaget dengan harganya yang terkenal luar biasa mahal. Untuk membeli satu mesin espresso, kamu bisa merogoh kocek hingga ratusan juta. Tapi tenang! Kamu bisa menggunakan moka pot sebagai pengganti mesin espresso.


3. Timbangan Kopi

Bagi yang masih awam, pasti bingung mengapa timbangan menjadi sangat penting dalam menghasilkan kopi enak. Timbangan adalah salah satu alat yang tak pernah lepas dari proses pembuatan kopi secara manual. Alat ini akan berguna untuk menakar dan menimbang berat bubuk kopi yang akan diseduh supaya takaran dan jumlah kopi yang akan digunakan pas setiap harinya. Untuk masalah harga timbangan juga bervariasi, mulai dari 400 ribu hingga 2 jutaan.


4. Teko

Jika konsep coffee shop yang ingin kamu buat adalah metode manual brew, maka teko kopi menjadi barang wajib yang harus kamu miliki. Bukan sembarangan teko kopi, melainkan harus teko kopi yang ujungnya berbentuk seperti leher angsa. Mengapa demikian? Sebab teko kopi jenis ini akan memudahkanmu ketika hendak melakukan pouring di metode pour over. Untuk harga teko kopi ini cukup beragam dari 500 ribu sampai 800 ribu.


5. French Press

French press merupakan alat penting yang dapat menghilangkan ampas kopi dengan Teknik penekanan melalui tutupnya. Dengan alat ini, kamu sudah bisa menikmati kopi tanpa gangguan ampas sama sekali. Metode french press merupakan salah satu metode manual menyeduh kopi yang banyak diminati. Alasannya tentnu saja karena metodenya yang sederhana dan mudah namun dapat menghasilkan kopi yang kaya rasa. Apalagi harga french press di pasaran yang termasuk murah dibanding dengan alat seduh kopi manual lainnya. Kamu sudah bisa memiliki french press hanya dengan merogoh kocek 200 ribuan saja.


6. Vietnam Drip

Mungkin kamu sudah banyak melihat alat ini di banyak kedai-kedai kopi. Ya, Vietnam drip merupakan alat menyeduh kopi paling populer di Indonesia. Cara menggunakannya juga sangat simple, kamu hanya perlu memasukkan bubuk kopi ke alat drippernya, kemudian letakkan diatas cangkir kopi. Jika kamu ingin memakai susu, maka tuangkan susu ke dalam cangkir kopinya. Setelah itu, seduh alat dripper yang sudah terisi dengan bubuk kopi tadi dengan air panas secukupnya. Dan, kamu pun sudah bisa menyajikan kopi vietnam drip kepada pelanggan.


Itulah sederetan alat-alat pembuat kopi yang wajib kamu miliki jika ingin membuka coffee shop. Namun, sebagai penggemar kopi juga tak ada salahnya untuk mengetahui informasi ini. Agar kamu pun dapat mengetahui bagaimana proses dan teknik pembuatan kopi yang setiap hari serin kamu minum di coffee shop favoritmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Harlan + Holden

Foto Harlan + Holden
Foto Harlan + Holden
Foto Harlan + Holden

Seribu Pagi

Foto Seribu Pagi
Foto Seribu Pagi
Foto Seribu Pagi

Kedai Inn

Foto Kedai Inn
Foto Kedai Inn
Foto Kedai Inn

Mineral Cafe

Foto Mineral Cafe
Foto Mineral Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?