Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Aneka Sayur Ketupat yang Paling Populer di Indonesia

List Artikel
11 Mei 2021 | 0 Komentar

Lebaran sebentar lagi, sajian apa yang akan Teman Kuliner siapkan nih? Lebaran yang merupakan hari raya besar umat Islam ini memang sangat sarat akan kuliner-kuliner lezat yang disajikan. Mulai dari aneka kue kering hingga sajian utama yang tak boleh ketinggalan yakni ketupat sayur. Ketupat sayur ini menjadi menu wajib yang ada di hampir seluruh daerah di Indonesia. Uniknya, meski sama-sama dinamakan ketupat sayur, tapi sayur ketupat yang digunakan ini tidaklah sama. Masing-masing daerah di Indonesia punya ciri khas sayur ketupatnya tersendiri sehingga rasanya juga berbeda. Hal ini dikarenakan bahan utama dan bumbu yang digunakan juga berbeda. Ada tujuh aneka sayur ketupat yang paling populer di Indonesia, apa saja? Kita cek bareng-bareng yuk!


1. Sayur Ketupat Betawi



Sumber: Sweetrip.com


Aneka sayur ketupat yang pertama datang dari Betawi. Bagi Teman Kuliner yang tinggal di Jakarta, pastinya sudah sering menjumpai sayur ketupat Betawi ini karena tidak hanya bisa dijumpai pada saat perayaan lebaran saja, tapi juga bisa dijumpai sehari-hari sebagai menu sarapan. Sayur ketupat Betawi memiliki ciri khas irisan labu atau pepaya muda yang ada di dalamnya. Sayur ketupat Betawi ini disajikan dengan lauk semur, baik itu semur daging, tahu, tempe, hingga tahu. Sebagai pelengkapnya ada kerupuk warna-warni atau kerupuk orange serta taburan bawang goreng.


2. Sayur Ketupat Padang



Sumber: Sweetrip.id


Aneka sayur ketupat lainnya yang tak kalah populer adalah sayur ketupat Padang yang tak hanya bisa dijumpai di beberapa daerah di Sumatera Barat, tetapi juga ada di Jakarta. Sayur ketupat Padang ini sangat jauh berbeda dari sayur ketupat Betawi. Hal ini dikarenakan sayur ketupat Padang dibuat dari bahan dasar irisan buncis dan nangka muda. Warna tampilannya lebih orange kemerahan dengan rasa yang lebih pedas pastinya. Sayur ketupat Padang ini disajikan bersama dengan rendang, telur balado, dan kerupuk berwarna merah muda.


3. Sayur Ketupat Kari



Sumber: Pergikuliner.com


Di posisi ketiga aneka sayur ketupat yang populer di Indonesia adalah sayur ketupat kari yang banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Kari yang dimaksud di sini bukanlah kari ala Jepang atau India yang kental, melainkan kari sayur khas Indonesia. Tampilan sayur ketupat kari ini mirip dengan sayur ketupat Betawi, hanya saja warnanya lebih kemerahan dan kuahnya lebih kental. Sayur ketupat kari disajikan dengan telur rebus, suwiran ayam rebus, emping, dan perasan jeruk limau sehingga rasanya jadi lebih segar.


4. Sayur Ketupat Medan



Sumber: Kumparan.com


Berbicara tentang aneka sayur ketupat yang populer di Indonesia, kita tidak bisa meninggalkan sayur ketupat Medang yang punya banyak penggemar. Sayur ketupat asal Medan, Sumatera Utara ini punya ciri khas warna yang sangat kemerahan karena ada campuran cabai merah di dalamnya. Sementara untuk bahan dasarnya ada kacang panjang dan labu siam iris dengan tambahan tauco sehingga rasanya jadi unik. Keunikan dari sayur ketupat Medan ini juga bisa dilihat dari cara penyajiannya yang disajikan bersama dengan bihun goreng dan kering kentang kacang. Selain itu ada telur balado dan kerupuk merah muda.


5. Sayur Ketupat Kandangan



Sumber: Pegipegi.com


Kita beralih ke daerah Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan. Provinsi ini punya salah satu sayur ketupat yang populer di Indonesia yakni sayur ketupat kandangan. Sayur ketupat ini punya tampilan yang agak sedikit pucat jika dibandingkan dengan aneka sayur ketupat lainnya. Tak hanya tampilannya saja yang berbeda, sayur ketupat kandangan ini juga disajikan dengan lauk yang berbeda, yakni diberi tambahan ikan goreng, bisa berupa ikan haruan goreng, ikan patin goreng, maupun ikan gurame goreng.


6. Sayur Ketupat Glabed



Sumber: Kumparan.com


Selanjutnya ada sayur ketupat glabed yang asalnya dari Tegal, Jawa Tengah. Tampilan warna dari sayur ketupat glabed ini berwarna kekuningan, mirip dengan kuah opor kuning karena tidak menggunakan cabai. Sayur ketupat glabed ini juga unik karena disajikan bersama dengan mie kuning, irisan tempe goreng yang dipotong dadu, serta taburan kerupuk mie yang jadi ciri khasnya.


7. Sayur Ketupat Tuyuhan



Sumber: IG @ny.rempong


Aneka sayur ketupat yang terakhir adalah sayur ketupat tuyuhan. Sayur ketupat tuyuhan asalnya dari Rembang, Jawa Tengah. Dinamakan sayur ketupat tuyuhan karena memang berasah dari daerah Tuyuhan yang ada di rembang. Sayur ketupat tuyuhan punya kuah yang agak kental dengan warna kemerahan karena campuran cabai di dalamnya cukup banyak sehingga rasanya jadi lebih pedas. Sayur ketupat tuyuhan ini disajikan bersama dengan opor ayam, tempe, dan sate telur puyuh.

 

Itulah aneka sayur ketupat yang paling populer di Indonesia. Dari ketujuh aneka sayur ketupat tersebut, manakah yang paling sering ada di rumahmu dan mana yang menjadi favoritmu saat lebaran?. Buat Teman Kuliner yang tidak bisa memasak ketupat untuk lebaran nanti, jangan khawatir. Selain di Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa kok makan ketupat yang enak di tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Ketupat Sayur Mandala

Foto Ketupat Sayur Mandala
Foto Ketupat Sayur Mandala
Foto Ketupat Sayur Mandala

Ketupat Ci Eng

Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng

Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria

Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria
Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria
Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria

Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Sinar Pagi

Foto Sinar Pagi
Foto Sinar Pagi
Foto Sinar Pagi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?