Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Buah Ini Tak Pernah Absen dalam Sajian Rujak

List Artikel
29 Juni 2023 | 0 Komentar

Rujak merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang dibuat dari campuran berbagai macam buah-buahan segar yang disajikan bersama dengan saus kacang. Rasanya memiliki perpaduan antara pedas, manis, dan asam. Banyak yang menjuluki rujak ini dengan sebutan salad buahnya Indonesia karena bahan-bahan dasar yang digunakan memang terdiri dari buah-buahan segar. Sebenarnya rujak bisa dibuat dari jenis buah-buahan apa saja, tapi yang paling sering digunakan adalah buah-buahan tropis karena lebih mudah dijumpai di Indonesia dan bisa didapat dengan harga yang murah meriah. Ada tujuh buah yang selama ini tidak pernah absen untuk dijadikan sebagai rujak, apa saja itu?

 

1. Nanas



Sumber: bbcgoodfood.com 


Buah yang pertama adalah buah nanas. Nanas sudah menjadi buah wajib yang selalu ada pada santapan rujak. Nanas memiliki rasa perpaduan rasa manis dan asam sehingga sangat cocok disantap dengan cocolan sambal rujak yang memiliki rasa pedas. Nanas yang digunakan untuk rujak bisa berupa nanas setengah matang maupun nanas yang sudah matang. Tapi kebanyakan orang lebih suka menggunakan nanas setengah matang karena rasanya lebih asam.

 

2. Kedondong



Sumber: jovee.id


Buah kedua yang juga tak pernah absen dalam sajian rujak adalah kedondong. Buah ini punya tekstur yang renyah sehingga memberikan tekstur yang berbeda saat disantap. Kedondong memiliki rasa yang agak sedikit asam dengan sedikit rasa manis. Meski terbilang cukup langka, buah ini masih bisa dijumpai di pasar tradisional.

 

3. Mangga Muda



Sumber: yesdok.com


Makan rujak rasanya tidak akan lengkap tanpa kehadiran mangga muda. Mangga muda akan terasa sangat nikmat jika dipadukan dengan cocolan sambal rujak karena mangga muda memiliki rasa yang cukup asam dengan tekstur daging buah yang cukup kenyal. Jenis mangga yang digunakan sebenarnya bisa jenis mangga apa saja. Tapi yang paling sering digunakan sebagai rujak adalah mangga indramayu, mangga gedong, hingga mangga manalagi.

 

4. Pepaya Setengah Matang



Sumber: ayobandung.com


Selain mangga muda, ada pepaya setengah matang yang juga cocok untuk sajian rujak. Pepaya yang digunakan haruslah pepaya setengah matang, bukan pepaya yang mentah apalagi yang sudah matang. Pepaya setengah matang memiliki tekstur yang renyah agak kenyal dengan rasa yang sedikit manis. Jika menggunakan pepaya mentah maka rasanya akan pahit dan jika menggunakan pepaya yang sudah matang maka teksturnya menjadi sangat empuk dan rasanya terlalu manis.

 

5. Bengkoang



Sumber: putrafarmayogyakarta.co.id


Tidak hanya buah yang memiliki rasa asam dan manis saja, ada juga buah bengkoang yang rasanya cenderung agak hambar dengan sedikit rasa manis. Buah bengkoang dipilih karena memiliki kadar air yang sangat banyak sehingga cocok dijadikan sebagai buah untuk rujak supaya bisa menetralisir rasa pedas yang dirasakan setelah mencocol sambal rujak. Berhubung kadar airnya banyak, tak jarang buah ini juga dihaluskan bersama dengan sambal rujak sehingga kita tidak perlu menambahkan air saat membuat sambal rujak.

 

6. Jambu Air



Sumber: panennews.com


Buah jambu air juga tak boleh ketinggalan dari daftar buah wajib untuk rujak. Buah ini terdiri dari banyak jenis, ada yang berwarna kemerahan dan ada yang warnanya hijau keputihan. Meski berbeda jenis, tapi rata-rata rasa dan teksturnya tak jauh berbeda. Jambu air memiliki kadar air yang tinggi dengan rasa yang cukup manis. Selain jambu air, ada juga jambu monyet yang juga sering digunakan untuk rujak.

 

7. Jambu Kristal



Sumber: indonesiawindow.com


Buah terakhir yang tak pernah absen dalam sajian rujak adalah jambu kristal. Awalnya, buah ini sebenarnya tidak digunakan pada rujak. Namun karena buah ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang agak manis, maka sangat cocok untuk digunakan sebagai buah untuk rujak. Jambu kristal atau yang sering dijuluki dengan nama jambu Thailand ini sangat mudah didapat dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Itulah buah-buahan yang tak pernah absen dalam sajian rujak. Dari ketujuhnya, kamu paling suka yang mana? Buat kamu yang suka menyantap rujak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang menjual rujak enak. Yuk, kita cek bersama!

Bumbu Rujak Bangkok

Foto Bumbu Rujak Bangkok
Foto Bumbu Rujak Bangkok
Foto Bumbu Rujak Bangkok

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

Rujak Cingur Joko Dolog

Foto Rujak Cingur Joko Dolog
Foto Rujak Cingur Joko Dolog
Foto Rujak Cingur Joko Dolog

SLK Rujak Cingur Madura

Foto SLK Rujak Cingur Madura
Foto SLK Rujak Cingur Madura
Foto SLK Rujak Cingur Madura

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?