Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Aneka Olahan Bakar Khas Indonesia yang Sangat Populer

List Artikel
7 April 2021 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai negara yang punya beragam kuliner, salah satunya adalah aneka olahan bakar khas Indonesia. Kuliner yang dibakar memiliki ciri khas khusus, mulai dari aroma, tekstur, hingga rasanya. Aroma kuliner yang dibakar akan ada wangi khusus dikarenakan proses pembakaran yang meninggalkan aroma asap setelah dibakar. Sedangkan teksturnya jadi lebih padat tapi tetap lembut dan rasanya ada sedikit rasa smokey. Masyarakat Indonesia cenderung membakar makanan dengan menggunakan arang sehingga hasil bakarannya jadi lebih berbeda. Tapi beberapa ada juga yang membakar dengan menggunakan alat bakaran modern. Untuk kuliner yang dibakar ada beragam, bisa seafood, ayam, dan lain sebagainya. Ada sekitar tujuh aneka olahan bakar khas Indonesia yang sangat populer dan banyak dikonsumsi, yaitu:


1. Pepes



Sumber: Resepkoki.id


Aneka olahan bakar khas Indonesia yang pertama adalah pepes yang asalnya dari daerah Jawa Barat. Pepes dibuat dari beragam jenis bahan, bisa berupa tahu, teri, ikan, udang, dan lain sebagainya yang dibumbui dengan bumbu khas pepes lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga aromanya wangi dan isinya matang. Berhubung ada banyak varian bahan utama yang digunakan, maka akan ada banyak jenis pepes tergantung dari bahan utamanya. Pepes ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.


2. Ayam Bakar Kecap



Sumber: Doyanresep.com


Ayam bakar kecap menjadi salah satu olahan bakar khas Indonesia yang juga sangat populer karena kamu bisa dengan mudah menjumpainya di rumah makan pinggir jalan. Ayam bakar kecap memang menjadi menu paling umum yang banyak dipesan sebagai menu makan siang atau makan malam. Ayam bakar kecap adalah ayam yang dibakar dengan tambahan olesan kecap pada bagian luarnya sehingga saat dibakar akan menghasilkan karamelisasi dan punya aroma wangi yang khas. Ayam bakar kecap biasanya disajikan bersama dengan lalapan dan sambal.


3. Udang Bakar Madu



Sumber: Doyanresep.com


Udang bakar madu juga menjadi olahan bakar khas Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat. Udang memiliki tekstur daging yang empuk dan rasanya manis jika masih segar lalu langsung dimasak. Jenis udang yang digunakan sebagai udang bakar ini biasanya menggunakan jenis udang berukuran besar seperti udang galah, vaname, pancet, hingga windu. Sesuai dengan namanya, udang bakar madu dibuat dengan campuran madu. Jadi sebelum dibakar, udang harus dioleskan madu terlebih dahulu barulah dibakar. Lapisan madu yang terbakar ini akan mengkaramelisasi dan menjadikan rasa udang jadi lebih lezat.


4. Iga Bakar Bumbu Bali



Sumber: Myfunfoodiary.com


Selanjutnya ada iga bakar bumbu Bali. Kuliner khas Bali ini punya rasa gurih, asin, dan pedas. Hal ini dikarenakan iga bakar bumbu Bali dibuat dari bahan dasar iga sapi yang sudah direbus terlebih dahulu dengan rempah-rempah, lalu dibumbui lagi dengan bumbu Bali, barulah kemudian dibakar hingga bagian luarnya berubah warna dan mengeluarkan aroma wangi. Iga bakar bumbu Bali bisa dinikmati dengan sambal matah serta nasi putih hangat.


5. Ayam Paniki



Sumber: Cookpad.com


Ayam paniki merupakan olahan bakar khas Indonesia yang asalnya dari Manado. Ayam paniki dimasak dengan campuran santan di dalamnya dan juga bumbu rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan lain sebagainya. Sebelum dibakar, ayam paniki harus direbus atau diungkep terlebih dahulu bersama dengan bumbu, baru kemudian setelah bumbunya meresap, ayam dibakar di atas arang.


6. Panggang Pacak



Sumber: Burhanabe.com


Olahan bakar khas Indonesia berikutnya ada panggang pacak. Panggang pacak berasal dari daerah Sumatera Utara, tepatnya di daerah Sibolga yang ada di sekitar pesisir pantai utara Sumatera. Panggang pacak dibuat dari bahan dasar ikan yang dibumbui dengan kelapa parut, cabai, kunyit, asam jawa, jeruk nipis, dan lain sebagainya. Jenis ikan yang digunakan bisa beragam. Mulai dari ikan kakap, baronang, senangin, dan lain sebagainya.


7. Aneka Sate



Sumber: Pergikuliner.com


Aneka olahan bakar khas Indonesia yang terakhir adalah sate. Sate merupakan kuliner yang ditusuk lalu dimasak dengan cara dibakar. Ada banyak jenis sate khas Indonesia, tergantung dari daerah asalnya. Mulai dari sate lilit dari Bali, sate klopo dari Jawa Timur, sate maranggi dari Purwakarta, sate Padang dari Sumatera Barat, dan masih banyak lagi. Setelah dibakar hingga matang, sate biasanya disajikan dengan siraman saus kacang atau sambal kecap.


Itulah dia tujuh aneka olahan bakar khas Indonesia, beragam bukan?. Dari ketujuh makanan di atas, yang mana nih favorit teman kuliner?, atau kamu jadi kepigin makan makanan seperti di atas? Langsung aja dateng ke tempat-tempat di bawah ini yuk!

Ayam Gedebuk

Foto Ayam Gedebuk
Foto Ayam Gedebuk
Foto Ayam Gedebuk

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Putu Made+ Dine & Bar

Foto Putu Made+ Dine & Bar
Foto Putu Made+ Dine & Bar
Foto Putu Made+ Dine & Bar

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?