Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Bahan Makanan ini Murah di Indonesia Namun Jadi Mahal di Korea Selatan

List Artikel
20 September 2019 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kekayaan alamnya. Kita bisa dengan mudah menemukan berbagai bahan makanan yang berlimpah, mulai dari sayur-sayuran hingga buah-buahan yang tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan Indonesia terbentang di garis katulistiwa dan memiliki tanah yang subur sehingga banyak tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah di sini. Ketika kamu berjalan-jalan ke negeri Ginseng, akan ada fakta yang mengejutkan tentang beberapa bahan makanan yang di Indonesia bisa dengan mudah dibeli karena harganya murah meriah, tetapi di Korea Selatan harga bahan makanan tersebut justru melambung tinggi menjadi sangat mahal. Rata-rata harganya bisa naik 2-3 kali lipat. Beberapa justru harganya melebihi harga satu kilo daging sapi. Coba langsung lihat apa saja bahan-bahan makanan tersebut.

 

1. Pisang



Sumber : Harvard.edu


Pertama ada pisang yang sudah pasti di Indonesia bisa kamu jumpai dengan mudah di tukang sayur, pedagang buah, hingga rumah makan. Tanaman pisang bisa tumbuh dengan subur, bahkan di halaman rumahmu. Indonesia punya banyak sekali jenis pisang, mulai dari pisang raja, pisang tanduk, pisang kepok, pisang mas dan lain sebagainya. Di Indonesia, satu sisir pisang setidaknya dibandrol seharga Rp25 ribu hingga Rp40 ribuan. Jika membeli satuan hanya sekitar Rp2.500-Rp3.000 saja. Tapi kalau kamu membelinya di Korea Selatan, per sisirnya ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jika membeli satuan biasanya dibandrol sekitar Rp25 ribuan.

 

2. Biji Kopi



Sumber : Thevebulkfoods.com


Berikutnya ada biji kopi yang seperti kamu ketahui di Indonesia, kita bisa menikmati minuman kopi dengan murah meriah karena biji kopi bisa dengan mudah didapat. Ada banyak perkebunan kopi yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Jika membeli kopi dalam bentuk bijian, per 250 gram biji kopi di Indonesia hanya dibandrol seharga Rp35 ribu – Rp150 ribu, tergantung dari jenisnya. Tapi di Korea Selatan, biji kopi per 250 gram ini minimal dibandrol seharga Rp300 ribuan lebih.  

 

3. Kakao



Sumber : Thetimes.co.uk


Tak hanya biji kopi saja yang bisa didapat dengan murah di Indonesia, kakao atau bubuk cokelat juga bisa dapat dengan mudah dan murah. Indonesia termasuk dalam 10 besar pemasok kakao di seluruh dunia selama 10 tahun terakhir. Di negara kita ini, kakao per kilo nya hanya dipatok sekitar Rp50 ribu saja. Tapi jika kamu membelinya di Korea Selatan, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Hal ini dikarenakan tanaman kakao tidak bisa dibudidayakan di Korea Selatan.

 

4. Pala



Sumber : Pixfeeds.com


Indonesia memang terkenal akan kekayaan rempahnya. Salah satu rempah yang tumbuh subur di Indonesia adalah biji pala. Jika kamu masih ingat sejarah penjajahan di Indonesia, negara-negara Eropa dan Amerika ingin menguasai negeri kita ini karena punya rempah pala yang pada saat tersebut harganya menyamai harga emas karena sulit ditemukan. Biji pala dijual per bijinya hanya sekitar Rp3 ribu hingga Rp5 ribu saja. Tetapi di Korea Selatan harganya per sachet bubuk pala bisa dibandrol sekitar Rp50 ribu.

 

5. Ketumbar



Sumber : Satvyk.com


Selain biji pala ada ketumbar yang juga menjadi salah satu rempah incaran para penjajah yang datang ke Indonesia. Ketumbar dinilai bisa menyedapkan beragam masakan, mulai dari masakan yang dipanggang hingga yang berkuah. Di Indonesia kamu bisa membeli ketumbar dengan harga yang sangat murah meriah sekali. Per 250 gramnya hanya dibandrol senilai Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Tetapi jika kamu membeli di Korea Selatan, harganya bisa mencapai Rp50 ribuan lebih.  

 

6. Sagu




Sumber : Bakeyousmile.com


Selanjutnya ada sagu yang juga dijual dengan harga sangat murah di Indonesia. Tak heran ada banyak sekali kuliner Indonesia, seperti jajanan dan minuman tradisional yang menggunakan campuran sagu di dalamnya. Wajar saja karena Indonesia termasuk salah satu penghasil sagu terbaik di dunia. Tepung yang berasal dari olahan batang rumbia ini hanya dibandrol seharga Rp30 ribu saja per kilonya. Sedangkan jika di Korea Selatan harganya bisa mencapai Rp300 ribu.

 

7. Molase



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada molase. Buat yang belum tahu, molase adalah gula cair yang dihasilkan dari pengolahan tebu menjadi gula. Biasanya digunakan dalam beragam olahan dessert, sirup, serta minuman. Di Indonesia, molase hanya dijual seharga Rp10-15 ribu saja karena bisa dengan mudah kamu dapatkan. Beberapa daerah di Indonesia bahkan ada yang tidak memperjualbelikannya karena tidak laku dijual berhubung bisa didapat gratis. Sedangkan di Korea Selatan harganya menjadi Rp150 ribu per botolnya.  

 

Mahal-mahal bukan harga bahan makanan yang awalnya murah di Indonesia tersebut? Jadi bersyukurlah karena kita bisa mendapatkan makanan tersebut dengan mudah dan harganya terjangkau ya. Nah, mumpung masih di Indonesia bagaimana kalau kamu mampir dulu nih ke salah satu tempat makan berikut ini!

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?