Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Bahan Makanan yang Paling Enak Dijadikan Keripik

List Artikel
13 Desember 2018 | 0 Komentar
Masyarakat Indonesia sangat suka dengan makanan yang renyah karena menimbulkan suara yang bisa membuat keinginan untuk makan jadi bertambah. Salah satu makanan yang memiliki tekstur renyah tersebut adalah keripik. Keripik merupakan salah satu cemilan yang berbentuk sangat tipis dengan tekstur garing. Tak seperti negara Barat yang didominasi dengan keripik kentang, Indonesia justru memiliki banyak sekali varian keripik yang lezatnya tak kalah dari keripik kentang. Ada beberapa bahan makanan yang paling enak disantap saat sudah dijadikan keripik. Ingin tahu bahan makanan apa saja? Simak list-nya ya teman PergiKuliner!

1. Keripik Singkong Balado

Sumber : Omiyago.com


Jika membicarakan tentang keripik yang paling terkenal di Indonesia, jawabannya adalah keripik singkong balado yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Keripik ini terkenal akan cita rasanya yang pedas manis dengan tekstur renyah dan agak lengket. Keripik singkong balado terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu digoreng hingga garing dan dimasukkan ke dalam bumbu balado yang terdiri dari cabai giling dan gula.

2. Keripik Pisang


Sumber : Keripikpisangpasrujambe.blogspot.co.id


Pisang tak hanya enak disantap begitu saja atau digoreng. Pisang juga akan terasa lebih enak jika dibuat menjadi keripik yang disantap dengan ditemani minuman kopi atau teh sambil mengobrol bersama dengan teman atau menonton pertandingan sepak bola. Tak seperti dulu, keripik pisang sekarang sudah mengalami banyak inovasi rasa seperti keripik pisang cokelat, keripik pisang keju, keripik pisang strawberry, bahkan ada juga keripik pisang pedas yang memadukan rasa manis dari pisang dengan pedasnya cabai.

 

3. Keripik Apel


Sumber : Keripiksukasuka.blogspot.com

Siapa yang tak kenal dengan keripik apel yang menjadi oleh-oleh khas kota Malang? Malang yang terkenal dengan apel hijaunya ini membuat kota berudara sejuk ini banyak memproduksi keripik apel karena apel hijau sangat mudah ditemukan di sana. Keripik apel memiliki tekstur yang garing di luar tapi agak empuk di bagian dalamnya dengan rasa manis yang bercampur dengan sedikit asam.

4. Keripik Nangka


Sumber : Rumahmesin.com


Tak hanya pisang dan apel, buah yang memiliki aroma wangi ini juga sangat enak jika dijadikan keripik. Tak jauh berbeda dengan apel, pembuatan keripik nangka memang cukup panjang karena harus menghilangkan kadar airnya. Keripik nangka memiliki tekstur yang lebih empuk dibanding keripik buah lainnya. Selain itu aroma wangi dari nangka mampu membuat kamu ingin terus menyantapnya.

5. Keripik Jamur


Sumber : Wahpedia.com


Tak hanya buah-buahan saja yang bisa dijadikan keripik enak, jamur yang merupakan sayuran bergizi tinggi juga sangat cocok dijadikan keripik. Jenis jamu yang biasa dijadikan keripik oleh orang Indonesia adalah jamur tiram. Tapi selain jamur tiram, kamu juga bisa mencoba keripik jamur kancing serta jamur merang. Keripik jamur tak hanya enak untuk cemilan, keripik jamur ini juga sangat pas jika dijadikan lauk tambahan bersama dengan nasi hangat.

6. Keripik Bayam


Sumber : Hello-pet.com


Tak suka jamur? Keripik bayam bisa kamu coba buat yang tak suka makan sayur karena cita rasa keripik bayam ini sangat berbeda dengan bayam yang ditumis. Kamu bahkan tak akan menemukan aroma daun bayam sama sekali. Keripik bayam terdiri dari dua jenis yakni keripik bayam hijau dan keripik bayam ungu. Dari segi cita rasa, keduanya sama. Hanya saja keripik bayam ungu teksturnya agak lebih tebal.

7. Keripik Bakso


Sumber : Kripikbangormks.blogspot.com


Orang Indonesia mana yang tak suka dengan bakso? Bakso tak hanya enak disantap bersama dengan kuah kaldu atau dijadikan sate dan dibakar. Bakso juga enak jika dijadikan keripik untuk cemilan lho. Bakso diiris tipis-tipis kemudian digoreng hingga garing, setelah itu diberikan aneka bumbu bubuk tambahan seperti bubuk cabai yang paling menjadi favorit, lalu bumbu BBQ, keju dan masih banyak lagi. 

Enak-enak bukan keripik di atas? Selama ini kamu sudah mencoba keripik yang mana nih? Jika tak suka keripik, kamu juga bisa cicipi aneka olahan makanan lainnya dari bahan makanan tersebut lho. Langsung saja yuk datangi salah satu tempat makan di bawah ini!

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Bakso Ikah Asgar

Foto Bakso Ikah Asgar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?