Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Bahan Tambahan yang Sering Bikin Sambal Jadi Lebih Lezat

List Artikel
27 Oktober 2022 | 0 Komentar

Sambal menjadi salah satu makanan pendamping yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sambal merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar bawang merah, bawang putih, dan cabai. Jenis cabai yang digunakan bisa berupa cabai keriting hingga cabai rawit. Berhubung menggunakan sambal, maka rasa dari sambal akan menjadi pedas. Inilah yang membuat banyak orang menyukai sambal dan sering menggunakannya sebagai tambahan lauk untuk menambah nafsu makan. Indonesia memiliki banyak sekali jenis sambal karena masing-masing daerah di Indonesia selalu punya vasiran sambalnya sendiri. Dari tiga bahan utama sambal, ada bahan tambahan lainnya yang juga sering digunakan untuk memperlezat rasanya, yaitu:

 

1. Terasi


Sumber: Detik.net


Bahan tambahan yang paling sering ditambahkan dalam sambal adalah terasi. Terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari bahan dasar udang kecil atau rebon dan aneka bahan tambahan lainnya. Terasi memiliki aroma wangi yang sangat menyengat karena proses pembuatannya harus difermentasikan terlebih dahulu. Inilah yang membuat rasa terasi sangat gurih dan bisa menjadikan masakan jadi tambah lezat.

 

2. Tomat



Sumber: Lifepack.id


Selain terasi, sambal juga kerap kali ditambahkan pada sambal. Sambal yang ditambahkan tomat akan memiliki rasa yang berbeda karena ada campuran rasa manis dan asam di dalamnya. Selain itu, tekstur dari sambal juga menjadi lebih encer karena kandungan air yang ada pada tomat. Sebelum digunakan, tomat harus digoreng atau direbus terlebih dahulu sehingga teksturnya bisa menjadi lebih empuk.

 

3. Kencur



Sumber: Klimg.com


Selanjutnya ada kencur yang juga sering ditambahkan pada sambal. Kencur memiliki aroma wangi yang sangat khas sehingga bisa membuat aroma sambal jadi lebih menggoda. Penambahan kencur di dalam sambal kerap kali dijumpai pada jenis sambal mentah yang ada di daerah Jawa Barat. Selain membuat aromanya jadi lebih wangi, kencur juga bisa mengubah rasa dari sambal jadi berbeda.

 

4. Jeruk Limau



Sumber: Pikiran-rakyat.com


Bahan tambahan lainnya yang cocok dijadikan campuran pada sambal adalah jeruk limau. Jeruk limau sering digunakan sebagai bahan tambahan pada sambal mentah. Dengan ditambahkan perasan jeruk limau, aroma sambal menjadi lebih segar. Sedangkan untuk rasanya, sambal akan memiliki perpaduan rasa asam yang cukup dominan dan cocok berpadu dengan pedasnya cabai.

 

5. Kemiri



Sumber: Wikimedia.org


Kemiri juga cocok dijadikan sebagai bahan tambahan pada sambal. Sebelum digunakan, sebaiknya kemiri digoreng atau disangrai terlebih dahulu untuk menghilangkan aroma langu. Biasanya kemiri digunakan sebagai tambahan pada sambal tomat yang sering dijadikan sebagai pendamping santapan pecel lele hingga pecel ayam. Sambal yang ditambahkan kemiri akan menjadikan rasanya jadi lebih legit.

 

6. Ikan Teri



Sumber: Kompas.com


Ikan teri kerap kali digunakan sebagai bahan tambahan pada sambal. Ikan teri adalah jenis ikan laut yang memiliki ukuran sangat kecil dan sering dijadikan sebagai bahan tambahan untuk memperlezat masakan. Ikan teri biasanya digunakan sebagai bahan campuran pada sambal cabai hijau yang sering disajikan bersama dengan nasi Padang. Rasa dari sambal yang ditambahkan dengan ikan teri akan menjadi lebih gurih dan rasanya pasti lebih lezat.

 

7. Asam Jawa



Sumber: Detik.net.id


Bahan tambahan yang terakhir adalah asam jawa. Asam jawa sebenarnya adalah jenis buah yang memiliki rasa asam alami sehingga seringkali digunakan sebagai tambahan bumbu pada aneka masakan, termasuk pada sambal. Sambal yang ditambahkan asam Jawa akan memiliki rasa asam di dalamnya. Biasanya sambal asam Jawa ini disantap bersama dengan kuliner yang berbahan dasar ikan seperti ikan goreng hingga ikan bakar.  

 

Itulah beberapa bahan tambahan yang  bikin sambal jadi lebih enak. Buat kamu yang ingin menyantap sambal, di bawah ini ada beberapa rumah makan dengan sambal enaknya!

Sambal Bakar Sultan

Foto Sambal Bakar Sultan
Foto Sambal Bakar Sultan
Foto Sambal Bakar Sultan

Rojo Sambal

Foto Rojo Sambal
Foto Rojo Sambal
Foto Rojo Sambal

Sambal Bakar Mang Ujang

Foto Sambal Bakar Mang Ujang
Foto Sambal Bakar Mang Ujang
Foto Sambal Bakar Mang Ujang

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?