Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Buah dan Sayur Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

List Artikel
23 Februari 2020 | 0 Komentar

Indonesia memang sudah memasuki musim penghujan. Meski sudah masuk musim penghujan, tapi kerap kali cuaca justru panas. Perubahan iklim yang bisa berganti setiap harinya ini membuat kita mudah terserang penyakit. Apalagi saat ini sedang terjadi wabah penyakit Novel coronavirus atau yang dikenal dengan nama 2019 n-CoV. Sebenarnya tubuh akan mudah terserang penyakit jika daya tahan tubuhnya lemah. Tapi kalau daya tahan tubuhnya kuat maka virus bisa dilawan dengan mudah. Daya tahan tubuh yang kuat didapat dari kekebalan tubuh yang tinggi. Kekebalan tubuh tinggi bisa didapat dari pola hidup sehaat, mulai dari istirahat yang cukup, rutin berolahraga, hingga menyantap makanan sehat, termasuk buah dan sayur. Ada beberapa buah dan sayur yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Bayam



Sumber : Organicfacts.com


Pertama ada bayam yang sudah sangat dikenal sebagai salah satu sayuran yang kaya akan kandungan zat besinya. Tak hanya bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, bayam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Bayam mengandung vitamin C, A, dan K. Lalu ada asam folat, serat, dan flavonoid yang bisa menangkal resiko penyakit kanker. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bayam juga bisa melawan sel-sel jahat dalam tubuh.

 

2.  Pare



Sumber : Hellosehat.com


Pare dikenal sebagai sayuran yang punya citarasa pahit sehingga banyak yang menghindarinya. Padahal sayuran ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam pare terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan racun serta sel jahat dalam tubuh. Kanker bisa diolah menjadi lalapan dengan direbus, dijadikan tumisan, hingga dipadukan dengan siomay untuk disantap dengan sambal kacang.

 

3. Paprika




Sumber : Hellosehat.com


Selanjutnya ada paprika. Paprika punya tiga jenis warna, yakni merah, kuning, hijau. Untuk citarasa, ketiganya ini sangat berbeda. Tapi jika dilihat dari segi nutrisinya tidak jauh berbeda. Paprika dipercaya punya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini, resiko kanker, serta penyakit jantung. Cukup konsumsi paprika 80-100 gram 2-3 kali seminggu secara rutin.

 

4. Kacang Panjang



Sumber : Hellosehat.com


Siapa di antara  kamu yang suka makan tumis kacang panjang? Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang panjang ini sangat kaya akan antioksidan, beta karoten, riboflavin, dan vitamin C. Kandungan-kandungan nutrisi ini bisa membuat daya tahan tubuh jadi lebih tinggi. Selain itu, Kacang panjang mengandung tiamin yang berperan dalam menjaga sistem pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi. Kacang panjang juga bisa menangkal radikal bebas.

 

5. Strawberry



Sumber : Shopee.co.id


Sekarang kita beralih ke buah-buahan. Ada strawberry yang bisa tingkatkan kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui, jenis buah berry memang sangat kaya akan nutrisi di dalamnya, termasuk antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini sangat berguna untuk mengobati peradangan yang diakibatkan virus dan bakteri. Selain itu, vitamin C juga bisa mendorong produktivitas sistem imun tubuh.

 

6. Belimbing



Sumber : Blog.mybalancemeals.com


Belimbing merupakan jenis buah yang hanya bisa kita jumpai di Asia Tenggara saja, seperti Indonesia. Buah yang bisa tumbuh subur di halaman rumah ini bisaa rutin kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam belimbing juga terdapat kandungan vitamin C tinggi yang sangat bagus untuk mencegah datangnya penyakit akibat virus dan bakteri. Cukup konsumsi satu buah belimbing  per harinya dan kamu bisa memenuhi setidaknya 50% kebutuhan vitamin C harian.

 

7. Pomela



Sumber : 123rf.com


Terakhir ada buah pomela atau jeruk bali yang dari warnanya sudah sangat menggoda. Tak jauh berbeda dengan belimbing, buah pomela ini bisa memenuhi hampir 60% kebutuhan vitamin C harian. Jadi sudah bisa dipastikan kalau manfaatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak rentan terpapar virus dan bakteri yang bisa mengakibatkan beragam jenis penyakit.

 

Itulah beberapa buah dan sayur yang mampu tingkatkan kekebalan tubuh. Dari ketujuhnya, kamu paling sering dan paling doyan menyantap yang mana? Jika ingin menyantap buah dan sayur tersebut, kamu bisa mampir ke sini aja ya!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?