Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Buah yang Paling Sering Dijadikan Manisan, Kamu Wajib Coba!

List Artikel
25 September 2020 | 0 Komentar

Apa buah kesukaan kamu nih, teman kuliner? Indonesia memiliki banyak sekali jenis buah-buahan yang tumbuh dengan subur sehingga kita tidak akan pernah merasa kekurangan buah. Kamu bisa menjumpai beragam jenis buah dengan harga yang sangat terjangkau. Buah-buahan di Indonesia tak hanya dinikmati begitu saja atau dijadikan minuman jus, tapi juga dijadikan aneka olahan kuliner lezat seperti rujak hingga manisan buah. Manisan buah merupakan kuliner yang dibuat dari buah-buahan yang diawetkan dengan cara diberi campuran gula, garam, cabai, dan lain sebagainya. Ada dua jenis manisan buah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni asinan buah kering dan basah. Keduanya sama-sama nikmat dan cocok dijadikan. Nah, dari sekian banyak jenis buah di Indonesia, tujuh di antaranya yang paling banyak dijadikan manisan adalah:

 

1. Mangga Muda



Sumber: Akamaized.com


Buah pertama yang banyak dijadikan manisan adalah mangga muda. Mangga muda memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang asam sehingga jika dijadikan manisan akan ada perpaduan rasa asam dengan manis sehingga membuat kamu tak bosan menyantapnya. Manisan mangga muda dibuat dari campuran daging mangga muda yang sudah diiris-iris agak tebal lalu direndam di dalam air kapur sirih dan ditiriskan kemudian dicampur dengan rebusan gula, garam, serta cabai.


2. Salak



Sumber: Brilio.net


Salak menjadi buah yang juga sering dijadikan sebagai manisan. Pasalnya, salak memiliki citarasa yang asam, manis, dan agak sepat sehingga perpaduan rasa yang bervariasi ini bisa membuat kita ketagihan. Salak yang digunakan untuk manisan tentu saja bisa semua jenis salak, tapi kebanyakan menggunakan buah salak yang dagingnya agak tebal seperti salak pondoh dan salak madu. Selain dijadikan sebagai manisan basah, salak juga kerap kali dijadikan manisan kering.


3. Jambu Biji



Sumber: Food.grab.com


Jika kamu sedang jalan-jalan ke daerah Jawa Barat, tepatnya daerah Bogor, selain manisan salak, kamu juga akan menjumpai manisan jambu biji. Jambu biji yang digunakan di sini adalah jambu biji kristal yang memiliki kulit hijau dengan daging buah yang putih. Tekstur jambu biji kristal ini tergolong renyah serta memiliki kadar air yang tidak banyak sehingga cocok dijadikan sebagai manisan. Selain jambu biji kristal, jenis jambu biji lainnya seperti jambu bangkok juga cocok dijadikan manisan.


4. Buah Pala



Sumber: Omiyago.com


Manisan buah pala sangat terkenal di Indonesia. Manisan yang banyak dijumpai di kota hujan ini populer sebagai oleh-oleh khas dari Bogor, meski aslinya kuliner ini asalnya dari Cianjur, Jawa Barat. Manisan buah pala dibuat dari bahan dasar daging buah pala. Ada dua jenis manisan pala, yakni manisan pala basah dan kering. Di antara keduanya ini yang paling terkenal adalah manisan buah pala kering dengan warna-warni menarik dan taburan gula pasir di atasnya.


5. Pepaya



Sumber: Brilicious.brilio.net


Tak jauh berbeda dengan buah pala, pepaya juga memiliki dua jenis manisan yakni basah dan kering. keduanya sama-sama terkenal dan banyak diburu. Hanya saja untuk manisan pepaya kering lebih tahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk membuat manisan pepaya ini, kamu harus menggunakan buah pepaya yang belum sepenuhnya matang, tapi bukan yang masih mentah. Usahakan menggunakan buah pepaya yang mengkal atau setengah bagian kuning dan setengahnya agak orange.


6. Kedondong



Sumber: Goodminds.id


Selanjutnya ada buah kedondong yang tak hanya cocok untuk disantap dalam olahan rujak saja, tetapi juga dalam bentuk manisan. Manisan kedondong ini berbeda dengan manisan buah yang lainnya karena biasanya buah kedondong yang digunakan dalam keadaan utuh alias belum dipotong-potong. Meski ada juga yang menjual manisan kedondong dalam bentuk irisan. Cita rasa dari manisan kedondong adalah manis dengan ada rasa sepat dan asam dari buah kedondongnya.


7. Kolang-kaling



Sumber: Resepkoki.id


Terakhir ada kolang-kaling yang juga banyak digunakan sebagai manisan. Manisan kolang-kaling ini dibuat dari baham dasar kolang-kaling yang diberi air gula, daun jeruk, dan pewarna makanan sehingga tampilannya jadi lebih menarjk. Biasanya manisan kolang-kaling ini diberi warna merah muda, hijau, hingga orange. Manisan kolang-kaling sering muncul pada saat acara besar seperti Hari Raya Lebaran.

 

Terlihat menyegarkan bukan ketujuh buah di atas jika dijadikan manisan. Dari ketujuh manisan buah tersebut, manakah yang paling sering kamu jumpai dan mana yang paling kamu suka?

SABU (Salad Buah Premium)

Foto SABU (Salad Buah Premium)
Foto SABU (Salad Buah Premium)

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?